Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Aman Obat Batuk Alami Untuk Bayi Dan Anak-Anak


Pilihan Aman Obat Batuk Alami Untuk Bayi Dan Anak-Anak
Pilihan Aman Obat Batuk Alami Untuk Bayi Dan Anak-Anak
Jumlah obat batuk alami mungkin banyak sekali. Yang lebih istimewanya lagi semuanya bisa dengan mudah didapatkan di lingkungan sekitar Anda. Namun tahukah Anda jika ada beberapa obat batuk herbal yang kurang aman untuk bayi dan anak-anak? 

Batuk sendiri pada dasarnya merupakan respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan. Pada kasus ini, tubuh ingin mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernafasan. Selain itu biasanya juga untuk mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah. 

Mengatasi Batuk Pada Bayi Yang Aman

Batuk yang disebabkan oleh infeksi virus sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun tidak menggunakan obat-obatan. Tetapi batuk sering kali membuat bayi sulit tidur dan cenderug rewel. Sebagai orang tua Anda pasti tidak tega melihat keadaan si Kecil yang seperti ini. 

Jika si Kecil tampak rewel dan kurang nyaman karena batuk, Bunda bisa melakukan beberapa cara alami mengatasi batuk pada bayi. Cara ini bisa dikatakan sebagai obat batuk alami untuk bayi. Apa saja caranya? 

1.    Air Susu Ibu (ASI)
Pada ASI terkandung zat pembentuk kekebalan tubuh yang memiliki kemampuan untuk memperkuat daya tahan tubuh bayi dalam melawan infeksi. Bahkan tidak hanya itu saja, ASI ternyata juga bisa membantu dalam mengencerkan dahak sehingga tenggorokannya menjadi lega. 

Oleh sebab itu, ketika si Kecil sedang batuk, Bunda dianjurkan untuk memberikan ASI lebih banyak lagi. Sebab ASI bisa dijadikan sebagai obat alami untuk batuk yang sedang dialami si Kecil. 

2.    Memberikan Uap Hangat
Uap hangat bisa difungsikan untuk mengencerkan dahak. Selain itu juga bisa membuat si Kecil bernapas lebih lega. Maka dari itu, Bunda bisa membuat air hangat dengan suhu agar bisa dihirup oleh si Kecil.

3.    Memberikan Minuman Hangat
Jika si Kecil sudah berusia 6 bulan, Bunda bisa memberikannya air hangat untuk mengatasi batuknya. Tetapi yang perlu diingat adalah jangan sekali-kali memberikan air hangat yang dicampur madu. Hal ini disebabkan madu justru bisa menyebabkan botulisme pada bayi yang usianya kurang dari satu tahun. 

Pilihan Obat Batuk Untuk Anak-Anak

Sebenarnya cukup banyak bahan alami yang bisa diolah menjadi obat batuk anak. Meskipun demikian, tidak semuanya aman untuk anak-anak. Mungkin obat batuk alami tersebut aman untuk orang dewasa. Tetapi belum tentu aman untuk anak-anak. 

Nah, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi bahan alami yang aman sebagai obat batuk anak. 

1.    Madu
Sebagai obat batuk, madu memang dikenal memiliki kandungan yang bersifat anti-bakteri yang ampuh untuk melawan infeksi. Meskipun demikian, Bunda harus memperhatikan dosisnya pada saat memberikannya pada si Kecil. 

Misalnya anak dengan rentang usia 1 sampai dengan 5 tahun, dosis yang disarankan adalah ½ sendok teh. Sementara itu untuk anak dengan rentang usia 6 hingga 11 tahun, dosis yang disarankan adalah 1 sendok teh. Dan untuk anak dengan rentang usia 12 tahun lebih, dosis yang direkomendasikan adalah 2 sendok teh. 

2.    Lemon
Lemon sendiri dikenal memiliki kemampuan untuk meredakan radang yang terjadi di bagian tenggorokan. Artinya lemon bisa dijadikan sebagai alternatif untuk obat batuk anak. 

3.    Kunyit
Kunyit dikenal mengandung zat alami bernama curcumin. Curcumin merupakan senyawa anti-inflamasi yang cukup ampuh untuk melawan partikel asing yang mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan. 

4.    Jahe
Sebagai obat batuk herbal, jahe memiliki efek anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga cukup ampuh untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh kuman.  

Itulah beberapa rekomendasi bahan alami untuk mengobati batuk pada bayi dan anak. Meskipun demikian kehati-hatian tetap diperlukan. Pasalnya tidak semua obat batuk alami aman untuk bayi dan anak-anak.

Posting Komentar untuk "Pilihan Aman Obat Batuk Alami Untuk Bayi Dan Anak-Anak"