Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Bpjs kesehatan Dari Perusahaan Ke Mandiri Secara online 2021

Cara Mengubah Bpjs kesehatan Dari Perusahaan Ke Mandiri Secara online 2021
Cara Mengubah Bpjs kesehatan Dari Perusahaan Ke Mandiri Secara online 2021
Cara Mengubah Bpjs kesehatan Dari Perusahaan Ke Mandiri Secara online 2021 - Ada beberapa jenis kepesertaan di Bpjs kesehatan salah satunya ialah Pekerja Penerima Upah (PPU), Bpjs kesehatan jenis ini diperuntukkan untuk para pekerja baik di swasta maupun di pemerintah (pegawai pemerintah) termasuk TNI/ Polri dan Anggota DPRD. Setiap Badan Usaha atau Perusahaan wajib mendaftarkan semua pekerjanya ke dalam Bpjs kesehatan Segmen PPU atau Biasa di sebut Bpjs kesehatan Perusahaan.

Karyawan yang telah resign dari tempat kerja otomatis Bpjs kesehatan perusahaan nya sudah tidak di bayarkan, yang artinya kartu Bpjs kesehatannya akan di nonaktifkan sementara. Agar Kartu Bpjs Kesehatan nya aktif kembali pekerja tersebut harus mengubah Bpjs kesehatan perusahaan nya Ke Bpjs kesehatan Mandiri dengan membayar Iuran sendiri.

Cara Mengubah Bpjs Kesehatan Perusahaan Ke Bpjs Mandiri Bisa di lakukan dengan 2 Cara yaitu dengan Datang Langsung Ke kantor Bpjs Kesehatan di daerah nya masing masing atau dengan Menelpon Call Center Bpjs Kesehatan di Nomor 1500400.

Adapun persyaratan yang di butuhkan untuk Mengubah Bpjs Kesehatan perusahaan Ke Bpjs Mandiri ialah sebagai berikut :

  1. Kartu Bpjs kesehatan Perusahaan (PPU)
  2. Kartu Keluarga 
  3. KTP 
  4. Surat Keterangan Berhenti Bekerja (Vaklaring)
  5. Rek Bank (Mandiri/BRI/BNI/BTN/BCA)
Apabila ingin mengubah Bpjs kesehatan perusahaan ke Bpjs Mandiri di Kantor Bpjs kesehatan cukup membawa foto copy dokumen di atas kecuali KTP bawa juga yang Asli. Sertakan nomer telpon dan Alamat Email yang valid.

Berapa Lama Aktifnya Mengubah Bpjs Kesehatan Perusahaan Ke Mandiri ?

Mengubah Bpjs kesehatan Perusahaan Ke Mandiri untuk aktif kartu Bpjs kesehatan mandirinya agar segera bisa di gunakan, jika peserta melakukan perubahannya sebelum 30 hari dari semenjak berhenti Bekerja bisa langsung aktif setelah membayar iuran Pertama.

Dan Apabila peserta Melakukan perubahannya lebih dari 30 hari semenjak berhenti bekerja aktif Bpjs mandirinya 14 hari semenjak melakukan perubahan dan membayar iuran pertama.

Jadi apabila peserta setelah berhenti bekerja atau resign sebaiknya segera melakukan perubahan Bpjs kesehatan perusahaan nya Ke Bpjs Mandiri agar tidak terjadi masalah nantinya ketika sakit, karena kita tidak mengetahui kapan datanya sakit.

Apakah Mengubah Bpjs kesehatan Dari Perusahaan Ke Mandiri Secara online?

Untuk mengubah Bpjs kesehatan perusahaan ke Bpjs Mandiri untuk sementara belum bisa di lakukan secara online, kita bisa datang ke kantor Bpjs kesehatan ataupun dengan Menelpon Call Center Bpjs Kesehatan.

Saya menyarankan agar menelpon Call Center Bpjs Kesehatan, karena cara ini lebih mudah di lakukan, bisa memghemat waktu dan biaya.

Mudah mudahan kedepannya Mengubah Bpjs Kesehatan Perusahaan Ke Mandiri Bisa di lakukan dengan Cara online, dengan menggunakan Aplikasi Mobile Jkn Misalnya.

Berapa Iuran Bpjs Kesehatan Mandiri 2021

Iuran Bpjs kesehatan mandiri sudah beberapa kali berubah dan di 2021 ini ada kenaikan untuk Iuran Bpjs Kesehatan Mandiri, Peserta Bpjs kesehatan perusahaan yang melakukan perubahan ke Bpjs Mandiri bisa memilih Iuran Bpjs Kesehatan sesuai Kelas Rawat Inap yang di pilih. Ialah Sebagai berikut :
  • Kelas 1 = Rp 150.000 / orang Perbulan
  • Kelas 2 = Rp 100.000 / orang Perbulan
  • Kelas 3 = Rp 42.000 / orang Perbulan dengan ketentuan Rp 35.000 di bayar peserta dan Rp 7000 dibayar pemerintah Daerah.
Iuran diatas dibayarkan oleh Peserta Bpjs kesehatan Mandiri (PBPU) untuk 1 orang perbulan, karena peserta Bpjs kesehatan mandiri harus di daftarkan semua untuk satu Keluarga dan Kartu kelurga, iuran di atas tinggal di kali jumlah Anggota keluarga.

Bagaiman Mana Jika Pekerja Yang Resign Tergolong Keluarga tidak Mampu yang tidak sanggup membayar Iuran.

Apabila Pekerja yang resign tidak bekerja kembali dan tidak sanggup membayar Iuran Bpjs Kesehatan mandiri karena tergolong warga tidak mampu maka menurut Peraturan Bpjs kesehatan bisa di daftrakan menjadi Peserta Bpjs kesehatan Segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya di bayarkan oleh Pemerintah.

Karyawan Yang telah Resign Kartunya tetap Aktif selama 6 Bulan Tanpa Membayar Iuran

Dalam Perpres No 82 Tahun 2018 di jelaskan pekerja yang telah resign Kartunya akan tetap Aktif selama 6 bulan tanpa membayar Iuran, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. PHK yang sudah ada putusan pengadilan hubungan industrial dengan dibuktikan putusan/akta pengadilan hubungan industrial
  2. PHK karena penggabungan perusahaan di buktikan dengan akta notaris
  3. PHK karena perusahaan pailit/mengalami kerugian dibuktikan dengan putusan kepailitan dari pengadilan
  4. PHK karena pekerja mengalami sakit berkepanjangan dan tidak mampu bekerja di buktikan dengan surat keterangan dokter
Pekerja yang resign dengan ketentuan di atas Kartunya akan aktif selama 6 bulan tanpa bayar iuran dengan mendapatkan hak kelas rawat tiga.

2 komentar untuk "Cara Mengubah Bpjs kesehatan Dari Perusahaan Ke Mandiri Secara online 2021"

  1. Bagaimana jika tidak ada surat yg dikeluarkan dari perusahaan akibat sanksi ke pegawai?
    Mahasiswa Hukum Universitas Medan Area.
    mohon bantuan nya terkait maslah ini sebagai bahan diskusi

    BalasHapus