Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Memperbaiki Data Bpjs Kesehatan Dengan Cara Online?

Apakah Bisa Merubah Data Bpjs Kesehatan Dengan Cara Online?
Apakah Bisa Merubah Data Bpjs Kesehatan Dengan Cara Online?
Bagaimana Cara Memperbaiki Data Bpjs Kesehatan Dengan Cara Online? - Banyak pertanyaan masuk yang menanyakan tentang bagaimana cara memperbaiki data Bpjs kesehatan dengan cara online, baik merubah data Nik KTP, tanggal lahir, alamat, faskes 1 , bahkan turun kelas rawat untuk Bpjs Kesehatan segmen PBPU atau Bpjs mandiri.

Perlu di ketahui  jika ada kesalahan pada data Bpjs Kesehatan sebaiknya harus segera di perbaiki karena itu dapat menghambat anda saat akan digunakan untuk berobat dengan jaminan Bpjs Kesehatan.

Kesalahan data biasanya terjadi pada NIK KTP dan tanggal lahir, kemungkinan akibat salah input pada saat daftar Bpjs Kesehatan atau memang data pelengkap anda selain KTP yaitu Kartu Keluarga tidak sesuai.

Kalau kesalahan terjadi karena Kartu keluarga anda tidak sesuai dengan KTP, misalnya tanggal lahir di KTP tidak sesuai di Kartu Keluarga dan di kartu Bpjs Kesehatan anda salah juga karena mengikuti data Kartu Keluarga, maka anda harus memperbaiki data kependudukan anda terlebih dahulu, tempat memperbaiki nya ialah silahkan anda datang ke kantor Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) atau bisa juga di coba dengan cara kirim pesan via WhatsApp atau email. Lihat Caranya pada Artikel Mau daftar Bpjs kesehatan tetapi NIK tidak di temukan / belum online.

Bagaimana Cara Memperbaiki Data Bpjs Kesehatan Dengan Cara Online?

Memperbaiki atau merubah Bpjs Kesehatan secara online bisa di lakukan dengan aplikasi mobile jkn, akan tetapi hanya untuk merubah faskes tingkat pertama dan melakukan perubahan kelas rawat inap dan juga merubah alamat surat menyurat atau domisili.

Sedangkan untuk memperbaiki data seperti merubah NIK KTP dan tanggal lahir peserta harus datang sendiri ke kantor Bpjs Kesehatan, karena sampai saat ini perubahan tersebut tidak bisa di lakukan dengan cara online, kecuali Bpjs Kesehatan perusahaan / PPU, yang bisa di lakukan oleh HRD di perusahaan tempatnya terdaftar.

Untuk merubah data NIK, Tanggal lahir maupun alamat pada kartu Bpjs Kesehatan untuk menyesuaikan dengan KTP maupun kartu keluarga dengan cara mendatangi kantor Bpjs kesehatan dan dokumen yang harus di bawa ialah :
  1. Foto copy KTP
  2. Asli KTP (Untuk yang datang ke kantor Bpjs Kesehatan)
  3. Foto copy Kartu Keluarga
  4. Kartu Bpjs Kesehatan (Asli)
Dokumen - dokumen tersebut harus di bawa, jika lupa di bawa kemungkinan anda akan di tolak.

Sebagai catatan untuk pengurusan di kantor Bpjs Kesehatan tidak bisa di wakili oleh orang lain kecuali orang yang masih dalam satu kartu keluarga atau punya hubungan keluarga yang bisa di buktikan 

Contohnya  jika anda sibuk dan tidak bisa datang maka bisa di wakili pengurusan ke kantor Bpjs Kesehatan bisa dengan anak anda, atau istri/suami anda yang masih dalam satu Kartu keluarga, atau dengan saudara misal adik anda, dengan cara adik anda membawa kartu keluarganya dan KTP Aslinya, biasanya di cocokan nama ibu kandungnya.

Saya sarankan jika mengurus ke kantor Bpjs Kesehatan datanglah lebih pagi, untuk menghindari antrean.

Apakah Bisa Langsung Aktif

Berdasarkan pengalaman saya ketika saya merubah tanggal lahir pada Kartu bpjs kesehatan saya yang tidak sesuai dengan KTP, setelah proses di kantor Bpjs kesehatan, kartunya pun langsung jadi dan sudah bisa langsung aktif, proses nya pun mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Bagaimana Untuk Bpjs Kesehatan Segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) atau Bpjs perusahaan?

Bpjs Kesehatan PPU ialah Bpjs Kesehatan untuk pekerja swasta, pegawai negeri termasuk TNI Polri yang iurannya di bayarkan oleh pekerja dan pemberi kerja.

Saya sendiri Bpjs Kesehatan yang saya miliki adalah jenis PPU, karena saya pekerja di perusahaan swasta, dan setiap pengurusan perubahan data di lakukan oleh HRD di perusahaan saya, baik itu perubahan data, penambahan peserta, perubahan alamat.

Jadi untuk jenis kepesertaaan PPU seperti saya tidak perlu repot repot datang ke kantor Bpjs kesehatan, karena sudah ada bagian yg mengurusi hal tersebut, akan tetapi saya tidak tahu bagaiamana PPU yang pegawai negeri.

Kesimpulan nya

Dapat disimpulkan jika perubahan datanya untuk merubah faskes tk 1, merubah kelas, bisa di lakukan dengan cara online, tetapi jika merubah data seperti NIK KTP, tanggal lahir maka peserta harus datang ke kantor Bpjs kesehatan.

Kecuali untuk Bpjs Kesehatan perusahaan yang bisa di lakukan ke bagian HRD di tempatnya bekerja.

Perubahan data baru bisa di lakukan jika data di KTP dan Kartu keluarga sudah benar, apabila masalahnya ada di data kependudukan nya, maka data kependudukan nya terlebih dahulu yang perlu di perbaiki.

Demikian lah penjelasan singkat tentang Bagaimana Cara Memperbaiki Data Bpjs Kesehatan Dengan Cara Online?, mudah mudahan dapat bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan di kolom komentar.

7 komentar untuk "Bagaimana Cara Memperbaiki Data Bpjs Kesehatan Dengan Cara Online?"

  1. Kartu kis tgl lahir saya tidak sesusi ktp

    BalasHapus
  2. Nik sm tgl lahir saya d bpjs ya laen sm d katp

    BalasHapus
  3. Cara memperbaiki NIK bpjs yang salah dengan cara online

    BalasHapus
  4. Kk dah bnr ktp dah bnr di kartu kis yg salah

    BalasHapus
  5. Apakah ada biaya tertentu yang terkait dengan perubahan data di BPJS Kesehatan? Visit Us Telkom University

    BalasHapus