Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk dan Beratnya Naik

Begini Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk dan Beratnya Naik
Begini Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk dan Beratnya Naik
Ibu mana yang tidak ingin bayi nya sehat dan berat badannya cukup sesuai dengan umur bayi, maka kali ini saya akan mencoba membagikan tips cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk dan naik berat badannya.

Keterkaitan dengan berat badan bayi yang sesuai, asuapan makanan pada bayi adalah hal yang terpenting, setiap ibu juga pasti mengetahuinya asupan terbaik untuk bayi baru lahir adalah ASI, nah.. yang jadi masalah adalah terkadang tidak semua ibu memiliki ASI yang banyak dan berkualitas.


Berikut 5 Cara untuk membuat ASI berkualitas
  • Pastikan ibu dalam menyusui memakan makanan sehat, yaitu dengan mengkonsumsi 500 kalori lebih banyak, karena selama menyusui ibu membutuhkan energi yang lebih banyak
  • Agar ASI lebih bergizi, ibu disarankan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, seperti kacang kacangan, telur,dan susu pendamping, selain itu juga disarankan banyak mengkonsumsi buah dan sayur sayuran
  • Selain makan makanan, Air putih juga penting untuk ibu yang sedang menyusui, minumlah air putih secukupnya agar ibu tidak dehidrasi, bahkan setelah menyusui
  • Batasi asupan kafein, bukan di larang meminum minuman yang mengandung kafein, tapi ibu disarankan mengurangi nya, karena kafein dapat mempengaruhi tidur bayi
  • Hal terakhir yang sangat penting bagi ibu yang sedang menyusui ialah jangan meminum alkohol, karena alkohol sangat mempengaruhi kesehatan bayi.
Selama masa 6 bulan pertama, disaat bayi belum mendapatkan makanan pendamping selain ASI, maka asupan makanan pada ibu sangat lah penting, dan berpengaruh pada kesehatan dan juga berat badan bayi.

Setelah ibu mengatahui bagaimana cara membuat ASI berkualitas berikut adalah tips bagaimana cara memberi ASI pada bayi baru lahir agar cepat gemuk atau beratnya naik.
  1. Menyusui bayi secara langsung dan sesuai jadwal ketika bayi lapar
  2. Pentingnya berkonsultasi kepada para ahli, misalnya ahli laktasi jika ibu kesulitan menyusui bayi
  3. Terkadang ada bayi yang masih bingung minum ASI secara langsung, ibu bisa memompanya dan menaruhnya di botol, pastikan kebersihan botol tempat menaruh ASI.
  4. Biasanya bayi akan menangis karena lapar, maka segerakan menyusui bayi yang lapar.
  5. Jika ibu mengalami inspeksi pada puting payudara (mastitis) maka segera lah obati.

Jika bayi tidak mau minum ASI, atau ada masalah dengan ibu, maka bisa di ganti dengan susu formula, tetapi sebaiknya konsultasikan ke dokter, agar mengetahui susu formula jenis apa yang cocok untuk bayi anda.

Selain asupan pada bayi hal yang terpenting bagaimana cara agar bayi baru lahir cepat gemuk dan naik berat badan ialah dengan cara membuat tidur bayi berkualitas.

Biasanya aktivas bayi baru lahir ialah hanya makan dan tidur, maka pola tidur bayi yang berkualitas sangat lah penting, pastikan bayi tidur dengan nyaman, mulai dari posisi tidurnya sampai tempat tidurnya.

Selain dari asupan makanan dan pola tidur bayi, masih banyak cara agar bayi baru lahir cepat gemuk dan naik berat badannya, misalnya jangan biarkan bayi menangis terlalu lama, dan ibu juga harus memperhatikan kulit bayi, agar bayi terus merasa nyaman.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk dan Beratnya Naik"