Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membeli Kaca Mata Dengan BPJS Kesehatan, Berbagi Pengalaman


Cara Membeli Kaca Mata Dengan BPJS Kesehatan, Berbagi Pengalaman
 Membeli Kaca Mata Dengan BPJS Kesehatan, Berbagi Pengalaman
Cara Membeli Kaca Mata Dengan Bpjs Kesehatan- Apakah Bisa membeli kaca mata dengan Bpjs kesehatan? Bagaimana Prosedurnya? Bpjs kesehatan memberikan pelayanan pembelian kaca mata, akan tetapi dalam pembelian kaca mata dengan Bpjs kesehatan harus sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh Bpjs Kesehatan.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya ketika membeli kaca mata dengan Bpjs kesehatan.

Pertama yang perlu kita ketahui ketentuan pembelian kacamata dengan BPJS Kesehatan sesuai regulasi, karena seluruh biaya kaca mata, waktu pembelian dan juga ukurannya sudah di tentukan, biaya kaca mata harganya di tentukan berdasarkan kelas rawat BPJS Kesehatan yaitu :

Kelas 1 = Rp 300.000
Kelas 2 = Rp 200.000
Kelas 3 = Rp 150.000

Bagaimana dengan waktu pembeliannya? pembelian kaca mata dengan BPJS Kesehatan dapat dilakukan 2 tahun sekali, dengan ketentuan ukuran sebagai berikut :
  1. Lensa Spheris minimal harus 0,5 dioptri
  2. Lensa Silindris minimal harus 0,25 dioptri
Jadi sebelum anda membeli kaca mata harus mengetahui dulu ketentuan dan prosedur nya.

Prosedur Pembelian Kaca mata dengan BPJS Kesehatan

1.Faskes Pertama  ( Klinik/Puskesmas )
Yang pertama saya datangi adalah faskes 1 saya , sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS Kesehatan saya, disini saya cukup membawa kartu BPJS Kesehatan saya, setelah bertemu dokter dan menkosultasikan dengan dokter di klinik tersebut, saya di beri rujukan untuk ke dokter spesialis mata di Rumah Sakit.


2. Rumah Sakit (Dokter Spesialis Mata)
Setelah mendapat rujukan dari dokter di klinik saya pun pergi ke Rumah Sakit (Sesuai Surat Rujukan) untuk cek-up ukuran mata saya ke dokter spesialis mata, disini kelengkapan dokumen yang saya bawa sebagai berikut : 
  • Foto Copy KK 
  • Foto Copy KTP 
  • Foto Copy Kartu Bpjs Kesehatan 
  • Surat Rujukan dari dokter di Faskes Pertama ( Klinik )
Setelah menyerahkan dokumen tersebut di bagian pendaftaran saya langsung ke poliklinik mata , Alhamdulillah untungnya tidak terlalu lama mengantri, dokter pun melakukan beberapa pengecekan, yah kurang lebih sekitar 30 menitan , setelah kelar semua proses di rumah sakit saya membawa dua dokumen, yang pertama adalah , resep kaca mata sesuai ukuran mata saya , dan yang kedua adalah Surat Elegibilitas Peserta,( lihat gambar di bawah ini)
Info dari adm pendaftaran  di Rumah Sakit jika saya membeli kaca mata di luar kota /kab maka Surat Elegibilatas Peserta nya harus di legalisir atau di cap dulu di kantor BPJS Kesehatan 

3. Pergi Ke Optik Yang Bekerja Sama Dengan BPJS Kesehatan
Resep ukuran mata saya sudah saya dapatkan, dan saya pun pergi ke Optik terdekat tentunya optik tersebut sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, kebetulan harga kaca mata saya, melebihi dari biaya yang di tanggung bpjs kesehatan, maka saya pun membayar selisih nya.

1 komentar untuk "Cara Membeli Kaca Mata Dengan BPJS Kesehatan, Berbagi Pengalaman "

  1. I in addition to my friends have already been studying the good key points located on your web site and immediately got a terrible feeling I never thanked the blog owner for those tips. HOW TO EASILY OBTAIN DMV REAL ID THAT WORKS I know this article will help a lot of us facing ID issues Now Our Days .

    Y’all don’t forget to join this EXPERTS TELEGRAM GROUP for more information about the DMV REAL ID SSN and how to acquire them easily with no stress. You can also take advantage to learn and meet many Experts who will guide you on numerous techniques for anyone who love hacking and don’t know how to go about it .

    BalasHapus