Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Daun Bidara arab Dan Cara Menggunakannya

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya
10 Manfaat daun bidara arab dan cara menggunakanya
Anda tahu manfaat daun bidara arab dan cara menggunakannya? Ternyata daun bidara sangat banyak memiliki manfaat, berikut akan kita urai manfaat daun bidara arab dan cara penggunaanya.

Pohon Bidara atau sering juga di sebut widara merupakan pohon yang menghasilkan buah bidara, pohon ini biasanya hidup di daerah yang kering, buah bidara juga dapat di konsumsi, dan salah satu jenisnya adalah bidara aalran, pohon ini merupakan pohon yang memiliki berbagai manfaaat untuk kesehatan tubuh manusia, selain itu juga daun bidara sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan, berikut ini berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan daun bidara arab dan juga cara menggunakannya.

1. Merawat Kesehatan Rambut
Daun bidara dapat mencegah dari kerusakan dan rambut rontok, daun ini menjadikan rambut menjadi lebih kuat, cara pengolahaannya adalah dengan merebus daun bidara, dan menjadikan air rebusannya sebagai hair tonic, untuk perawatan nya sebaiknya di gunakan secara teratur

2. Menurunkan Berat Badan dan membantu Proses Pembakaran Lemak
Bagi anda yang memiliki badan Gemuk, daun bidara bisa menjad solusi nya, daun bidara yang di konsumsi secara rutin dan menunda lapar, dan juga dapat membantu dalam proses pembakaran lemak, cara pengolahan nya adalah dengan meminum air teh daun bidara, atau dengan meminum air rendaman daun bidara yang di rendam dalam waktu semalam.

3. Malancarkan Haid Bagi Wanita
Daun bidara mampu membantu menjadi penyeimbang hormon, yang menjadi penyebab siklus haid pada wanita yang tidak teratur, cara pengolahan daun bidara untuk membantu melancarkan haid pada wanita adalah meminum ekstrak dari daun bidara.

4. Dapat Menjaga Kesehatan, Kecantikan Pada Kulit Wajah
Kulit sehat dan Wajah yang cantik adalah dambaan setiap orang apalagi seorang wanita, daun bidara dapat membantu menjaga kesehatan Kulit dan kecantikan wajah, dengan cara menjadikan daun bidara sebagai masker wajah, kandungan antibakteri dalam daun bidara mampu mengatasi jerawat.

Manfaat lain nya bidara dapat melindungi kulit dari sinar UV, dan juga dapat meremajakan kulit, daun bidara juga memberikan manfaat pembersihan wajah secara maksimal yang dapat membuat kebersihan kulit wajah selalu terjaga.

5. Mengobati Penyakit Wasir
Wasir memang bukan merupakan penyakit yang dapat mematikan, tetapi tetap saja penyakit wasir dapat membuat penderita nya sangat terganggu, cara pengolahannya untuk mengobati wasir, dengan cara meminum secara teratur dan rutin rebusan dau bidara, bisa juga dengan cara di aplikasikan daun bidara dengan cara langsung pada anus yang bengkak.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes
Penderita diabetes di anjurkan mengurangi asupakan karbohidrat dan gula untuk menstabilkan atau mengurangi gula darah, dan juga dapat di bantu dengan meminum air rebusan daun bidara secara rutin.

Penderita diabetes selain mengontrol kadar gula dengan mengatur pola makan, biasa nya dapat di bantu dengan cara herbal, maka daun bidara merupakan salah satu solusinya.

7. Sangat Baik Untuk Pencernaan
Bidara dapat mengeluarkan racun pada pencernaan, sehingga bisa mencegah terjadinya penginfekasian pada pencernaan, dan mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Untuk menjaga dan memelihara sistem pencernaan, daun bidara dapat di konsumsi langsung dengan cara meminum air rebusan daun bidara, atau mengkonsumsi teh daun bidara, atau juga dapat memakan buahnya secara langsung.

8. Mengatasi Susah Tidur
Dengan cara mengkonsumsi teh daun bidara dapat meningkatkan kualitas tidur sesorang, kandungan saponin pada daun bidara memberikan efek menenangkan yang dapat mengatasi susah tidur atau insomnia menjadikan kualitas tidur anda menjadi lebih baik.

9. Sebagai Pemercepat Penyembuhan Luka
Daun bidara memiliki sifat antiinflamsi dan antibakteri yang dapat mempercepat penyembuhan luka, selain itu senyawa yang terkandung pada daun bidara dapat membantu proses penyembuhan luka bakar dan mencegah luka bakar membekas pada kulit, cara nya dengan mengaplikasi kan dau bidara pada luka.

10. Mampu Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat terakhir daun bidara dari pembahasan artikel ini mampu menjaga kesehatan jantung, cara pengolahan nya bisa di konsumsi langsung, atau dengan cara di jus, di lakukakan secara rutin dan teratur.

Daun bidara merupakan salah satu tanaman yang banyak di budidayakan di Indonesia, salah satu jenisnya yang sangat populer adalah bidara arab, yang katanya dapat mengusir jir, namun di luar dari kepercayaan tersebut bidara memiliki segudang manfaat.

Sayang nya daun bidara arab ini masih belum banyak di buktikan secara ilmiah, masih minimnya penelitian tentang manfaat daun bidara.

Meskipun begitu penggunaan daun bidara di katakan masih relatif aman, jika anda ingin mengkonsumsi produk dengan bahan dasar daun bidara pastikan keamanan nya dengan memeriksa izin resmi dari BPOM yang tercantum dari produk tersebut.

Dan jika ingin mengolah daun bidara secara langsung pastikan teehindar dari paparan zat kimia, dan jika di gunakan untuk pengobatan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan keamanan penggunaan daun bidara ini. 

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Daun Bidara arab Dan Cara Menggunakannya"