Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaya Hidup dan Pola Pikir Masyarakat di Tengah Kemajuan Teknologi

Gaya Hidup dan Pola Pikir Masyarakat Modern di Tengah Kemajuan Teknologi
Gaya Hidup dan Pola Pikir Masyarakat Modern di Tengah Kemajuan Teknologi
Gaya Hidup dan Pola Pikir Masyarakat Di Tengah Kemajuan Teknologi - Globalisasi merupakan pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat yang serba instan ini. Mulai dari cara berpakaian, cara bergaul, hingga cara pandang  masing-masing individu. Semuanya terasa mudah dan bebas tanpa campur tangan dari orang lain.

Berbeda memang dari zaman dahulu yang semuanya mungkin serba diatur oleh nilai social budaya. Nilai social budaya disini bukan dalam hal aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Namun lebih ke pandangan masyarakat itu sendiri.

Jadi cara pandang masyarakat itulah yang menciptakan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja dengan bantuan perkembangan teknologi. Lantas, masyarakat dunia kini dapat mengubah nilai-nilai social budaya yang bagi mereka mungkin merugikan.

Pola Pikir Masyarakat Modern

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi, pola pikir masyarakat mulai berubah. Yang sebelumnya memiliki pola pikir tertutup, sekarang mulai terbuka dengan adanya informasi-informasi yang sangat luas dengan bantuan teknologi.

Jika sebelumnya seseorang mengalami kesulitan untuk mendapatkan hal yang diinginkan, sekarang semua menjadi serba mudah. Entah itu memesan makanan, menjual dan membeli baju dan barang lainnya, semuanya serba instan.
Inilah yang merupakan perkembangan hidup yang dipengaruhi globalisasi. Karena pengaruh inilah muncul kebiasaan-kebiasaan kehidupan masyarakat yang serba instan.   

Kita lihat di sekeliling kita. Mayoritas masyarakat lebih menyukai apa-apa yang serba instan. Contohnya saja hal kecil yang sering kita temui, banyaknya produksi makanan dan minuman instan, mulai dari mie hingga minuman pemanis. Semuanya dapat kita konsumsi hanya dalam hitungan menit.

Tidak hanya itu saja, ketika kita ingin memulai sebuah hal yang baru, rasanya kita ingin cepat menikmati hasil dari sesuatu yang baru kita mulai. Padahal kita sadar bahwa itu tidak mungkin terjadi tanpa suatu proses dan tahapan-tahapan yang panjang yang perlu kita lalui untuk menikmati hasilnya.

Contoh Keseimbangan Budaya Dengan Kemodernan

Pola piker masyarakat modern di atas ini sangat berbeda dengan yang diterapkan di Jepang. Meski dunia telah mengalami perkembangan zaman yang pesat bersama kemajuan teknologi, mereka justru tetap menjaga budaya mereka. Mereka pun sadar bahwa apa yang mereka lakukan membutuhkan proses untuk menuai hasil untuk mereka nikmati.

Tak heran jika masyarakat Jepang terkenal dengan sikapnya yang workaholic. Mereka benar-benar berusaha dan fokus terhadap apa yang mereka inginkan.

Hal ini tidak lepas dengan tiga pilar hidup orang jepang yaitu wa (harmoni), Kao (reputasi), dan  Omoiyari (loyalitas).

Nilai budaya lainnya yaitu kesopanan mereka terhadap orang yang lebih tua dan teman-teman mereka dari cara mereka berbicara dan bersikap. Kemudian, mencintai dan bangga akan bahasa mereka sendiri, sehingga tidak banyak orang Jepang yang dapat berbahasa asing.

Menjaga kelestarian budaya lain seperti pakaian tradisional mereka melalui perayaan festival-festival yang digelar beberapa kali dalam setahun. Kebanyakan akan menggunakan yukatta dan kimono bagi anak-anak muda yang mengunjungi festival.

Mereka memiliki kesadaran dan kepedulian yang sangat tinggi terhadap lingkungan di sekelilling mereka. Hal kecil yang terkadang tidak dihiraukan bagi masyarakat Indonesia seperti membuang sampah pada tempatnya. Mereka pun sedari kecil sudah menanamkan kebersihan kepada anak-anak kecil yang masih duduk di bangku TK. 

Meski Negara mereka maju dengan perkembangan teknologi yang mereka ciptakan, namun bukan berarti kemajuan teknologi ini dapat mempengaruhi pola pikir mereka dalam melestarikan budaya mereka sendiri.

Inilah kelebihan mereka dalam menjaga Indahnya Budaya Di Tengah Kehidupan Masyarakat yang Serba Instan. Yang perlu ditiru oleh masyarakat Indonesia. Tetap menjaga dan bangga terhadap budaya Indonesia. Serta menggunakan teknologi guna mempromosikan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia yang dimiliki.

Posting Komentar untuk "Gaya Hidup dan Pola Pikir Masyarakat di Tengah Kemajuan Teknologi"