Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mutasi Bpjs Kesehatan Perusahaan (BPJS PPU) ke Bpjs Mandiri (PBPU), Setelah Resign

2 Cara Mutasi Bpjs Kesehatan Perusahaan (BPJS PPU) ke Bpjs Mandiri (PBPU), Setelah Resign
2 Cara Mutasi Bpjs Kesehatan Perusahaan (BPJS PPU) ke Bpjs Mandiri (PBPU), Setelah Resign
Pekerja atau karyawan yang sudah resign otomatis Bpjs Kesehatan nya akan di nonatifkan, artinya sudah tidak bisa lagi menggunakan Bpjs Kesehatan untuk berobat.

Karyawan yang sudah resign dari tempat kerjanya di sarankan untuk segera mengurus Bpjs Kesehatan, jika tidak bekerja kembali sebaiknya segera di mutasikan status kepesertaaan Bpjs Kesehatan ke segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa di sebut Bpjs mandiri dengan membayar iuran sendiri.

Apabila peserta Bpjs kesehatan perusahaan (PPU) setelah resign kemudian melewati satu bulan baru memutasi kan Bpjs nya ke Bpjs mandiri maka akan ada masa tunggu selama 14 hari, seperti mendaftar baru peserta Bpjs mandiri.

Oleh karenanya, begitu pekerja resign disarankan untuk segera memutasi kan kepesertaaan nya ke segmen Bpjs mandiri (PBPU) sebelum satu bulan setelah resign agar Bpjs Kesehatan nya bisa langsung aktif, karena kita tidak tahu kapan datangnya sakit.

2 Cara Mutasi Bpjs Kesehatan Perusahaan (BPJS PPU) ke Bpjs Mandiri (PBPU), Setelah Resign

Sebelum membahas cara mutasi Bpjs Kesehatan perusahaan ke Bpjs mandiri, siapkan terlebih dahulu persyaratan nya atau dokumen dokumen nya sebagai berikut:
  1. Kartu Bpjs Kesehatan perusahaan seluruh anggota keluarga terdaftar
  2. Kartu keluarga
  3. KTP
  4. Vaklaring / surat keterangan berhenti bekerja
  5. Rek bank (Mandiri / BNI /BTN)
1. Kantor Bpjs kesehatan

Cara yang pertama ialah dengan mendatangi kantor Bpjs kesehatan di daerah masing masing, dengan membawa persyaratan persyaratan di atas, jangan lupa selain dokumen aslinya foto copy juga dokumennya.

Disarankan datang ke kantor Bpjs kesehatan lebih pagi agar menghindari antrean panjang. Berdasarkan pengalaman saya prosesnya mudah dan cepat.

Setelah sampai di kantor Bpjs kesehatan temui tempat pendaftaran atau tempat ambil antrean, kemudian akan di berikan formulir, isilah formulir tersebut sesuai dengan data diri.

2. Menelpon Callcenter Bpjs Kesehatan

Cara kedua ini lebih mudah, dengan menelpon Call Center Bpjs Kesehatan di Nomor 1500400, kemudian langsung berbicara dengan customer servis.

Meski terbilang cukup mudah dan tidak repot, tapi harus memerlukan kesabaran, karena akan susah terhubung. menelponlah pada jam kerja, dan hari kerja.

Banyak juga pertanyaan, apakah Bisa mutasi Bpjs Kesehatan perusahaan ke Bpjs mandiri dengan cara online?. Meski Bpjs Kesehatan sudah mempunyai aplikasi sendiri yang bernama Mobile jkn, untuk merubah Bpjs Kesehatan perusahaan ke Bpjs mandiri belum bisa di lakukan dengan cara online. 

Iuran Bpjs kesehatan Mandiri (PBPU) terbaru

Pada bulan mei 2020 lalu, Pemerintah mengeluarkan aturan baru terkait kenaikan iuran Bpjs mandiri lewat Perpres No 64 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Perpres No 82 tahun 2018 tentang jaminan kesehatan, kurang lebihnya sebagai berikut:

* Januari, Pebruari, Maret 2020
  1. Kelas 1 = Rp 160000
  2. Kelas 2 = Rp 110000
  3. Kelas 3 = Rp 42000
* April. Mei. Juni 2020
  1. Kelas 1 = Rp 80000
  2. Kelas 2 = Rp 51000
  3. Kelas 3 = Rp 25500
* Juli s/d Desember 2020
  1. Kelas 1 = Rp 150000
  2. Kelas 2 = Rp 100000
  3. Kelas 3 = Rp 42000 dengan ketentuan Rp 25500 dibayar peserta dan Rp 16500 di bayar pemerintah pusat dan pemerintah daerah
* Januari 2021 dan seterusnya  
  1. Kelas 1 = Rp 150000
  2. Kelas 2 = Rp 100000
  3. Kelas 3 = Rp 42000 dengan ketentuan Rp 35000 dibayar peserta dan Rp 7000 dibayar oleh pemerintah pusat
Bagaiman Jika Bekerja Kembali ?

Apabila pekerja telah resign dan bekerja kembali maka Bpjs Kesehatan nya di mutasikan Bpjs Kesehatan ppu di perusahaan yang baru.

Proses peralihan nya atau pendaftaran nya di lakukan oleh HRD di tempat kerja yang baru, selengkapnya bisa di baca pada artikel Mutasi Bpjs kesehatan dari Perusahaan Lama ke Perusahaan baru.

Tidak Bekerja Kembali Dan tidak mampu membayar Iuran Bpjs Mandiri

Pekerja yang telah resign atau ter PHK jika tidak bekerja kembali dan tidak mampu bayar iuran Bpjs mandiri karena tergelong tidak mampu atau warga miskin bisa di daftarkan menjadi peserta Bpjs kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya di bayarkan pemerintah.

Baca juga : Cara pendaftaran KIS PBI untuk warga tidak mampu

Caranya ialah dengan mengajukan ke dinas sosial di daerah masing masing, karena ini proses pengajuan, nanti pihak dinas sosial lah yang menilai apakah berhak atau tidak didaftarkan menjadi Peserta Bpjs Kesehatan PBI.

Demikian lah penjelasan singkat tentang 2 Cara Mutasi Bpjs Kesehatan Perusahaan (BPJS PPU) ke Bpjs Mandiri (PBPU), Setelah Resign, semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mutasi Bpjs Kesehatan Perusahaan (BPJS PPU) ke Bpjs Mandiri (PBPU), Setelah Resign"