Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Terdaftar KIS Tapi Belum Dapat kartu, Begini Proses Cetak Kartunya

Sudah Terdaftar KIS Tapi Belum Dapat kartu
Sudah Terdaftar KIS Tapi Belum Dapat kartu
Bpjs Kesehatan dengan Segmen Penerima Bantuan Iuran (KIS PBI) ialah Jenis kepesertaan Bpjs Kesehatan yang di peruntukan bagi warga miskin atau tidak mampu yang iurannya di bayarkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat yang di daftarkan oleh kementerian sosial. Terkadang masyarakat yang sudah terdaftar di KIS PBI tidak Mengetahui kalau sudah terdaftar di KIS PBI.
Seperti pengalaman tetangga saya ini, ketika saya di minta tolong untuk mendaftarkan dirinya dan keluarganya secara online ke Bpjs kesehatan segmen Pekerja mandiri. dan ternyata saya tidak bisa mendaftarkan nya karena di keterangan nya sudah terdaftar di Program JKN Bpjs Kesehatan.

Karena sudah terdaftar di Bpjs Kesehatan pendaftarannya pun tidak bisa di lakukan, dugaan saya, Ia telah terdaftar di Bpjs Kesehatan dengan segmen Penerima Bantuan Iuran (KIS PBI). selanjutnya saya memberi saran kepada tetangga saya tersebut untuk menghubungi callcenter Bpjs Kesehatan di Nomor 1500400, untuk berbicara dengan customer servis dan meminta penjelasan perihal tersebut.

Tidak lama kemudian tetangga saya menghubungi call center Bpjs kesehatan, memang perlu kesabaran, karena sangat sulit tersambung. Akhirnya tersambung juga dengan call center Bpjs kesehatan. Custumer servis pun menanyai data datanya seperti menanyakan NIK KTP, dugaan saya pun benar, ternyata tetangga saya sudah terdaftar di KIS PBI, kemudian custumer servis nya menyarankan untuk ke kantor Bpjs kesehatan dengan membawa beberapa persyaratan sebagai berikut:

  1. Fotocopy Kartu Keluarga
  2. Fotocopy KTP seluruh anggota keluarga (Bagi yang sudah memiliki KTP)
  3. KTP Asli Bagi yang datang ke kantor Bpjs kesehatan
Keesokan harinya, tetangga saya datang ke Kantor Bpjs kesehatan dengan membawa persyaratan di atas, menurut cerita tetangga saya proses pencetakan kartunya tidak ribet dan juga tidak memakan waktu lama. Kartu Indonesia Sehat (KIS) sudah bisa di bawa pulang dan langsung aktif alias bisa langsung di gunakan berobat kalaupun sakit.

Cetak Kartu Indonesia Sehat (KIS) Secara Online

Sebenarnya selain cara di atas untuk mencetak KIS bisa di lakukan dengan cara online yaitu dengan Aplikasi Mobile JKN yang bisa di download di playstore.

Cara ini lebih mudah dan efisien karena kita tida perlu repot repot untum datang ke kantor Bpjs kesehatan. Akan tetapi cara ini hanya bisa di lakukan kalau kita mengetahui Nomer Kartu KISnya. Karena untuk proses pendaftaran akun di Aplikasi Mobile Jkn harus memasukan Nomer Kartu KIS nya.

Nanti kartunya bisa di cetak sendiri yang berbentuk E-id, kartu E id maupun KIS memiliki fungsi yang sama.

Demikianlah cerita tentang pengalaman tetangga saya yang Sudah terdaftar KIS tapi belum dapat kartunya. Semoga dapat bermanfaat dan semoga Program Jaminan Kesehatan Nasional yang di kelola Bpjs Kesehatan menjadi lebih baik lagi.

8 komentar untuk "Sudah Terdaftar KIS Tapi Belum Dapat kartu, Begini Proses Cetak Kartunya"

  1. Saya udah daftar kartu kis.belum menerima kartu kis sama sekali. Hampir 1 thn blm menerima kartu kisπŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ke kantor bpjs kesehatan atau cetak sendiri di aplikasi mobile jkn

      Hapus
    2. kalau cetak sendiri di aplikasi jkn kita harus memasukan no hp kak...tp pas no hp dimasukan ,jawaban nya no hp tidak valid ( menggunakan data kartu kis pbi)

      Hapus
    3. Bisa hub 1500400 untuk ubah no hp ke yang terbaru atau ke no kita yang aktif

      Hapus
  2. Sy jg sdh membuat KIS, dr bln Februari 2020 smpai saat ini sy blm sama sekali terima KIS'y.
    Wktu bln September 2020 sy sdh menanyakan di DINKES DEPOK terny smpai sana petugas'y blng klo KIS'y sdh jd tp blm di antar ke DINKES DEPOK, mohon bantuan'y yaπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  3. Di jelaskan kalo mau donload kartu kis kita harus tau dulu kartu kis nya bagai mana kita tau no kos nya sedangkan kita belum ada kartunya tapi sudah ter daptar kis pbi mohon petunjuk

    BalasHapus
  4. ini istri saya sedang hamil.trus uda ngurus kis..lah stelah beberapa blan ada pemberitahuan dari polindes katanya kis nya uda aktif per 1juni tapi kok gak dapat kartu

    BalasHapus