Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Sehat ? Cara Tidur Sehat Ala Rasulullah SAW Yang Perlu di Contoh

Cara Tidur Sehat Ala Rasulullah SAW Yang Perlu di Contoh
jaminansehat.com - Cara Tidur Sehat Ala Rasulullah SAW Yang Perlu di Contoh
Ingin Sehat ? Cara Tidur Sehat Ala Rasulullah SAW Yang Perlu di Contoh - Rasulullah SAW semasa hidupnya hanya mengalami dua kali sakit,  Rasulullah SAW sangat menjaga pola hidup nya, sebagai  seorang muslim kita perlu mencontoh pola hidup Rasulullah SAW,  Rasulullah merupakan  sebaik baiknya suri tauladan.
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًاYang artinya, "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah."
Pola hidup Rasulullah SAW sudah terbukti secara ilmiah merupakan pola hidup yang sehat, mulai dari cara makan, cara minum, bahkan sampai cara tidurnya

Berikut Pola Tidur Sehat Ala Rasulullah SAW

1. Posisi Tidur miring ke kanan
Nabi Muhamad SAW bersabda HR Bukhori No 247 dan HR Muslim No 2710 " Bebaringlah di atas rusuk sebelah kananmu".

Posisi tidur miring ke kanan adalah cara tidur yang sehat terbukti secara ilmiah dengan miring ke kanan dapat meringankan beban jantung, karena paru paru sebelah kiri lebih kecil dari yang sebelah kanan, posisi hati pun tetap kukuh karena tidak bergelayut, posisi lambung pun akan tetap stabil.

2. Posisi Tangan di Bawah Pipi
Berdasarkan hadist Rasulullah SAW dari Hudzaifah ibn Al- yaman ra, " Apabila Nabi SAW hendak tidur di malam hari,beliau meletakan tangannya di bawah pipi" (HR BUKHORI)

3. Tidak tidur Sebelum Isya 
Kebiasaan Rasulullah SAW selanjutnya adalah tidak tidur sebelum Isya

عن أبي برزة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يكره النوم قبل العشاء والحديث بعدها 
Dari Abi Barzah, bahwa Nabi SAW tidak suka tidur sebelum shalat isya dan  tidak berbincang-bincang setelahnya. (HR. Bukhari no. 535, Muslim no. 1026) 
عن عائشة ، قالت : مانام رسول الله يأتي قبل العشاء، ولاسمر بعدها 
Aisyah berkata: Rasulullah SAW tidak tidur sebelum isya dan tidak berbincang-bincang setelahnya. (HR. Ibnu Majah no. 94)


4. Tidur Pada Awal Malam dan Bangun di Akhir Malam
Menurut beberapa penelitian tidur di awal malam dapat kemberikan manfaat seperti proses peremajaan, memperbaiki kulaitas otak, dapat terhindar dari berbagai penyakit, tentunya juga dapat membuat badan lebih segar ketika bangun.

5. Membaca Doa Sebelum tidur
Sebelum tidur Rasulullah SAW membaca doa kemudian meniupkan pada kedua tangannya dan mengusapkan keseluruh badannya.

Dari Aisyah , Rasulullah SAW bersabda

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari no. 5017)


6. Berwudhu Sebelum Tidur
Sebagai seorang muslim perlunya mencontoh Rasulullah SAW, Rasulullah SAW mencontohkan kita sebagai umatnya untuk berwudhu sebelum tidur


“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710

Posting Komentar untuk "Ingin Sehat ? Cara Tidur Sehat Ala Rasulullah SAW Yang Perlu di Contoh"