Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alami dan Aman! 7 Cara Memperlancar ASI Setelah Melahirkan

Cara Memperlancar ASI Setelah Melahirkan, Tips Alami dan Aman
Cara Memperlancar ASI Setelah Melahirkan, Tips Alami dan Aman 
Banyak ibu mengeluh tentang ASI yang tidak lancar setelah melahirkan, kemudian memilih susu formula untuk bayinya yang baru lahir, padahal bayi baru lahir makanan utamanya adalah ASI, sebelum ibu mencoba memberikan bayinya susu formula, tidak ada salahnya mencoba beberapa tips memperlancar ASI melahirkan berikut ini.

Pada 6 bulan pertama ASI harus di berikan secara eksklusif, tentunya agar manfaat ASI dapat di rasakan dalam jangka panjang.

Dengan memberikan bayi ASI pada 6 bulan pertama akan dapat mengurangi resiko alergi pada bayi dan dapat menjaga daya tahan tubuh, karena seperti di ketahui ASI memiliki zat anti body.

Berikut beberapa tips alami memperlancar ASI setelah melahirkan

1. Makan makanan yang bergizi
Asupan makanan ibu menyusui sangat berpengaruh terhadap kelancaran ASI, bahkan juga mempengaruhi kualitas ASI, setidaknya ibu menyusui memerlukan 300 sampai 500 kalori perharinya, tidak menghususkan makanan apapun, yang penting makanan sehat.

2. Minum air mineral yang cukup
Agar Ibu dapat memproduksi ASI secara teratur, disarankan dengan rutin mengkonsumsi air mineral yang cukup, minum air mineral yang cukup juga dapat mencegah dehidrasi pada ibu

3. Tidur Cukup
Memang terkesan sulit untuk ibu yang punya bayi untuk tidur yang cukup, terkadang malam hari pun sering begadang karena bayi sering menangis, tapi ibu harus usakan agar tidurnya cukup, seperti di saat bayi sedang tidur ibu pun harus segera tidur.

4. Jangan Stres
Butuh tenaga ekstra bagi seorang ibu saat memiliki bayi, ditambah lagi dengan mengurus pekerjaan rumah tangga, maka usahakan ibu harus menstabilkan emosinya, ibu jangan sampai stres karena jika stres dapat mengguncang hormon, minta lah bantuan orang lain seperti suami atau keluarga untuk mengurangi kerjaan rumah.

5. Memijat payudara
Pijatan payudara yang benar dapat meningkatkan produksi ASI, di kutip dari merdeka.com (28/03/2020) , melakukan pijatan di mulai dari pangkal payudara, tekan dinding payudara dengan dua jari yaitu jari telujuk dan jari tengah.

Kemudian lakukan gerakan melingkar pada payudara kurang lebih selama 30 dtk, putari payudara hingga puting seperti bentuk dari obat nyamuk bakar, ingat.. cara melakukannya dari pangkal menuju puting, jangan sebaliknya.

6. Minum suplemen penambah ASI
Jika anda memproduksi ASI sedikit, tidak ada salahnya mencoba suplemen penambah ASI, akan tetapi sebelum meminum suplemen penambah ASI, sebaiknya di konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau bidan.

7. Jangan lakukan Gaya hidup sehat
Buang kebiasaan buruk anda tentang gaya hidup tidak sehat, karena itu sangat mempengaruhi ASI anda nantinya.

Posting Komentar untuk "Alami dan Aman! 7 Cara Memperlancar ASI Setelah Melahirkan"