Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Naik Kelas Bpjs Kesehatan Online 2020 Dengan Aplikasi Mobile Jkn

Cara Naik Kelas Bpjs Kesehatan Online 2020 Dengan Aplikasi Mobile Jkn
Cara Naik Kelas Bpjs Kesehatan Online 2020 Dengan Aplikasi Mobile Jkn
Cara Naik Kelas Bpjs Kesehatan Online 2020 Dengan Aplikasi Mobile Jkn - Bpjs Kesehatan memberikan kemudahan kepada peserta nya dengan mengeluarkan sebuah aplikasi yang bernama mobile jkn.

Banyak hal yang bisa di lakukan oleh peserta Bpjs kesehatan dengan aplikasi mobile jkn ini, diantaranya naik kelas Bpjs Kesehatan online, turun kelas Bpjs Kesehatan online, pindah faskes pertama Bpjs Kesehatan online, cek iuran tagihan / tunggakan Bpjs Kesehatan online, dan lain sebagainya.

Sebelum kita membahas bagaimana cara naik kelas Bpjs Kesehatan online perlu diketahui naik kelas ataupun turun kelas Bpjs Kesehatan online hanya bisa dilakukan untuk jenis kepesertaaan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang biasa di sebut Bpjs mandiri.

Selain itu sesuai Perpres No. 82 Tahun 2018 syarat utama untuk melakukan perubahan kelas masa kepesertaaan di Bpjs Kesehatan harus sudah melebihi satu tahun, atau bisa di lakukan satu tahun sekali dan tentunya tidak memiliki tunggakan iuran.

Perlu di ketahui iuran Bpjs kesehatan untuk segmen PBPU / Bpjs mandiri semenjak 1 April 2020 turun kembali ke iuran semula yang merujuk pada Perpres 82/2018 tentang Jaminan Kesehatan yaitu sebesar
  • Kelas 1 sebesar Rp 80.000
  • Kelas 2 sebesar Rp 51.000
  • Kelas 3 sebesar Rp 25.500

Cara Naik Kelas Bpjs Kesehatan Online 2020 Dengan Aplikasi Mobile Jkn

Pertama untuk memulainya ada beberapa persyaratan yang perlu di persiapkan antara lain
  1. Kartu Bpjs Kesehatan
  2. KTP 
  3. alamat email
  4. No Handphone yang valid 
1. Instal Aplikasi Mobile Jkn

Langkah pertama Cara Naik Kelas Bpjs Kesehatan online adalah dengan menginstal aplikasi Mobile jkn yang bisa kita download di playstore.

2. Melakukan aktivasi Akun

Langkah ke dua ialah dengan melakukan aktivasi akun bagi yang belum pernah mendaftar di Aplikasi mobile jkn (jika sebelumnya sudah pernah mendaftar di Aplikasi mobile jkn silahkan langsung ke langkah ke 3), dengan cara Buka Aplikasi mobile jkn yang tadi sudah di download tadi kemudian Kilik Daftar  kemuadian klik Aktivasi Akun, kemudian anda akan di bawa kel laman Register, isi sesuai data kepesertaaan Bpjs Kesehatan kalian dengan benar seperti:
  • No kartu Bpjs Kesehatan
  • No KTP / NIK
  • Nama Ibu Kandung
  • Password 
  • No Handphone
  • Alamat email
Setelah semua berhasil diisi kode verifikasi akan di kirim ke alamat email, isilah kode verifikasi tadi sesuai yang di kirim dari Bpjs Kesehatan kemudian kilik Register. (Perhatikan gambar di bawah ini)




3. Login Aplikasi Mobile Jkn

Langkah berikutnya ialah login ke aplikasi mobile jkn dengan Username/ email/ No handphone (Pilih salah satu) dan password yang sudah di buat tadi saat registrasi, isi juga kode captcha nya kemudian klik login. (Lihat gambar dibawah ini)

4. Melakukan Naik kelas Bpjs Kesehatan Online

Setelah berhasil login kita akan di bawa ke laman utama Aplikasi Mobile Jkn kemudian masuk menu Ubah data peserta dan silahkan lakukan perubahan kelas yang anda inginkan. (Lihat gambar)

Kode validasi akan di kirim ke email yang tadi di daftarkan kan, isi sesuai kode validasi yang di tadi masuk ke email.

Perubahan kelas ini untuk semua anggota keluarga yang terdaftar di Bpjs Kesehatan yang tentunya dalam satu kartu keluarga, karena mengingat perubahan kelas mempengaruhi pembayaran iuran Bpjs Kesehatan.

Bagaimana Mencetak kartunya setelah melakukan Naik kelas Bpjs Kesehatan online?

Setelah Berhasil melakukan Naik kelas Bpjs Kesehatan secara online maka kalian perlu mencetak kartunya  caranya dengan mengirim kartu Bpjs Kesehatan berupa Elektronik-id dengan format pdf ke email caranya dengan mengklik tombol panah amplop, lakukan untuk semua anggota keluarga. (Lihat gambar)


Kartu akan di kirim ke email, setelah masuk ke email selanjutnya mendownload Kartu E id Bpjs Kesehatan dan cetak lah file pdf tersebut.

Bagaimana dengan Cara Turun Kelas Bpjs Kesehatan secara online?

Melakukan turun kelas Bpjs Kesehatan online pun caranya sama saja seperti cara di atas dan syarat nya pun sama yaitu masa kepesertaaan di Bpjs Kesehatan sudah satu tahun dan tidak memiliki tunggakan iuran Bpjs kesehatan.

Kapan Aktifnya di kelas baru di pindahkan tadi?

Aktif di kelas yang baru di pindahkan tadi ialah di awal bulan berikutnya di setiap tanggal 1 nya. Contoh jika anda melakukan perubahan kelas pada tanggal 10 januari maka anda baru bisa membayar iuran kelas yang baru pada tanggal 1 Februari.

Apa ada cara lain selain dengan Aplikasi Mobile Jkn?

Sebenarnya ada cara lain yaitu dengan menghubungi call center Bpjs kesehatan di 1500400, tapi saya tidak merekomendasikan cara ini, karena menelpon callcenter Bpjs Kesehatan memerlukan biaya yaitu pulsa di tambah lagi terkadang susah sekali terhubungnya.

Apakah Bisa Dari kelas 3 Langsung ke kelas 1?

Bisa saja, melakukan naik kelas bisa langsung dari kelas 3 kelas 2 atau langsung ke kelas 1, begitupun sebaliknya untuk turun kelas bisa langsung dari kelas 1 ke kelas 3.

Demikian lah Cara Naik Kelas Bpjs Kesehatan Online 2020 Dengan Aplikasi Mobile Jkn, mudah mudahan dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Naik Kelas Bpjs Kesehatan Online 2020 Dengan Aplikasi Mobile Jkn"