Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Bingung, Begini Cara Cek Bpjs PBI Aktif Atau Tidak 2021

Jangan Bingung, Begini Cara Cek Bpjs PBI Aktif Atau Tidak
Jangan Bingung, Begini Cara Cek Bpjs PBI Aktif Atau Tidak 2021

Pemegang Kartu Bpjs Kesehaten segmen Peneriman Bantuan Iuran (PBI) diharapkan secara berkala mengecek keaktifan kartunya, Dengan tujuan memastikan keaktifaannya sehingga tidak bermasalah saat di perlukan nantinya. Karena tentunya sakit tidak tahu kapan datangnya.

Mengecek keaktifan Bpjs PBI sudah sangat mudah, kamu bisa mengeceknya dengan cara online, yang kamu butuhkan hanya Smartphone dan tentunya kuota internet.

Cara lain untuk memgecek keaktifan kartu Bpjs Kesehaten selain dengan cara online bisa juga dengan SMS dan menelpon call center Bpjs Kesehatan, cukup diam di rumah kamu bisa tahu kartumu aktif atau tidak.

Selain cara cara diatas mengecek aktif atau tidak Bpjs PBI bisa juga dengan datang langsung ke kantor cabang Bpjs Kesehaten terdekat, cara ini saya tidak merekomendasikan. yah... Karena cukup repot tentunya.

CARA CEK BPJS PBI DENGAN CARA ONLINE.

Mengecek aktif atau tidaknya BPJS PBI bisa dilakukan dengan cara online yaitu dengan menggunakan Aplikasi mobile jkn yang bisa kamu unduh di Playstore. dan berikut langkah langkahnya.

1. Install Aplikasi Mobile JKN di Smartphone kamu dengan mengunduhnya di Playstore.

2. Setelah berhasil terinstall buka aplikasi mobile jkn, kemudian login aplikasi mobile jkn

3. Apabila kamu pengguna baru Aplikasi mobile jkn. Daftar ke menu pengguna baru yaitu ke menu daftar =>  Pendataran Pengguna mobile, kemudian isikan No Bpjs kamu, no hp, dan password, pastikan nomor kamu mempunyai pulsa, karena verifikasi sms Bpjs, nomor harus terisi pulsa.

3. Setelah berhasil Daftar pengguna baru di Aplikasi mobile jkn, selanjutnya login aplikasi mobile jkn, dengan nomor BPJS PBI dan password yang tadi anda buat.

4. Kemudian masuk menu "PESERTA" pada aplikasi mobile jkn. disana kamu bisa tahu kartumu aktif atau tidak. Bukan hanya itu, kamu juga dapat mengetahui keaktifan kartu anggota keluarga kamu.

CARA CEK BPJS PBI AKTIF ATAU TIDAK DENGAN CARA SMS DAN CALLCENTER BPJS KESEHATEN.

Cara kedua untuk Cek BPJS PBI aktif atau tidak dengan cara SMS ke Nomor 08777-5500-400. dengan dengan beberapa format sebagai berikut :
  • Menggunakan Nomor Kartu BPJS KESEHATAN
  • Mnggunakan NIK KTP
  • Menggunakan NIP 
Pilih salah satu format di atas, kemudian sms ke nomer bpjs tersebut, kamu tinggal menunggu balasan dari BPJS Kesehatan.

Berikutnya dengan cara menelpon call center BPJS Kesehatan di nomor 1500400. sebaikanya sebelum menelpon siapkan dahulu kartu Bpjs pbi, KTP, dan Kartu Keluarga kamu. untuk berjaga jaga apabila cust service menanyakan data diri dan anggota keluarga kamu.

CARA CEK BPJS PBI AKTIF ATAU TIDAK DENGAN DATANG KE KANTOR BPJS KESEHATAN TERDEKAT.

Seperti yang saya katakan di atas cara ini tidak saya rekomendasikan. Karena kalau bisa cek dengan cara online, sms atau menelpon, kenapa harus repot repot datang ke kantor Cabang bpjs Kesehatan. Kan tentunya akan membuang waktu. Akan tetapi tidak salahnya saya bahas.

Berdasarkan pengalaman saya dulu, sebelum cara online bisa di lakuakan, untuk mengecek bpjs pbi aktif atau tidak ada beberapa persyaratan yang harus di bawa antara lain :
  • Kartu BPJS PBI
  • KTP 
  • Kartu keluarga
Sebaiknya apabila kamu datang ke kantor Bpjs Kesehatan, sekalian menanyakan beberapa hal yang terkait Bpjs Kesehatan, agar kamu mendapat banyak informasi tentang Bpjs, yang nantinya akan berguna jika kartu bpjs pbi kamu di gunakan.

CEK BPJS PBI AKTIF ATAU TIDAK MELALUI CHAT APLIKASI WHATSAPP.

Dimasa pandemi ini BPJS pun memberikan kemudahan bagi pesertanya, kamu bisa mengecek BPJS PBI aktif atau tidaknya dengan chat pada aplikasi WhatsApp (CHIKA) ke nomor 08118750400.

Lewat chat kamu akan mendapat panduan untuk mengetahui segala informasi tentang bpjs, mulai dari keaktifan kartu, jumlah iuran bpjs untun bpjs mandiri, bahkan untuk daftar Bpjs Kesehatan. 

Demikanlah urain tentang cara cek Bpjs pbi aktif atau tidak, semoga dapat bermanfaat. Walaupun biaya Kesehatan kamu sudah di tanggung bpjs kesehatan. kamu harus tetap menjaga kesehatan, apalagi di masa pandemi ini, tetap patuhi protokol kesehatan.

Posting Komentar untuk "Jangan Bingung, Begini Cara Cek Bpjs PBI Aktif Atau Tidak 2021"