Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui, Ini 7 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit

 7 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit
 7 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit
Bagaimana cara untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit? Di usia anak-anak, mereka lebih rentan terkena berbagai penyakit. Itulah mengapa daya tahan tubuh anak harus selalu dijaga agar ia tetap sehat dan aktif.


Daya tahan tubuh merupakan hal yang paling penting yang harus dijaga demi kestabilan pertumbuhan anak. Anak dengan daya tahan tubuh baik akan sehat dan jarang terkena penyakit sehingga pertumbuhannya pun akan lebih optimal.
Akan tetapi masalahnya, anak-anak masih belum bisa menjaga daya tahan tubuhnya sendiri. Karena itulah, peran orang tua dan campur tangannya menjadi sangat penting dalam hal ini.
Faktor Penyebab Anak Mudah Sakit
Secara garis besar, daya tahan tubuh anak masih belum sesempurna dan sekuat orang dewasa. Itu sebabnya anak-anak lebih rentan terserang penyakit, mengingat kekebalan tubuhnya yang terbilang masih lemah.
Apalagi jika daya tahan tubuh si kecil menurun, kuman dan virus penyebab penyakit akan lebih mudah menyerang. Akibatnya, anak pun menjadi mudah jatuh sakit karena daya tahan tubuhnya yang tidak kuat.
Menurun dan lemahnya daya tahan tubuh anak ini juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab. Diantaranya yakni sebagai berikut
1. Kekurangan Nutrisi 
Anak-anak sedang berada di usia pertumbuhan, karena itulah ia membutuhkan banyak nutrisi. Namun bukan hanya itu, nutrisi juga dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.
Karena itulah kurang nutrisi bisa membuat anak lebih mudah terserang penyakit. Sebab ketika anak tidak dapat cukup nutrisi, daya tahan tubuhnya akan lemah dan menurun.
2. Kurang Aktivitas Fisik
Faktor lainnya yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan anak mudah sakit adalah kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga. Hal ini karena saat tubuh kurang bergerak maka sel-sel darah putih dalam tubuh anak menjadi tidak mengalir dengan baik. Akibatnya, sel-sel darah putih ini tidak bisa melawan virus dan bakteri yang masuk ke tubuh anak secara maksimal.
3. Konsumsi Gula Berlebih

Sebagian besar anak memang sangat menyukai camilan manis, seperti permen, kue, es cream dan lain sebagainya. Namun terlalu banyak konsumsi gula tidak baik bagi kesehatan tubuh anak.
Mengingat camilan-camilan manis ini biasanya menggunakan gula hasil rafinasi (gula yang sudah melewati proses pemurnian) atau yang disebut gula sukrosa. Yang mana bila dikonsumsi berlebihan dapat berpotensi melemahkan daya tahan tubuh.
4. Penyalahgunaan Anti Biotik


Ketika anak sakit, dokter biasanya akan memberikan obat yang disertai dengan antibiotik. Pemberiannya pada anak memang telah diresepkan oleh dokter, akan tetapi penggunaanya yang asal justru bisa berefek buruk pada anak. Untuk itulah antibiotik harus digunakan sesuai anjuran dan petunjuk dokter agar penggunaan tidak malah membuat daya tahan tubuh anak menurun
5. Berada di Lingkungan Bersih Terus Menerus

Bukankah lingkungan tempat anak memang harus selalu bersih? Sebagian orang mengira bahwa agar anak terhindar dari penyakit maka ia harus selalu berada di lingkungan yang bersih.
Padahal sebenarnya hal itu justru dapat membuat daya tahan tubuh anak lemah karena tidak terlatih, mengingat jarangnya ia terpapar virus. Akibatnya, daya tahan tubuh si kecil pun menjadi tidak siap saat sewaktu-waktu harus melawan serangan penyakit sehingga mudah sakit.
7 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak
Untuk menjaga daya tahan tubuh anak tentunya tidak dapat disamakan dengan orang dewasa. Apalagi usia anak-anak termasuk yang paling rentan tertular berbagai macam penyakit. Namun karena anak-anak masih belum bisa menjaganya sendiri, maka hal ini menjadi orang tua untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.
Lantas bagaimana caranya? Berikut cara menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh anak yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua:
      1. Cukupi Kebutuhan Nutrisinya
Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak, penting untuk Anda memperhatikan apa-apa saja yang dimakan olehnya. Sebab seperti kita ketahui, makanan adalah sumber nutrisi utama yang paling penting bagi manusia.
Usahakan anak selalu mengonsumsi makanan kaya nutrisi, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Kombinasikan lauk pauk, sayuran dan buah-buahan pada menu makan anak untuk mencukupi nutrisinya. Selain itu, Anda bisa juga menyediakan camilan sehat sebagai pendamping nutrisi.
      2. Berikan Anak ASI Eksklusif
Khusus anak-anak golongan bayi, memberikan ASI eksklusif adalah cara terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tetap sehat. Hal ini tentu hanya bisa diterapkan pada anak yang masih minum ASI, yang mana setidaknya diberikan hingga usianya mencapai 6 bulan. Dalam hal ini, ASI akan menjadi sumber nutrisi anak yang akan mencukupi kebutuhanya, mulai dari protein, lemak, vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
           3. Ajak Anak Rutin Berolahraga
Anak yang aktif bergerak dan berolahraga cenderung akan lebih sehat dibanding dengan anak yang lebih banyak diam. Oleh karena itu, rutin ajak anak melakukan olahraga dan lebih aktif beraktivitas.
Jenis olahraga yang dipilih tidak perlu yang berat, ajak saja anak melakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan santai, bersepeda atau berenang. Dengan berolahraga, tubuh akan berkeringat dan racun berbahaya di dalamnya dapat terbuang sehingga anak menjadi sehat.
      4. Atur dan Pantau Waktu Tidurnya
Tidur memang sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh, tidak hanya oleh orang dewasa tapi juga anak-anak. Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh lemah dan mudah tertular penyakit. Untuk itu, pastikan anak memiliki waktu tidur yang cukup.
Lantas berapa lama itu? Normalnya, anak di usia balita masih membutuhkan tidur selama 11 sampai 13 jam. Sementara anak prasekolah perlu waktu tidur sekitar 10 jam setiap hari.
      5. Jaga Keberihan Diri dan Lingkungan
Cara menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar anak. Ajari ia agar rajin cuci tangan setelah beraktivitas dan selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu, ajari juga anak kebiasaan baik menjaga kebersihan diri sendiri dan berikan pemahaman mengenai pentingnya menjaga kebersihan.
6. Ajak Anak Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi
Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang baik untuk daya tahan tubuh. Karenanya, biarkan anak bermain di luar rumah saat pagi hari atau sengaja ajak berjemur selama beberapa menit. Dalam hal ini Anda tidak harus mengajaknya pergi ke taman, cukup di teras atau halaman belakang rumah.
      7. Jauhkan Anak Dari Asap Rokok dan Kendaraan
Asap rokok dan asap kendaraan mengandung racun berbahaya yang tidak baik untuk pernapasan. Apalagi bagi anak-anak yang cenderung lebih rentan terkena dampak negatifnya yang dapat mengiritasi organ pernapasan, seperti asma dan bronkitis. Oleh sebab itu, sebisa mungkin jauhkan anak dari asap rokok dan asap kendaraan dan jangan lupa pakaikan masker saat bepergian keluar.
Selain cara-cara diatas, jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan kesehatan anak ke dokter. Ini juga merupakan salah satu upaya menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit dengan penanganan awal kemungkinan adanya penyakit.

Posting Komentar untuk "Ketahui, Ini 7 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit"