Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengeluarkan Anggota Keluarga dari BPJS Secara Online

Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan BPJS kesehatan ialah untuk satu keluarga, tidak bisa sendiri sendiri, kemudian bagaimana jika salah satu Anggota keluarga sudah meninggal atau sudah pisah Kartu Keluarga, Bagaimana cara mengeluarkan Anggota keluarga dari BPJS secara online. 

Menjawab pertanyaan di atas, mengeluarkan anggota keluarga dari BPJS kesehatan harus dengan ketentuan, anggota keluarga sudah pisah KK karena menikah atau anggota keluarga sudah meninggal, jadi jika tanpa alasan yang jelas anggota keluarga yg terdaftar di BPJS KESEHATAN dalam satu KK, tidak bisa di pisahkan. 

BPJS kesehatan mewajibkan mendaftarkan pesertanya untuk satu Kartu Keluarga, hal tersebut berkaitan dengan pembayaran nya nanti, semakin banyak keluarga di dalam satu KK, maka iurannya pun semakin besar. 

Perlu di perhatikan untuk peserta BPJS kesehatan, apabila ada anggota keluarga yg meninggal harus segera melapor atau memproses mengeluarkan anggota keluarga dari kepsertaan BPJS kesehatan. 

Begitu pun jika salah satu anggota keluarga sudah pisah KK, bisa karena menikah atau lain sebagainya di harapkan agar segera di proses untuk mengeluarkan nya dari kepesertaan BPJS kesehatan. 

Sebelum kita membahas bagaimana proses. Mengeluarkan anggota keluarga dari Bpjs kesehatan secara online, alangkah baiknya kita bahas secara offline terlebih dahulu. 

Bagaimana Cara Mengeluarkan Anggota Keluarga dari BPJS Secara Online
Bagaimana Cara Mengeluarkan Anggota Keluarga dari BPJS Secara Online



Cara Mengeluarkan Anggota Keluarga dari BPJS kesehatan

1. Cara mengeluarkan Anggota keluarga dari BPJS kesehatan karena meninggalmeningga dunia

Berdasarkan pengalaman saya memproses mengeluarkan anggota keluarga dari BPJS kesehatan yang meninggal, ketika Bapak saya meninggal, saya mengeluarkan anggota keluarga dari BPJS kesehatan dengan  melapor ke kantor BPJS kesehatan setempat. 

Berikut ini langkah langkah Cara Mengeluarkan Anggota keluarga dari BPJS kesehatan karena meninggal dunia. 
  • Datang ke kantor BPJS kesehatan setempat atau di wilayahnya masing masing. 
  • membawa beberapa persyaratan yang di butuhkan, seperti surat kematian dari Rumah sakit atau Kelurahan (WAJIB) 
  • membawa Kartu Keluraga 
  • Membawa Kartu BPJS kesehatan peserta yang meninggal dunia
  • Membawa KTP peserta yang meninggal dunia
  • Membawa KTP keluarga yang melapor
  • Yang melapor ke kantor BPJS kesehatan wajib anggota keluarga 
  • Mengisi formulir isian yang di sediakan di Kantor BPJS kesehatan
  • Setelah Formulir di isi dan dokumen sudah lengkap,  silahkan datang ke loket pelayanan customer servis
  • Maka Customer servis akan memproses semuanya
Perlu di ketahui jika anggota keluarga tidak ada yang melapor, maka pembayaran akan terus masuk tagihan setiap bulannya, jadi jika ada anggota keluarga yang meninggal dunia segera proses mengeluarkan anggota keluarga dari BPJS kesehatan. 

2. Cara Mengeluarkan Anggota Keluarga dari BPJS kesehatan karena menikah

Apabila anda seorang ayah atau ibu yang anaknya sudah menikah dan sudah pisah KK, karena sudah memiliki KK baru dengan pasangannya maka segera laporkan ke Kantor BPJS kesehatan setempat untuk mengeluarkan nya dari BPJS kesehatan. 

Sepeti halnya mengeluarkan anggota keluarga dari BPJS kesehatan karena meninggal dunia, di kantor BPJS kesehatan anda akan di berikan formulir, isikan formulir tersebut sesuai keperluan anda. Adapun syarat syarat yang perlu di bawa ialah:
  • Kartu BPJS kesehatan keluarga yang akan di kelurkan
  • Kartu Kelurga baru dengan nama anggota keluarga yang sudah tidak ada
  • Kartu keluarga baru anggota keluarga yang sudah menikah
  • KTP anggota keluarga yang susah menikahmenikah
Untuk anggota keluarga yang melapor wajib membawa KTP Asli, biasanya akan di tanyakan, se pengalaman saya, jika tidak bisa menunjukkan KTP Asli yang melapor akan di tolak atau tidak akan di tindak lanjuti prosesnya, hal tersebut bertujuan untuk menghindari calo. 

Cara mengeluarkan anggota keluarga dari BPJS kesehatan secara online

Seperti judul artikel ini selanjutnya kita akan membahas bagaimana mengeluarkan anggota keluarga dari BPJS Kesehatan secara online? 

Mengeluarkan anggota keluarga dari BPJS kesehatan secara online bisa di lakukan apalagi di masa pandemi ini. BPJS kesehatan pun memberikan solusi bagaimana bisa tetap memproses keperluan BPJS kesehatan tanpa ada kerumunan atau tanpa ada tatap muka, yang berpotensi penyebaran virus corona. 

BPJS kesehatan dalam melakukan proses pelayanannya yaitu lewat chat via whatsapp yang di beri nama CHIKA. 

Layanan Whatsapp chat CHIKA ini setiap daerah atau setiap kantor Cabang berbeda beda untuk mengetahui nomor layanan kantor cabang BPJS kesehatan daerah kalian masing masing bisa chat ke 08118750400.

Layanan  chat CHIKA ini bisa untuk semua keperluan BPJS KESEHATAN, mulai dari info tagihan, info nomor kartu BPJS kesehatan, info tunggakan iuran, pindah faskes, pindah segmen kepesertaan BPJS kesehatan, naik atau turu  kelas BPJS kesehatan, mengeluarkan anggota keluarga dari BPJS kesehatan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan layanan  BPJS kesehatan. 

Demikianlah Artikel mengenai Cara Mengeluarkan Anggota Keluarga dari BPJS Kesehatan Secara Online, semoga dapat bermanfaat. 

2 komentar untuk "Bagaimana Cara Mengeluarkan Anggota Keluarga dari BPJS Secara Online"

  1. Ingin mengeluarkan 1 orang karna sudah beda KK,tapi tidak mampu membayar tunggakan iuran

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara menghapus anggota BPJSkarena cerai

    BalasHapus