Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Cek Tagihan (Tunggakan) Bpjs Kesehatan Secara Online maupun Offline

Jaminansehat.com-Cara Online Mengecek Tunggakan Bpjs Kesehatan 
Begini Cara Cek Tagihan (Tunggakan) Bpjs Kesehatan Secara Online maupun Offline - Iuran Bpjs Kesehatan anda memiliki tunggakan? Anda mau bayar tapi tidak tahu jumlah tunggakannya? Pada pembahasan kali ini saya akan mencoba membahas Cara Online maupun Offline Mengecekan tagihan / tunggakan Bpjs Kesehatan.

Seperti kita ketahui Bpjs Kesehatan mengalami defisit yang mencapai triliunan rupiah, dan menurut pemerintah salah satu penyebabnya ialah banyaknya peserta Bpjs Kesehatan yang menunggak iuran Bpjs Kesehatan.

Jika peserta Bpjs Kesehatan menunggak iuran, maka peserta tersebut tidak bisa menggunakan Bpjs Kesehatan untuk berobat atau akan di nonaktifkan sementara pelayanan kesehatan nya sampai iurannya di lunasi.

Bahkan, peserta Bpjs akan mendapatkan denda rawat inap jika peserta sakit dan di rawat inap, denda tersebut di dapatkan jika peserta di rawat sebelum 45 hari dari lunasnya tunggakan Bpjs Kesehatan.

Memang setiap orang tidak mengaharapkan sakit, akan tetapi sakit tidak ada yg tau kapan datangnya, bisa saja datang secara tiba-tiba, yang jadi masalah ketika mendapat musibah sakit kita tidak ada uang untuk membayar biayanya, oleh karena itu sebaiknya bayar iuran Bpjs Kesehatan tepat waktu tiap bulannya agar nantinya tidak repot jika digunakan untuk berobat.

Cara Mengecek Tagihan / Tunggakan Bpjs Kesehatan Secara Online

Sebenarnya cara mengecek tunggakan Bpjs kesehatan bisa di lakukan banyak cara, tapi kali saya akan bahas Cara Mengecek Tagihan / Tunggakan Bpjs Kesehatan secara online terlebih dahulu.

Mengecek tagihan/tunggakan Bpjs Kesehatan secara online yang akan saya bahas kali ini bisa dengan Aplikasi Mobile jkn , website resmi Bpjs Kesehatan, dan lain lainnya. Langsung saja ke cara yang pertama.

1 Dengan Aplikasi Mobile Jkn
Cara pertama dengan Aplikasi mobile jkn aplikasi bisa di download di playstore, jika kita pengguna baru kita harus daftar telebih dahulu kemudian baru bisa login, kemudian setelah berhasil login, pilih menu premi maka akan muncul tagihan iuran Bpjs Kesehatan anda dan seluruh anggota keluarga anda. (Lihat gambar di bawah ini)

Gambar. 1 Cara Mengecek Tunggakan Bpjs Kesehatan secara online

Gambar. 2 Cara  Mengecek Tunggakan Bpjs Kesehatan secara online

2. Cek Online Ke website Bpjs Kesehatan
Cara berikutnya bisa langsung melalui website resmi  Bpjs Kesehatan www.bpjs-kesehatan.go.id atau bisa langsung https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/  Caranya pun cukup mudah di sana anda cukup mengisi 13 digit No kartu Bpjs Kesehatan, Tanggal lahir dan Angka Validasi sesuai yang tertera, kemudian klik tombol cek, maka akan keluar semua tagihan Bpjs Kesehatan anda dan semua anggota keluarga anda. (Lihat Gambar di bawah ini)
Gambar. 3  Cara Online Mengecek Tunggakan Bpjs Kesehatan

3. SMS Gateway ke nomor 087775500400
Selain kedua cara online di atas cek tagihan/ tunggakan Bpjs Kesehatan bisa di lakukan dengan cara sms ke nomor 087775500400 dengan format sebagai berikut:
TAGIHAN{spasi} Nomor Kartu Bpjs Kesehatan
Contoh : TAGIHAN 0001257389124

4. Call center Bpjs Kesehatan 1500400
Cara berikutnya ialah dengan menelpon call center Bpjs Kesehatan di Nomor 150400, lakukan pada jam kerja dan waktu kerja, menelpon call center Bpjs Kesehatan di kenakan biaya pulsa.

Sebelum menelpon call center Bpjs Kesehatan siapkan terlebih dahulu data data Bpjs Kesehatan anda.

Selain 4 cara di atas cara lain untuk mengecek tagihan atau tunggakan Bpjs Kesehatan bisa juga di lakukan dengan aplikasi aplikasi lainnya, seperti Aplikasi Mobile banking, aplikasi belanja online, aplikasi e wallet seperti OVO, DANA, GOPAY, dan aplikasi aplikasi lain yang bisa melakukan pembayaran online.

Tentunya di jaman modern ini semua pembayaran pembayaran bisa di lakukan dengan mobile apps, cukup di rumah pegang smartphone,kita sudah bisa melakukan pembayaran ini itu kan

Cara Mengecek Tagihan / Tunggakan Bpjs Kesehatan Secara Offline

Mengecek tagihan / tunggakan Bpjs Kesehatan bisa dengan mendatangi tempat tempat pembayaran Bpjs Kesehatan seperti ATM, Alfamart, Indomaret, Kantor pos, dan tempat PPOB lain yang bisa membayar iuran Bpjs Kesehatan.

Jika sudah di bayar tunggakannya apakah Bisa langsung aktif? Apakah ada Denda ?

Jika tunggakan Bpjs Kesehatan sudah di bayar kartu pun bisa langsung aktif dan bisa di pakai untuk berobat baik rawat jalan maupun rawat inap.

Tetapi untuk rawat inap akan di kenakan denda, jika peserta pasien Bpjs Kesehatan di rawat inap sebelum 45 hari dari di lunasi iuran Bpjs Kesehatan.

Jika menunggak iuran Bpjs Kesehatan tidak dikenakan denda untuk tunggakannya, tetapi denda akan di berikan jika peserta mendapat rawat inap seperti yang saya jelaskan di atas sesuai Perpres No 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan kesehatan.

Perhitungan tunggakan Bpjs kesehatan semenjak keluarnya Perpres 82/2018 berubah dari di hitung maksimal 12 bulan menjadi 24 bulan.

Artinya Jika anda menunggak iuran bpjs kesehatan lebih dari 24 bulan maka tetap akan di hitung 24 bulan di tambah 1 bulan berjalan, contoh anda sudah 27 bulan tidak membayar bpjs kesehatan maka iuran yang perlu di lunasi ialah cukup 24 bulan di tambah 1 bulan berjalan.

Jika anda menunggak kurang dari 24 bulan maka biaya yang perlu di lunasi sesuai jumlah bulan yang iurannya tidak anda bayarkan.

Solusi jika tidak sanggup membayar tunggakan karena iurannya terlalu besar

Ada beberapa pertanyaan kepada saya bagaiman jika saya tidak sanggup bayar iuran karena tunggakn saya besar, solusinya bisa dengan mencicil tunggakan iuran Bpjs Kesehatan dengan program tabungan sehat, yang pernah saya bahas pada artikel sebelumnya.

Demikian penjelasan mengenai Begini Cara Cek Tagihan (Tunggakan) Bpjs Kesehatan Secara Online maupun Offline, Mudah mudahan dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Cek Tagihan (Tunggakan) Bpjs Kesehatan Secara Online maupun Offline"