Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Orang Tua Bijak Tahu Cara Mendidik Anak balita Agar Disiplin

Orang Tua Bijak Tahu Cara Mendidik Anak balita Agar Disiplin
Orang Tua Bijak Tahu Cara Mendidik Anak balita Agar Disiplin
Setiap orang tua pasti ingin melihat anaknya nanti sukses. Dan kesuksesan itu diawali dari hal yang sedehana, yaitu disiplin. Untuk itu, penting sekali bagi orang tua untuk tahu bagaimana cara mendidik anak balita agar disiplin. Karena dengan inilah anak akan terbiasa untuk melakukan kegiatan secara disiplin sejak dini.


Mungkin Anda merasa sepertinya ini tidak perlu dilakukan. Toh anak masih kecil. Anda menganggap tidak perlu anak dikekang dengan aturan-aturan. 

Anggapan tersebut salah besar. Karena mendidik anak kecil agar disiplin itu tidak berarti mengekakang. Jika Anda berpikir bahwa mendisiplinkan anak itu mengekang, Anda harus belajar tips mendidik anak balita agar disiplin yang sebenarnya. 

Mengapa Balita Harus Dididik Disiplin 

Ada banyak sekali orang tua yang bertanya kenapa kedisiplinan harus diajarkan sejak balita. Jawabannya sangat sederhana. Karena di saat balita, saat itulah yang disebut dengan golden age atau golden period. Itulah saat di mana daya ingat anak sangat baik.

Lalu, apa hubungannya dengan kedisiplinan? Tentu saja ada. Dengan menerapkan cara mendidik anak balita agar disiplin, otak akan merekam hal-hal sepele yang baik yang ia lakukan secara disiplin sejak dini. Dengan demikian, ia akan terbiasa melakukan hal secara disiplin.

Ketika dewasa nanti, anak tidak lagi merasa terbebani dengan menjalankan hidup dengan disiplin

Problem sekarang adalah banyak anak yang sudah sekolah yang tidak bisa diatur. Anak susah sekali diajak untuk belajar. Namun, ketika main, ia sangat semangat.

Hal tersebut disebabkan anak tidak diajari kedisplinan. Maka dari itu, sejak dini, anak seharusnya diajari untuk melakukan kegiatan secara disiplin.

Pada intinya, mendidik kedisiplinan merupakan latihan awal agar anak terbiasa hidup disiplin ketika dewasa nanti. Jadi, sudah tahu kan mengapa oarng tua harus tahu cara mendidik anak balita agar disiplin?

4 Cara Efektif Mendidik Anak Balita Agar Disiplin 

Satu hal yang harus diingat. Mengajarkan disiplin pada anak bukan berarti mengekang. Kedisiplinan harus diajarkan dengan cara yang lembut. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa orang tua terapkan.

1. Buat Jadwal

Orang tua harus membuat jadwal untuk sang buah hati. Buatlah jadwal mulai dari jam berapa anak harus sarapan, makan siang, dan makan malam. Kegiatan ini harus dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Ketika balita sudah berusia di atas 3 tahun, mulailah dengan memberikan jadwal lainnya. Misalnya saja atur jadwal kapan anak harus bangun tidur, mandi, bermain, tidur siang, dan juga tidur malam.

Dengan cara ini, balita tidak secara langsung diajari tentang pentingnya disiplin melainkan anak akan mengerti pola hidup yang sesuai dengan jadwal.

2. Belajar mengatasi rengekan

Semakin dewasa, balita akan semakin susah diatur untuk bisa hidup displin. Misalkan saja ketika sudah datang waktu tidur siang, anak tidak mau tidur siang. Ini biasanya terjadi ketika balita sudah menginjak usia 4 tahun.

Apa yang harus orang tua lakukan? Cobalah untuk mengatasi rengekan tersebut. Jangan paksa anak untuk tetap harus tidur siang karena itu bisa menyebabkan trauma. Atasi rengekan anak dengan cara apapun, misalnya mengajak bermain di atas tempat tidur agar anak lelah dan akhirnya tidur.

3. Pamahami jalan pikiran sang buah hati 

Semakin dewasa, pola kegiatan anak berbeda. Ada kemungkinan juga orang tua harus merubah jadwal. Untuk itu, orang tua harus merubah jadwal anak sesuai dengan jalan pikiran anak. 

4. Berikan Respon secepat mungkin 

Untuk memastikan anak disiplin, maka orang tua harus memberikan respon secara cepat jika ada hal yang memang memerlukan respon cepat. Contohnya saja ketika anak sudah selesai bermain dan langsung masuk ke dalam kamar tidur. Berikan teguran. Ingatkan anak untuk langsung membereskan mainan ketika orang tua sudah terbiasa meminta anak membereskan mainan setelah selesain bermain. Jangan tunda anak membereskan mainan di esok hari.


Itulah cara mendidik anak balita agar disiplin yang bisa orang tua terapkan. Kuncinya ada pada konsistensi. Orang tua harus konsisten menerapkan tips mendidik anak balita agar disiplin. Itu artinya segera perhatian harus dicurahkan kepada sang buah hati.

Posting Komentar untuk "Orang Tua Bijak Tahu Cara Mendidik Anak balita Agar Disiplin"