Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Penggunaan Smartphone Pada Anak Balita, Orang Tua Harus Batasi Sebelum Terlambat

Bahaya Penggunaan Smartphone Pada Anak Balita, Orang Tua Harus Batasi Sebelum Terlambat
Bahaya Penggunaan Smartphone Pada Anak Balita
Penggunaan smartphone sekarang semakin meningkat, dari orang tua, remaja bahkan anak anak dan juga balita, memang banyak hal positif yang di dapat dari penggunaan smartphone, tapi banyak juga hal yang negatif dan bahaya jika terlalu sering apalagi pada balita.

Kebiasaan buruk orang tua yang memberikan smartphone pada balita dapat membahayakan kesehatannya, banyak dampak buruk dari penggunaan smartphone pada balita.

Bahkan organisasi kesehatan dunia yaitu WHO seperti yang dikutip dari liputan6.com (7/4/2020) dengan tegas melarang balita melihat layar televisi dan smartphone, selain itu WHO juga menganjurkan para orang tua agar membantu anak anaknya lebih aktif dan istirahat / tidur yang cukup.

Apa Bahayanya penggunaan Smartphone pada Balita ?

Menurunkan Penglihatan Mata

Jika terlalu sering anak melihat layar smartphone dapat menurunkan Penglihatannya bahkan bisa merusak matanya dengan resiko terburuk adalah kebutaan.

Menurut beberapa penelitian anak yang kecanduan bermain smartphone banyak yang mengalami gangguan pada mata mereka.

Mata anak akan kelelahan jika terus menerus menatap layar smartphone, kemudian pandangan lama lama akan menjadi buram, menurut data di India Usia 25 - 35 tahun saja, dampak penggunaan layar komputer pada pekerja yang biasa melihat layar, fungsi matanya menurun, hal tersebut selalu meningkat dari tahun ketahun.

Hal itu juga terjadi pada balita dan anak anak, sebagai orang tua, kita harus memperhatikan dan membatasi penggunaan smartphone pada anak anak.

Dapat Menyebabkan Obesitas

Percaya atau tidak, menurut data dari sumber yang terpercaya 1 dari 3 anak di Amerika mengalami obesitas karena terlalu sering bermain smartphone, obesitas sangat berbahaya bagi anak karena dapat menyebabkan kan penyakit lain seperti serangan jantung, stroke, bahkan diabetes.

Menurunnya perkembangan Otak

Baru baru ini hasil studi mengatakan anak yang sering bermain smartphone dapat mempengaruhi fungsi otak, dan tidak peduli dengan lingkungan disekitarnya, jangan sampai anak balita mengalami penurunan fungsi otak, karena usia anak di bawah umur 5 tahun sedang pesat pesatnya perkembangan otaknya.

Tumbuh Kembang nya Menjadi Lambat

Berikut nya bahaya penggunaan smartphone pada anak balita dapat mengganggu tumbuh kembang anak, karena dengan terlalu sering bermain smartphone bahkan sampai kecanduan menjadikan anak tidak aktif karena membatasi gerak fisik anak.

Tidak Peduli Lingkungan Sekitar

Sekarang banyak anak anak yang lebih memilih bermain game di smartphone dari pada bermain dengan teman temannya diluar, padahal bermain dengan teman temannya dapat menyehatkan secara fisik tentunya.

Hal ini menyebabkan anak kurang peduli dengan lingkungan sekitar, oleh karenanya sebagai orang tua kita harus benar benar mengawasi penggunaan smartphone pada anak dan balita.

Tempramental

Kecanduan bermain Smartphone dapat membuat anak gampang marah, paparan smartphone yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan tantrum pada anak, teruatama pada anak balita.

Bahaya Radiasi

Menurut penelitian dari Universitas Manchester, dan Institut of cancer di Inggris mengatakan tulang tengkorak anak yang masih tipis dan juga saraf anak yang masih berkembang sangat rentan dengan radisi smartphone. Di kawatirkan penggunaan smartphone dapat merusak sel otak anak, apalagi menggunakan nya di dekat kepala anak dan balita.

Bahaya Terpapar Konten Negatif

Pentingnya mengawasi anak dari penggunaan smartphone, seperti kita ketahui banyak Konten Negatif untuk anak di internet, seperti konten kekerasan, pornografi dan konten negatif lainya. Jangan biarkan anak anda terpapar konten negatif tersebut.

Dampak serius akan terlihat jika Orang tua membiarkan anak anaknya menggunakan smartphone dan gadget lainnya terlalu lama, yang berdampak pada kesehatan fisik maupun mental

Mulai sekarang sebagai orang tua kita harus membatasi anak balita kita dalam penggunaan smartphone mengingat bahaya dan dampak negatifnya, jangan sampai kita menyesal dikemudian hari.

Posting Komentar untuk "Bahaya Penggunaan Smartphone Pada Anak Balita, Orang Tua Harus Batasi Sebelum Terlambat"