Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jeruk Nipis Ditambah Kecap Dapat Sembuhkan Batuk? Berikut Pendapat Ahli Herbal


Benarkah Jeruk Nipis Dan Kecap Dapat Sembuhkan Batuk? Beikut Pendapat Ahli Herbal
Benarkah Jeruk Nipis Dan Kecap Dapat Sembuhkan Batuk?

Perasan air jeruk nipis ditambah kecap di percaya dapat meredakan batuk bahkan bisa menyembuhkan, ramuan herbal tersebut di percaya oleh masyarakat kita secara turun temurun, Tapi apakah benar larutan perasan air jeruk nipis di tambah dengan kecap bisa meredakan atau bahkan menyembuhkan batuk? Mari kita simak penjelasan ahlinya.

Batuk merupakan penyakit umum siapa saja dapat mengalaminya, ketika sedang batuk memang terasa sangat menyebalkan, segala aktivitas kita pun akan terganggu, daya tahan tubuh yang menurun di barengi dengan masuknya bakteri atau virus bisa menyebabkan batuk, batuk juga di pengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi dan juga factor lingkungan.

Btuk merupakan sebuah reflek alami dari system perlindungan dan kekebalan tubuh, yang muncul akibat saluran belakang kerongkongan yang iritasi, iritasi tersebut dapat memicu paru paru mengeluarkan udara yang memiliki tekanan tinggi. Sebenarnya batuk membantu mengeluarkan zat asing pada paru paru seperti lendir dan gas.

Kemudian Benarkah Larutan Perasan Air Jeruk Nipis ditambah Kecap Dapat Sembuhkan Batuk?

Kandungan Minyak Astiri pada Jeruk nipis di tambah zat zat yang mengendalikan otot otot pada penapasan mampu  meredakan batuk,  buah yang bernama latin Citrus aurantifoli sejak dahulu sudah di gunakan untuk obat herbal.

Baca Juga Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Selain batuk, jeruk nipis juga dapat berkhasiat sebagai penambah nafsu makan, mengobati sembelit, dapat mengatasi suara yang serak, penurun panas, pencegahan kerontokan rambut, jerawat, dan tentunya masih banyak lagi.

Mengenai penambahan kecap pada jeruk nipis untuk redakan batuk, Menurut  seorang ahli herbal yang di lansir dari Kompas.com Prof dr Sumali Wiryowidagdo mengatakan kecap tidak dapat menyembuhkan batuk, penambahan kecap di maksudkan untuk mengurangi keasaman saja, yang juga bisa di ganti dengan air gula, kapur sirih dan madu.

Selain jeruk nipis Obat Herbal Apa Lagi Yang Dapat Sembuhkkan Batuk ?

Sebenarnya  masih banyak tanaman di sekitar kita yang bisa menjadi obat herbal, sebaiknya sebelum ada mengkonsumsi obat obatan kimia, tidak ada salahnya mencoba obat herbal terlebih dahulu, selain mudah dan murah juga tidak menimbulkan efek samping, berikut obat obatan herbal yang dapat menyembuhkan batuk :
1. Jahe 
Jahe mempunyai kandungan anti bakteri yang dapat menyembuhkan batuk, baik batuk kering maupun batuk berdahak dan juga gatal tenggorokan, sudah banyak orang yang menggunakan bahan herbal ini untuk mengatasi batuk, selain itu jahe juga dapat meningkatkan suhu tubuh untuk mengahatkan badan, cara mengkonsumsinya bisa di buat wedang jahe.


2. Bawang Merah dan Bawang Putih
Keduanya sering kita jumpai dapur, ternyata bawang merah dan bawang putih juga efektif untuk redakan batuk, phytochemical yang terkandung pada bawang merah serta anti bakteri pada bawang putih cukup ambuh untuk redakan batuk kering yang di sertai gatal, kedua bumbu dapur ini bisa di makan mentah ataupun bisa di buat jus.

Baca Juga : Rebusan Daun sukun Dapat Obati Diabetes

3. Garam 
Bahan herbal berikutnya adalah garam, seperti halnya bawang merah dan bawang putih bahan dapur yang satu ini juga dapat meredakan batuk, garam mampu mengurangi rasa gatal dan bengkak pada tenggorokan, selain aman di konsumsi garam juga mudah di dapat, ambil 1 - 2 sendok garam dan campur dengan air hangat untuk di minum

4. Daun Sirih
Daun sirih mempunyai kandungan anti septik dan anti bakteri yang juga cukup untuk meredakan batuk kering di sertai gatal, cara pengunaanya bisa direbus untuk diminum, dan juga bisa di tambahkan dengan jahe.


5. Daun Kemangi
Daun kemangi juga percaya dapat sembuhkan batuk dengan cepat, dengan meminum jus daun kemangi  bisa cepat sembuhkan batuk secara alami, selain di buat jus untuk sembuhkan batuk, bisa juga dengan meminum rebusannya.
 
6. Daun Seledri
Dengan meminum jus daun seledri dala 3 jam sekali di percaya dapat redakan batuk dengan cepat, jangan lupa tambahkan satu sendok madu.

Ternyata selain perasan air jeruk nipis di tambah kecap masih banyak juga obat herbal yang dapat meredakan bahkan menyembuhkan batuk, sebelum mengkonsumsi obat obatan tidak ada salahnya mencoba obata obatan herbal, dan jika batuk tidak teratasi sebaiknya periksakan diri ke dokter.
Prof dr Sumali Wiryowidagdo

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jeruk Nipis dan Kecap Sembuhkan Batuk?", https://lifestyle.kompas.com/read/2011/06/16/15330566/Jeruk.Nipis.dan.Kecap.Sembuhkan.Batuk..
Prof dr Sumali Wiryowidagdo

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jeruk Nipis dan Kecap Sembuhkan Batuk?", https://lifestyle.kompas.com/read/2011/06/16/15330566/Jeruk.Nipis.dan.Kecap.Sembuhkan.Batuk..

1 komentar untuk "Jeruk Nipis Ditambah Kecap Dapat Sembuhkan Batuk? Berikut Pendapat Ahli Herbal"