Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Bisa Satu Keluarga Beda Faskes Pertama Bpjs Kesehatan

Apakah Bisa Satu Keluarga Beda Faskes Pertama
Apakah Bisa Satu Keluarga Beda Faskes Pertama
Saya berdomisili di Bekasi akan tetapi anak saya sekolah di Bandung Apakah Bisa satu keluarga Beda faskes? Kalau bisa bagaimana cara nya?

Bpjs kesehatan merupakan Jaminan kesehatan dari pemerintah dalam penggunaannya menggunakan sistem berjenjang, pasien jika ingin berobat harus mendatangi faskes pertama (Klinik, Puskesmas ,atau dokter praktek pribadi) terlebih dahulu, dan jika memerlukan penanganan lebih lanjut barulah di rujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut (Rumah sakit), kecuali dalam kondisi gawat darurat.

Menjawab pertanyaan di atas Apakah bisa dalam satu keluarga beda faskes pertama, dalam satu keluarga tidak di haruskan sama faskes pertama nya, boleh boleh saja dalam satu keluarga Beda faskes. 

Beda hal nya dengan kelas rawat, dalam satu keluarga harus sama, karena faskes menentukan jumlah iuran yang di bayarkan tiap bulannya.

Bagaimana Caranya pindah faskes pertama?

Pindah faskes pertama bisa di lakukan dengan berbagai cara baik secara offline maupun secara online, akan tetapi sebelum nya kita harus tahu syarat syarat nya sebagai berikut :
  1. Kartu Bpjs Kesehatan
  2. Kartu keluarga 
  3. KTP
  4. Tentukan faskes tujuannya
  5. Masa kepesertaaan Bpjs kesehatan sudah lebih dari 3 bulan
  6. Melakukan perubahan faskes 3 Bulan sekali 
Setelah melakukan perubahan faskes, kartu Bpjs Kesehatan bisa di gunakan di faskes yang baru di awal bulan atau setiap tanggal 1 di bulan berikutnya, contohnya anda melakukan perubahan faskes pada tanggal 9 juni, maka kartu bisa di gunakan di faskes yang baru di tanggal 1 bulan juli, sementara belum bisa di gunakan di faskes yang baru, peserta masih dapat menggunakan nya di faskes yang lama.

Cara Pindah faskes pertama
  1. Kantor Bpjs kesehatan : Bawa semua persyaratan seperti di atas untuk melakukan perubahan faskes pertama
  2. Call center Bpjs kesehatan di nomor 1500400 
  3. Online dengan Aplikasi Mobile jkn : cara pindah faskes dengan Aplikasi mobile jkn bisa di lihat pada Artikel Panduan Ubah Faskes Pertama Dengan Aplikasi Mobile Jkn
  4. HRD untuk Bpjs kesehatan Perusahaan : Selain ketiga cara di atas bagi peserta Bpjs kesehatan perusahaan (PPU) bisa di lakukan di HRD tempat bekerja.
Melakukan Perubahan Faskes tidak perlu tunggu 3 Bulan 

Tertuang dalam Peraturan Presiden No 82 Tahun 2108 Tentang Jaminan kesehatan, pindah faskes Boleh di lakukan dengan kurang dari 3 bulan dengan ketentuan :
  • Peserta Bpjs kesehatan pindah domisili dalam jangka waktu kurang dari 3 bulan setelah terdaftar di faskes awal, dengan di buktikan surat pindah domisili
  • Peserta Bpjs kesehatan dalam masa penugasan dinas atau pelatihan dengan jangka waktu kurang dari 3 bulan di buktikan surat penugasan dan pelatihan.
Selengkapnya Bisa Di Baca Pada Artikel Tidak Perlu Tunggu 3 Bulan Untuk Melakukan Perubahan Faskes

Demikianlah penjelasan tentang Apakah Bisa Satu Keluarga Beda Faskes Pertama, semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apakah Bisa Satu Keluarga Beda Faskes Pertama Bpjs Kesehatan"