Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kesehatan Kenapa Minum Tidak Boleh Berdiri dan Harus Duduk

Minum harus duduk tidak boleh berdiri- jaminansehat.com
Alasan Kesehatan Kenapa Minum Tidak Boleh Berdiri dan Harus Duduk - Lebih dari 50 persen tubuh kita terdiri dari air, oleh karenanya kita di anjurkan untuk banyak minum atau banyak mengkonsumsi air putih, kurang lebih kita butuh asupan air putih 8 gelas seharinya.

Ternyata bukan hanya tentang banyak nya air yang perlu kita minum, tetapi posisi saat kita minum juga sangat berpengaruh, di anjurkan kita minum dalam posisi duduk, tentunya demi alasan kesehatan.

Bahkan di dalam ajaran Islam Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, menganjurkan kita untuk minum dalam posisi duduk dan tidak boleh berdiri, tentunya juga karena alasan kesehatan
Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di mana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR. Muslim no. 2024).
Dilansir dari Times of India, berdasarkan ilmu Ayurveda, pada saat kita minum sambil berdiri disitu kita akan memberi tekanan pada dinding perut, minum saat berdiri air akan turun lurus dari esofagus menuju perut, yang akan menyebabkan kerusakan pada daerah di sekitarnya.

Minum sambil berdiri juga akan mempengaruhi kondisi ginjal karena pada saat air mengalir pada tekanan tinggi, yang menyebabkan akumilasi kotoran pada kandung kemih.

Posisi tubuh saat minum sangat berkaitan satu sama lain, kebiasaan minum sambil berdiri jika di lakukan secara terus menerus bahkan bisa mempengaruhi paru- paru dan jantung, dikarenakan dapat menekan suplai oksigen pada pipa makanan dan batang tenggorokan.

Bukan karena aspek kesehatan saja, minum sambil duduk, alasan lain adalah alasan kesopanan, orang yang minum sambil berdiri apalagi sambil berjalan terkesan dipandang tidak sopan.

Oleh karena itu cara terbaik saat minum adalah pada posisi duduk, dan dilakukan secara perlahan, dengan demikian aliran air akan pelan dan tubuh dapat mencerna air dengan syaraf - syaraf yang relaks.

Manfaat minum dengan posisi duduk

Banyak manfaat bagi tubuh jika minum dengan posisi duduk, apalagi jika di lakukan secara rutinseperti yang di kutip dari idntimes.com sebagai berikut:
  1. Menyehatkan sistem pencernaan - minum dengan posisi duduk membuat air turun ke usus secara perlahan, menghindarkan usus dari tabrakan keras dengan air, jika di lakukan secara rutin bukan tidak mungkin lambung akan mencerna dengan baik, sehingga terhindar dari disfungsi pencernaan.
  2. Mengurangi resiko terkena penyakit kristal ginjal - fungsi ginjal ialah sebagai penyaring cairan yang masuk kedalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk urine, dengan secara rutin minum sambil duduk, artinya membuat ginjal menyaring cairan secara optimal. Kandung kemih menjadi aman karena kotoran dalam cairan akan tersaring secara sempurna, yang akan membuat ginjal menjadi sehat dan dapat terhindar dari resiko penyakit kristal ginjal.
  3. Terhindar dari penyakit artritis - minum rutin sambil duduk dapat menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, sehingga sendi sendi di tubuh dapat terhindar dari penumpukan cairan yang menyebabkan peradangan. Peradangan pada satu bahkan lebih persendian yang disertai rasa nyeri, bengkak, kaku, dan keterbatasan bergerak disebut penyakit artritis.
  4. Memperkecil resiko terkena Asam Lambung - Minum sambil berdiri dapat menyebabkan asam lambung naik, makanya kita di anjurkan minum sambil duduk untuk menghindari resiko terkena penyakit asam lambung.

Minum sambil duduk selain banyak manfaat yang di dapat untuk tubuh juga merupakan suatu kesopanan, selain itu juga bagi umat muslim minum dengan posisi duduk merupakan sunah, yang jika jika jalankan akan mendapat pahala dan nilai kebaikan.

Posting Komentar untuk "Alasan Kesehatan Kenapa Minum Tidak Boleh Berdiri dan Harus Duduk"