Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbaru ! Cara dan Persyaratan Daftar Bpjs Kesehatan Mandiri (PBPU)

Terbaru ! Cara dan Persyaratan Daftar Bpjs Kesehatan Mandiri
jaminansehat.com - Terbaru! Cara dan Persyaratan Daftar Bpjs Kesehatan Mandiri (PBPU)
Seluruh warga negara Indonesia dan orang asing yang bekerja dan menetap di indonesia paling singkat 6 bulan wajib menjadi peserta Bpjs Kesehatan, maka jika kalian belum menjadi peserta Bpjs Kesehatan segera lah untuk mendaftar jadi peserta Bpjs Kesehatan.

Bpjs kesehatan memiliki 2 kategori jenis kepesertaan yaitu Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Bukan Penerima Bantuan Iuran (non PBI), sedangkan untuk non PBI di bagi kembali ke beberapa jenis kepesertaan yaitu Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa di sebut bpjs mandiri, dan Bukan Pekerja (BP).

Jika ingin menjadi peserta Bpjs Kesehatan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Bpjs mandiri, ada beberapa caranya seperti datang langsung ke kantor Bpjs Kesehatan, daftar online, atau dengan menelpon 1500400.

Sebelum melakukan pendaftaran ada beberapa dokumen yang harus di persiapkan yaitu :
  • Foto copy kartu keluarga 
  • Foto copy KTP (yang datang ke kantor bpjs bawa yang asli)
  • Buku rekening tabungan 
  • Alamat Email (untuk daftar online) 
  • No hp
  • Foto copy rek tabungan (MANDIRI/BNI/BRI/BTN)
Setelah dokumen sudah di persiapkan datang lah ke kantor bpjs kesehatan setempat, di usahakan pagi pagi agar menghindari antrean panjang, nanti di kantor bpjs kesehatan, akan mengisi formulir daftar baru.

Untuk daftar bpjs dengan cara online kalian bisa mengunjingi website bpjs kesehatan di http://www.bpjs-kesehatan.go.id, langsung menuju tombol pendaftaran, atau kalian bisa lewat aplikasi Mobile Jkn bisa di download di playstore, panduan daftar online sudah saya tulis pada artikel sebelumnya Cara Daftar Bpjs Kesehatan Online.

Dan jangan lupa pastikan kalian sudah menentukan fasilitas kesehatan tingkat pertamanya atau Faskes 1, dan memilih iuran sesuai kelas rawat inap.
  1. Kelas rawat 1 sebesar Rp 80.000
  2. Kelas rawat 2 sebesar Rp 51.000 
  3. Kelaa rawat 3 sebesar Rp 25.500
Peserta yang baru mendaftar, kartu bojs nya tidak bisa langsung di gunakan, sebelum melakukan pembayaran iuran pertama, yang baru bisa di bayar 14 hari dari pendaftaran, jika sudah melakukan pembayaran kartu bpjs kesehatan sudah bisa langsung di gunakan. 

Apakah Harus memiliki rekening bank?
Jawabannya adalah Ia, kalau dulu untuk kelas rawat 3 tidak perlu memiliki rekening bank, tapi sekarang semua peserta yang memilih hak kelas rawat baik kelas 1,2, maipun 3, harus memiliki rek tabungan.

Posting Komentar untuk "Terbaru ! Cara dan Persyaratan Daftar Bpjs Kesehatan Mandiri (PBPU)"