Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Yang Tidak Ditanggung Bpjs Kesehatan 2020? Berikut Penjelasan nya

Apa Saja Yang Tidak di Tanggung Bpjs Kesehatan 2020? Berikut Penjelasan nya
Apa Saja Yang Tidak di Tanggung Bpjs Kesehatan 2020?
Apa Saja Yang Tidak Ditanggung Bpjs Kesehatan 2020? - kemarin saya di kirimi email pertanyaan mengenai apa saja yang tidak di tanggung bpjs kesehatan dan penyakit penyakit apa saja yang tidak di jamin Bpjs Kesehatan.

Dengan menjadi peserta Bpjs kesehatan anda berhak mendapatkan manfaat oleh bpjs kesehatan, bpjs kesehatan memberikan manfaat pelayanan kesehatan jika anda sebagai pesertanya sakit, layanan yang di berikan berupa rawat inap maupun rawat jalan.

Kalau bicara penyakit apa saja yang tidak di tanggung bpjs kesehatan, saya pikir setiap penyakit bisa di tanggung bpjs kesehatan, asalkan dalam penggunaan nya sesuai prosedur yang berlaku, dan tidak ada masalah dalam kepesertaanya, seperti tidak menunggak iurannya.

Akan tetapi ada kategori kategori tertentu yang tidak di jamin bpjs kesehatan (bukan jenis penyakitnya, apa saja kategori yang tidak di tanggung Bpjs Kesehatan? Sebagai berikut.

21 Layanan Kesehatan yang tidak di tanggung Bpjs Kesehatan, Berdasarkan peraturan presiden No 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan kesehatan.
  1. Pelayanan kesehatan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan
  2. Pelayanan kesehatan yang di lakukan di fasilitas kesehatan yang tidak bekerja sama dengan Bpjs Kesehatan, kecuali dalam keadaan gawat darurat
  3. Pelayananan kesehatan terhadap penyakit atau cedera akibat kecelakaan kerja atau hubungan kerja yang telah di jamin program jaminan kecelakaan kerja atau menjadi tanggungan pemberi kerja
  4. Pelayanan kesehatan yang dijamin oleh program kecelakaan lalu lintas yang bersifat wajib sampai nilai yang di tanggung oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas sesuai hak kelas rawat peserta
  5. Pelayanan kesehatan yang dilakukan di luar negri
  6. Pelayanan kesehatan untuk tujuan estetik
  7. Pelayanan untuk mengatasi infertilitas
  8. Pelayanan meratakan gigi atau ortodonsi
  9. Ganguan kesehatan /penyakit akibat ketergantungan obat dan / alkohol
  10. Gangguan kesehatan akibat sengaja menyakiti diri sendiri atau akibat hobi yang membahayakan diri sendiri
  11. Pengobatan komplementer, alternatif, dan tradisional yang belum dinyatakan efektif berdasarkan teknologi kesehatan
  12. Pengobatan dan tindakan medis yang di kategorikan percobaan atau eksperimen
  13. Alat dan obat kontrasepsi, kosmetik
  14. Perbekalan kesehatan rumah tangga
  15. Pelayananan kesehatan akibat bencana pada masa tanggap darurat, kejadian luar biasa/wabah
  16. Pelayanan kesehatan pada kejadian yang tak di harapkan yang dapat di cegah
  17. Pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dalam rangka bhakti sosial
  18. Pelayanan kesehatan akibat tindak pidana penganiayaan, kekerasan seksual, korban terorisme, dan tindak pidana perdagangan orang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  19. Pelayanan kesehatan tertentu yang berkaitan dengan menteri pertahanan Tentara Nasional Indonesia, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia
  20. Pelayananan lainnya yang tidak ada hubungan dengan manfaat jaminan kesehatan yang di berikan
  21. Pelayanan yang sudah di tanggung dalam program lain.

Bagaimana dengan layanan Katarak, Rehabilitasi Medis ,dan Persalinan Bayi bayu lahir

Pada pertengahan 2019 lalu tersiar kabar bahwa ketiga layanan tersebut tidak di jamin oleh bpjs kesehatan, akan tetapi layanan ketiga layanan tersebut bukannya tidak di tanggung melainkan di batasi dalam penggunaanya, pembatasan itu pun di tolak MA, berdasarkan keputusan MA sudah tidak ada pembatasan keriga layanan kesehatan tersebut.

Apakah Mobil ambulans juga di tanggung Bpjs kesehatan?

Mobil ambulans yang di tanggung bpjs kesehatan ialah mobil ambulans antar fasilitas, kesesehatan misalnya mengantar pasien dari faskes 1 ke Rumah sakit, atau dari Rumah sakit tipe C ke Rumah sakit tipe B.

Sedangkan yang tidak di tanggung Bpjs Kesehatan ialah mobil ambulans yang menjeput pasien dari rumah ke fasilitas kesehatan (Rumah sakit) atau mengantar pasien pulang ke rumah, dan juga mobil jenazah pun tidak di tanggung Bpjs kesehatan.


Apakah pembeliam kaca mata untuk mata minus di tanggung Bpjs kesehatan?

Sebenarnya pembelian kaca mata tidak di tangung sepenuhnya oleh bpjs kesehatan, akan tetapi tepatnya bisa di bilang di subsidi oleh bpjs kesehatan.

Subsidinya pun berbeda beda berdasarkan kelas rawat inap sesuai yang terdaftar di bpjs kesehatan. 


Pentingnya mengetahui aturan aturan Bpjs kesehatan, agar mempermudah anda jika berobat dengan bpjs kesehatan, walaupun bpjs kesehatan sudah berjalan lebih dari 5 tahun, tetapi masyarakat khususnya pesertanya masih banyak yang belum mengerti aturan aturan bpjs kesehatan, terbukti masih banyak masyarakat jika ingin berobat dengan Bpjs Kesehatan merasa kebingungan.

Demikianlah penjelasan singkat artikel "Apa Saja Yang Tidak Ditanggung Bpjs Kesehatan 2020?" Semoga dapat memberikan manfaat dan semoga program Jaminan Kesehatan Nasional meniadi lebih baik lagi, sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Yang Tidak Ditanggung Bpjs Kesehatan 2020? Berikut Penjelasan nya"