Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Daftar Bpjs Kesehatan Online, Sekarang Sudah Tidak Perlu Antri Lagi

Cara daftar bpjs online - jaminansehat.com
3 Cara daftar bpjs kesehatan online - Sekarang jika ingin menjadi peserta Bpjs Kesehatan atau ingin daftar Bpjs Kesehatan bisa di lakukakan dengan online, hal ini sangat mempermudah masyarakat.

Bpjs Kesehatan adalah badan hukum publik yang mengelola atau menyelenggarakan jaminan kesehatan Nasional yang mempunyai tanggung jawab langsung kepada presiden.

Dengan menjadi peserta bpjs kesehatan kita akan mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas fasiltas kesehatan, baik itu puskesmas, klinik-klinik, maupun Rumah Sakit yang tentunya sudah bekerja sama dengan Bpjs Kesehatan dengan Gratis, dan tentunya juga sesuai prosedur. 

Daftar bpjs kesehatan dengan cara online hanya bisa di lakukan untuk jenis kepesertaan bpjs PBPU atau pekerja mandiri dan Bukan Pekerja. 

Sebelum nya jika ingin mendaftar jadi peserta bpjs kesehatan dengan cara online sebaiknya siapkan syarat- syarat  sebagai berikut :
  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • No Rekening Bank (Mandiri/BNI/BTN/BRI) 
  • No tlp yang valid
  • Alamat email yang valid
  • Pastikan sudah tau faskes tk 1 yang akan di pilih

Ada 2 cara daftar Bpjs Kesehatan dengan online yaitu dengan Mobile Application dan mengunjungi website bpjs kesehatan

1. Mobile application (Mobile Jkn) 

Cara pertama dengan aplikasi android yaitu nama aplikasinya Mobile Jkn, yang bisa di unduh di playstore penggunanaan aplikasi cukup mudah  kita cuma di haruskan memasuki no nik KTP, selanjutnya kita tinggal mengisi no tlp, alamat email dan faskes tk 1 yang menjadi tujuan.

2. Website resmi Bpjs Kesehatan 

Cara daftar online yang kedua dengan mengunjugi situs resmi Bpjs Kesehatan yaitu www.bpjs-kesehatan.go.id tinggal cari dan klik laman pendaftaran online atau bisa langsung ke sini daftar.bpjs-kesehatan.go.id , berbeda dengan aplikasi mobile jkn, bukan Nik ktp yang kita masukan, tapi NIK Kartu Keluarga yang kita masukan.

3 Menelpon callcenter Bpjs Kesehatan 1500400

Cara yang ketiga ialah dengan menelpon callcenter Bpjs Kesehatan di 150040, untuk syarat syaratnya sendiri sama seperti daftar Bpjs kesehatan dua cara di atas

Menelpon callcenter bpjs kesehatan sebaiknya pada jam kerja di hari kerja.

Daftar Bpjs Kesehatan harus semua orang yang terdaftar dalam satu Kartu Keluarga, misalnya ada 5 orang dalam 1 Kartu Keluarga, kita tidak bisa mendaftarkan 2 atau 3 orang saja tetapi semuanya.

Bpjs kesehatan memiliki beberapa jenis kepesertaan yaitu Penerima Bantuan Iuran (PBI), yang iurannya di bayarkan pemerintah, Pekerja Penerima Upah (PPU) yang iurannya di bayarkan oleh pemberi kerja dan pekerja, Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau pekerja mandiri, yang iurannya di bayarkan oleh pekerja itu sendiri secara perorangan dalam satu keluarga.

Untuk PBPU atau pekerja penerima upah iuran yang di bayarkannya sesuai hak kelas rawat yang dipilih, yaitu :
  • Kelas 1 sebesar Rp 80.000
  • Kelas 2 sebesar Rp 51.000
  • Kelas 3 sebesar Rp 25.500
Pertanyaan
1. Setalah Daftar Apa Langsung Aktif
Setalah selasai dan berhasil daftar Bpjs Kesehatan online kartu tidak bisa langsung aktif, ada 14 hari masa tunggu untuk membayar iuran pertama, setelah 14 hari danbiuran pertama di bayarkan baru lah kartu bisa aktif dan langsung bisa digunakan.

2. Bagaimana Cara Mendapat Kartunya
Untuk yang menggunakan aplikasi mobile jkn  anda harus terlebih dahulu mendaftar akun di aplikasi nobile jkn, setelah berhasil login, tinggal cari menu kartu peserta dan kirimkan kartu ke email, karty berupa e-id, sedangkan untuk yang daftar melalui website resmi Bpjs Kesehatan karty bisa kalian download yang link download nya di kirim ke email tadi yang didaftarkan, kartu berupa e-id, dan bisa di cetak sendiri.

3. Bagai mana cara daftar untuk Bpjs Kesehatan PBI atau PPU?
Bpjs kesehatan PBI dibperuntukan untuk masyarakat miskin, kita tidak bisa mendaftarkan sendiri, dinas terkait lah yang mendata dan mendaftarkan masyarakat miskin menjadi peserta Bpjs PBI

Sedangkan Bpjs Kesehatan PPU adalah Bpjs Kesehatan yang di dapat untuk seorang pegawai atau pekerja yang bekerja di sebuah perusahaan atau Pegawai Negeri, biasa nya di sebuah perusahaan bagian personalia lah yang mengurusi masalah Bpjs Kesehatan pekerja nya.

Revisi Terbaru 2020
Cara Daftar Bpjs kesehatan online sudah tidak bisa lagi melalui website resmi Bpjs Kesehatan, seperti cara yang kedua, sekarang daftar Bpjs Kesehatan hanya bisa melalui aplikasi Mobile jkn, call center Bpjs Kesehatan, dan datang ke kantor Bpjs kesehatan

Posting Komentar untuk "3 Cara Daftar Bpjs Kesehatan Online, Sekarang Sudah Tidak Perlu Antri Lagi"