Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Ada Cara Pindah Bpjs Perusahaan (PPU) ke Mandiri Secara Online? Bpjs Kesehatan 2020

Apakah Ada Cara Pindah Bpjs Perusahaan ke Mandiri Secara Online? Bpjs Kesehatan 2020
Apakah Ada Cara Pindah Bpjs Perusahaan ke Mandiri Secara Online? Bpjs Kesehatan 2020
Setelah Resign dari tempat kerja Bpjs kesehatan perusahaan (PPU) sebaliknya segera di pindahkan ke Bpjs mandiri, tentunya hal tersebut akan mempermudah nantinya jika ingin berobat dengan Bpjs kesehatan, karena kita tidak tahu kapan datangnya sakit.

Setiap badan usaha atau perusahaan wajib mendaftarkan pekerja nya ke Bpjs kesehatan ke segmen pekerja penerima upah (PPU), jika tidak perusahaan tersebut tidak mendaftarkan pekerjanya maka akan di kenakan sanksi.

Sebelum menjawab pertanyaan Apakah Ada Cara Pindah Bpjs Perusahaan ke Mandiri Secara Online? Sebaiknya kita terlebih menyiapkan beberapa persyaratan sebagai berikut:
  1. Kartu Bpjs Kesehatan seluruh keluarga
  2. Kartu keluarga
  3. KTP
  4. Paklaring / Surat keterangan Resign
  5. Rekening Bank (Mandiri /BNI/ BTN/ BCA)
Pindah dari Bpjs Perusahaan ke Mandiri untuk saat ini belum bisa di lakukan dengan cara online atau dengan Aplikasi Mobile Jkn, Berikut Cara Pindah Bpjs Perusahaan ke Mandiri:

1 Kantor Bpjs kesehatan

Cara pertama ialah dengan mendatangi Kantor Bpjs kesehatan di daerah masing-masing, bawalah semua persyaratan di atas, datanglah lebih awal agar menghindari antrean panjang.

Ikuti semua arahan yang di berikan oleh petugas Bpjs kesehatan, biasanya prosesnya tidak lama sekitar 1 sampai dengan 2 jam.

2. Call center Bpjs kesehatan 1500400

Cara kedua bisa menghubungi call center Bpjs kesehatan di nomor 1500400, untuk berbicara dengan customer servis.

Cara ini lebih mudah dan lebih menghemat waktu, akan tetapi kendalanya sulit tersambung dengan customer servisnya. Lakukan panggilan telepon pada jam kerja di hari kerjanya.

Setelah berhasil melakukan pindah Bpjs Perusahaan ke Mandiri, kartu akan aktif 14 hari dan setelah iuran pertama di bayarkan. seperti daftar Baru Bpjs kesehatan segmen mandiri.


Cara Pindah Bpjs Perusahaan ke Mandiri Langsung Aktif

Cara Pindah Bpjs Perusahaan ke Mandiri agar langsung aktif ialah melakukan perpindahan kurang dari 30 hari setelah resign dari perusahaan, apabila melebihi 30 hari maka aktifnya 14 hari dari proses perpindahan dan setelah iuran pertama di bayarkan.

Lama Resign Apakah Ada Tunggakan?

Bpjs Perusahaan jika ingin di pindah ke Bpjs mandiri maka tidak ada tunggakan walaupun baru di proses setelah lama resign dari tempat kerja

Terbaru Iuran Bpjs kesehatan Mandiri

Iuran Bpjs kesehatan mandiri berubah dari di keluarkannya Peraturan Presiden No 64 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Peraturan Presiden No 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan sebagai berikut:

1. April 2020 s/d Juni 2020
  • Kelas 1 = Rp 80.000
  • Kelas 2 = Rp 51.000
  • Kelas 3 = Rp 25.500
2. Juni 2020 s/d Desember 2020
  • Kelas 1 = Rp 150.000
  • Kelas 2 = Rp 100.000
  • Kelas 3 = Rp 42.000 ( Rp 25.500 di bayar peserta dan Rp 16.500 di bayar pemerintah sebagai bantuan iuran)
3. Januari 2021 dan seterusnya
  • Kelas 1 = Rp 150.000
  • Kelas 2 = Rp 100.000
  • Kelas 3 = Rp 42.000 ( Rp 35.000 di bayar peserta dan Rp 7000 dibayar oleh pemerintah sebagai bantuan iuran)
Sekilas Tentang Bpjs kesehatan Perusahaan (PPU)
Bpjs Kesehatan dengan Segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) Biasa di sebut Bpjs Kesehatan perusahaan ialah Bpjs Kesehatan yang di peruntukan untuk pegawai baik swasta maupun pegawai pemerintah.

Pekerja Bpjs kesehatan PPU iurannya sebesar 5 persen dari gaji/upah sebulannya untuk 5 orang peserta yaitu Pekerja, Suami atau Istri Pekerja, dan 3 orang anak.

Iuran sebesar 5 persen di bayarkan oleh pemberi kerja kepada Bpjs kesehatan dengan ketentuan 4 persen di bayar oleh pemberi kerja dan 1 persen di bayar oleh pekerja yang langsung di potong dari gaji/ upahnya tiap bulannya.

Setiap badan usaha atau perusahaan wajib mendaftarkan dan membayar kan iuran pekerja dan keluarga nya ( total sebanyak 5 orang) kepada Bpjs kesehatan, jika tidak sesuai Perpres No 82 Tahun 2018, perusahaan wajib bertanggung jawab atas biaya pengobatan atau pelayanan kesehatan kepada pekerja nya sesuai manfaat yang di berikan oleh Bpjs Kesehatan.

Bahkan perusahaan yang tidak mendaftarkan pekerjanya ke Bpjs kesehatan dengan segmen PPU akan di kenakan sanksi baik teguran secara tertulis maupun sanksi administratif.

Demikianlah penjelasan tentang Apakah Ada Cara Pindah Bpjs Perusahaan ke Mandiri Secara Online? Semoga dapat bermanfaat

Posting Komentar untuk "Apakah Ada Cara Pindah Bpjs Perusahaan (PPU) ke Mandiri Secara Online? Bpjs Kesehatan 2020"