Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Klaim Bpjs Ketenagakerjaan Online Pada Saat Social distancing, Bisa di Kerjakan di Rumah

Cara Klaim Bpjs Ketenagakerjaan Online Pada Saat Social distancing, Bisa di Kerjakan di Rumah
Cara Klaim Bpjs Ketenagakerjaan Online Pada Saat Social distancing, Bisa di Kerjakan di Rumah
Cara Klaim Bpjs Ketenagakerjaan Online 
2020 - Banyaknya terjadi PHK di tengah pandemi covid-19 membuat permintaan pencairan saldo JHT 100% Bpjs ketenagakerjaan (sekarang BPJAMSOSTEK) meningkat.

Imbas dari tingginya gelombang PHK dan mendesaknya kebutuhan ekonomi membuat para pekerja yang terPHK ingin mencairkan segera saldo Bpjs Ketenagakerjaan nya.

Hal tersebut sudah di prediksi oleh pihak Bpjs ketenagakerjaan dan menurut Krisnha Syarif, Direktur pelayanan BPJAMSOSTEK, Pihaknya sudah mempersiapkan dan mengkoordinir peserta Bpjs ketenagakerjaan yang ingin mengklaim saldo JHT Bpjs ketenagakerjaan di tengah pandemi covid-19 tanpa mendatangi kantor Bpjs ketenagakerjaan.

Syarat klaim Saldo JHT Bpjs ketenagakerjaan Online

Sebelum memulai bagaimana cara klaim Bpjs ketenagakerjaan, ada beberapa persyaratan yang perlu di persiapkan ialah sebagai berikut:
  1. KTP / Paspor
  2. Kartu Keluarga
  3. Kartu Bpjs ketenagakerjaan
  4. Surat keterangan Berhenti Bekerja / Vaklaring
  5. Rekening Tabungan (Mandiri/BNI)
  6. NPWP
Dokumen dokumen di atas nantinya akan di kirim melalui email ke Bpjs ketenagakerjaan maka kalian harus men scan dokumen dokumen di atas.

Perlu di ketahui syarat utama meng Klaim Saldo Bpjs ketenagakerjaan kalian harus sudah resign dari perusahaan tersebut dan belum bekerja kembali, kemudian untuk memulai proses klaim Bpjs ketenagakerjaan harus menunggu dahulu minimal 1 bulan dari resign dari perusahaan.

Bagaimana Cara Klaim Bpjs Ketenagakerjaan Online, Tanpa datang ke kantor Bpjs ketenagakerjaan?

Social distancing dan Pembatasan Sosial Bersekala Besar yang diberlakukan pemerintah guna memutus mata rantai covid 19 membuat pihak Bpjs ketenagakerjaan membuat protokol baru untuk pencairan saldo JHT Bpjs ketenagakerjaan tanpa melakukan kontak fisik di kantor Bpjs ketenagakerjaan.

LAPAK ASIK singkatan dari Layanan Tanpa Kontak Fisik merupakan protokol dari Bpjs ketenagakerjaan di tengah pandemi covid-19. Peserta Bisa mengklaim saldo JHT Bpjs ketenagakerjaan dengan pendaftaran melalui online, tanpa perlu datang ke kantor Bpjs ketenagakerjaan.

Walaupun di lakukan dengan cara online tanpa perlu datang ke kantor Bpjs ketenagakerjaan, tetapi Bpjs ketenagakerjaan tetap menjamin keamanan pencairan saldo JHT dengan tetap memvalidasi data peserta melalui panggilan video.

Berikut tahapan tahapan melakukan klaim Bpjs ketenagakerjaan dengan protokol LAPAK ASIK

1. Antrean Online Bpjs ketenagakerjaan

Langkah pertama ialah dengan melakukan registrasi atau mengambil antrean secara online dilaman https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Di laman antrean Online pilihlah tanggal, waktunya dan kantor cabang Bpjs ketenagakerjaan terdekat.

Setelah berhasil,download dan cetak formulir antrean Bpjs ketenagakerjaan tersebut.

2. Kirim Dokumen persayaratan

Langkah selanjutnya ialah dengan mengirim dokumen dokumen persyaratan klaim saldo JHT Bpjs ketenagakerjaan yang sudah di scan termasuk formulir antrean online yang di download tadi ke email kantor cabang Bpjs ketenagakerjaan yang di pilih pada saat pendaftaran antrean online tadi.

Pengiriman scan persayaratan ke kantor Bpjs ketenagakerjaan paling lambat H -1 dari tanggal pengajuan

3. Validasi melalui Video call

Saat semua dokumen sudah di terima oleh Bpjs ketenagakerjaan nantinya anda akan mendapatkan balasan berupa pesan singkat yang isinya waktu dan identitas petugas Bpjs ketenagakerjaan untuk melakukan video call.

Dalam proses video call nanti dengan petugaa Bpjs ketenagakerjaan tunjukan dokumen dokumen asli nya.

4. Transfer saldo ke Rekening peserta

Jika semua dokumen sudah benar dan tidak ada masalah dan juga sudah terverifikasi oleh petugas Bpjs ketenagakerjaan maka saldo akan di transfer ke rekening peserta.

Berapa lama pencairan Bpjs ketenagakerjaan? mungkin lebih tepatnya berapa masuk ke rekening kita dari proses berhasilnya pencairan Bpjs ketenagakerjaan, berdasarkan pengalaman saya 2 kali mengurus pencairan Bpjs ketenagakerjaan, lama nya masuk rekening tidak tentu, yang pertama 5 hari kerja cair, dan yang kedua cuma 3 hari kerja juga sudah masuk rekening.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pencairan saldo Bpjs ketenagakerjaan atau informasi mengenai protokol asik bisa menghubungi tanya Bpjs di nomor 175 atau website resmi Bpjs ketenagakerjaan si www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Bagaimana? Mudahkan cara klaim Bpjs ketenagakerjaan online di tengah Social distancing yang di terapkan pemerintah, tentunya cara ini sangat mudah, aman dan juga nyaman.

Posting Komentar untuk "Cara Klaim Bpjs Ketenagakerjaan Online Pada Saat Social distancing, Bisa di Kerjakan di Rumah"