Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlu di ketahui Inilah Perbedaan Antara KIS dengan Bpjs Kesehatan

Perbedaan KIS dengan Bpjs Kesehatan
Perbedaan KIS dengan Bpjs Kesehatan

Banyak dari masyarakat kita yang masih kebingungan apakah perbedaan antara KIS atau kartu indonesia sehat dengan Bpjs kesehatan, dari segi manfaat kegunaan dan fasilitas pelayanan yang di dapatkan, saya pikir ini karena masih kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa perbedaan KIS dengan Bpjs Kesehatan

KIS (Kartu Indonesia Sehat) 
KIS singkatan dari Kartu Indonesia Sehat, pertama kali di perkenalkan oleh presiden JokoWidodo pada tahun 2014, pada mulanya Kis hanya di peruntukan bagi warga yang kurang mampu saja atau rakyat miskin, tapi sekarang Kis merupakan kartu yang di keluarkan oleh Bpjs Kesehatan baik untuk rakyat miskin dengan kepesertan PBI maupun kepesertaan Non PBI, jika kalian mendaftar jadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di kantor cabang Bpjs kesehatan maka kartu yang di dapatkan adalah KIS (Kartu Indonesia Sehat), KIS merupakan nama kartu yang di keluarkan oleh Bpjs Kesehatan.

BPJS Kesehatan
Pada tanggal 1 januari 2014 PT. ASKES INDONESIA resmi berubah menjadi Bpjs Kesehatan, sesuai UU No 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jamianan Sosial, Bpjs Kesehatan merupakan badan hukum publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dengan tugas menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional, Pada mulanya jika mendaftarkan diri ke kantor cabang Bpjs Kesehatan kartu yang kita dapatkan bertuliskan Bpjs Kesehatan, tapi sekarang semua jenis kepesertaan kartu yang akan didapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), kecuali jika kita mendaftarkan kepesertaan Lewat Online maka kartu yang kita dapat kan berupa E-id, jadi Bpjs kesehatan adalah badan yang mengelola jaminan kesehatan.

Bpjs kesehatan memiliki beberapa segmen kepesertaaan yaitu PBI dan Bukan PBI /non PBI berikut penjelasan nya

Penerima Bantuan Iuran (PBI)
Bpjs kesehatan segmen PBI atau di sebut KIS PBI ialah Bpjs kesehatan yang iurannya di bayarkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah, baik pusat maupun daerah yaitu sebesar 42 rb Rupiah (Perpres No 75/2019).

Bpjs PBI sendiri ialah diperuntukan untuk warga kurang mampu yang di daftarkan boleh kementerian sosial.

Bukan PBI (Non PBI)
Selanjutnya ialah bpjs kesehatan dengan kepesertaaan Non PBI, kepesertaaan ini di bagi lagi menjadi 3 bagian yaitu:
  • Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)
  • Pekerja Penerima Upah (PPU)
  • Bukan Pekerja
PBPU atau biasa di sebut Bpjs mandiri ialah bpjs kesehatan yang iurannya di bayarkan sendiri oleh peserta Bpjs kesehatan dengan memilih kelas rawat sesuai kemampuan nya dalam membayar iuran perbulannya.

PPU ialah Bpjs kesehatan yang di peruntukan kepada pegawai swasta dan pegawai negeri termasuk anggota TNI POLRI bahkan anggota DPRD, iurannya ialah sebesar 5 persen dari upah sebulannya dengan ketentuan 4 persen di bayar pemberi kerja dan 1 persen di bayar pekerja.

Sedangkan Bpjs Kesehatan segmen Bukan Pekerja ialah diperuntukan untuk Investor, Veteran, perintis kemerdekaan, penerima pensiun, pemberi kerja, dan Bukan Pekerja lainnya yang membayar iuran.

Kesimpulan
Kis merupakan nama kartu yang di keluarkan oleh Bpjs Kesehatan, baik itu kepesertaan PBI maupun Non PBI, dan Bpjs kesehatan adalah Badan penyelenggara atau yang mengelolanya,  intinya apapun bentuk kartunya baik itu KIS atau yang masih bertuliskan Bpjs Kesehatan, itu sama saja, baik dari segi manfaatnya dan pelayanan fasilitas kesehatannya, yang membedakannya adalah kelas rawat inapnya jika peserta mendapatkan rawat inap, singkatnya KIS adalah nama kartunya, BPJS Kesehatan adalah Badan yang mengelolanya, dan JKN adalah Programnya.

Demikian pembahasan kali ini tentang perbedaan antara KIS dan BPJS Kesehatan, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

2 komentar untuk "Perlu di ketahui Inilah Perbedaan Antara KIS dengan Bpjs Kesehatan"

  1. Intinya mana ya. Kan tanyanya bisa di non aktifkan nggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungannya bisa di no aktifkan dengan perbedaan itu apa ya? Kok gak nyambung dengan pertanyaan...

      Hapus