Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Relawan JamkesWatch , Pahlawan Kesehatan Bagi Masyarakat

Relawan Jamkeswatch-Sebagai bentuk keprihatinan kaum buruh terhadap sistem jaminan sosial yang di nilai masih setengah hati yang di buat pemerintah, dan dengan rasa kepedulian yang tinggi terhadap kemanusiaan, KSPI membentuk suatu lembaga yang dinamai dengan Jamkeswatch.

Jamkeswatch adalah Sayap Organisasi yang bernaung di serikat buruh yaitu Konpederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang bertujuan mengawasi sistem jaminan sosial nasional dan menjadi kontrol program JKN agar semua elemen yang berkaitan dengan program JKN.

Baik itu dari peserta nya, fasilitas kesehatannya, badan penyelenggaranya, bahkan pemerintah  dapat menjalankan semua aturan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, dan agar dapat terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jaminansehat.com - Relawan Jamkeswatch

Apa Tugas Relawan Jamkeswatch 
Relawan Jamkeswatch melakukan kegiatannya, terutama dalam menolong masyarakat tidak pernah mengharapkan imbalan apapun, saya amat tahu hal itu! karena teman saya banyak yang menjadi anggota relawan Jamkeswatch.

Mereka bekerja dengan ikhlas, mereka menghibahkan waktu dan tenaganya bahkan materi demi menolong masyarakat.

Saya sendiri bukan relawan Jamkeswatch, tapi saya banyak sekali mendapat pelajaran dari mereka.

Apa sih tugas mereka atau kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan? ini yang saya tahu antara lain :

  • Mendampingi Pasien pada saat di Rumah sakit dan memastikan pasien tersebut  mendapatkan pelayanan sebagai mana mestinya
  • Mendampingi Pasien mengurus administrasi jamianan kesehatan (BPJS Kesehatan) 
  • Mensosialisasikan tentang regulasi-regulasi program JKN khususnya BPJS Kesehatan
  • Membantu masyarakat mendaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan (daftar BPJS Kes Online)
  • dan sebagainya
Relawan Jamkeswatch Kab. Bekasi yang bernama Dadi Suryadi (Bajuri) Sedang Mengadvokasi pasien di salah satu Rumah Sakit di Kab. Bekasi
Harapan Relawan Jamkeswatch

Dikutip dari www.bpjs-kis.info, Mereka berharap dengan kehadiran mereka mampu memperbaiki dan mengingatkan kepada pemerintah tentang pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Semoga dengan kehadiran mereka dapat banyak membantu masyarakat, dan juga mereka tetap istiqomah dalam menjalankan tugasnya sebagai Relawan Jamkeswatch.

Kita juga berharap agar Program Jaminan Kesehatan Nasional di negara yang kita cintai ini semakin baik lagi.

Posting Komentar untuk "Relawan JamkesWatch , Pahlawan Kesehatan Bagi Masyarakat"