Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Yang Tidak di Tanggung Bpjs Kesehatan.

Perlu di ketahui tidak semua penyakit atau layanan kesehatan yang di jamin Bpjs Kesehatan, ada beberapa penyakit atau layanan kesehatan yang tidak di jamin oleh bpjs kesehatan.

Banyak masyarakat kita yang masih bertanya-tanya tentang penyakit-penyakit yang di tanggung BPJS Kesehatan dan yang tidak di tanggung BPJS Kesehatan , masyarakat kita kebanyakan belum paham tentang regulasi atau aturan-aturan program JKN , ini karena minim nya informasi dan sosialisasi kepada masyarakat kita terkait program JKN , khusunya bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasioanal (JKN) atau BPJS Kesehatan.

Oleh karena itu saya membuat tulisan ini dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat supaya mengetahui aturan-aturan BPJS Kesehatan, agar memperkecil terjadinya FRAUD kepada masyakat , karena apa ? berbicara tentang JKN atau BPJS Kesehatan. pasti yang ada di benak kita negatif duluan, ribet lah, prosesnya berbelit-berbelit, nanti takut tidak di layani di Rumah sakit lah, dan lain sebagainya kalau kita mengerti aturan-aturannya ternyata tidak seribet itu.


Asalkan sesuai indikasi medis dan sesuai prosedur semuanya di cover oleh BPJS Kesehatan, asal jangan penyakit yang kita buat-buat seperti menyakiti diri sendiri, atau melakukan hobi yang berbahaya, seperti balap-balapan dll. untuk lebih jelas nya . ini lah beberapa penyakit yang tidak di tanggung BPJS Kesehatan :
  • Semua pelayanan yang tidak sesuai prosedur
  • Pelayanan yang bukan atau di luar Faskes yang  bekerja sama dengan BPJS Kesehatan
  • Pelayanan yang sudah di jamin oleh program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan program jaminan kecelakaan lalu lintas
  • pelayanan di luar negeri
  • Pelayanan dengan tujuan kecantikan , kosmetik , estetika
  • Pelayanan yang untuk mengatasi infertilitas
  • Ortodontie atau meratakan gigi
  • Gangguan kesehatan akibat ketergantungan/kecanduan Narkoba dan alkohol
  • Pengobatan komplementer, alternatif dan tradisional, termasuk akupuntur, shin she, chiropractic, yang belum dinyatakan efektif berdasarkan penilaian teknologi kesehatan (health technology assessment)
  • alat kontrasepsi, kosmetik dan makan bayi/susu,
  • Pelayanan kesehatan akibat bencana pada masa tanggap darurat, kejadian luar biasa / wabah
  • Gangguan kesehatan akibat sengaja meyakiti diri sendiri, atau akibat melakukan hobi yang membahayakan diri sendiri
  • biaya pelayanan yang tidak ada hubungan dengan manfaat jaminan yang diberikan.
Sekali lagi saya tekankan , kita harus belajar dan mengetahui regulasi-regulasi tentang program jkn khususnya BPJS Kesehatan, paling tidak kita bisa memperkecil terjadinya peluang FRAUD di fasilitas -fasilitas kesehatan.

Sebagai peserta Bpjs kesehatan tentunya sangat penting untuk mengetahui segala aturan bpjs kesehatan, termasuk hal hal apa saja yang tidak ditanggung oleh Bpjs Kesehatan. 

REVISI
Karena ada peraturan baru bpjs kesehatan, presiden mengeluarkan Perpres No 82 tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan, maka layanan yang tidak di jamin atau tidak di tanggung bpjs kesehatan bisa di lihat di artikel 21 Layanan Yang Tidak Dijamin Bpjs Kesehatan

Posting Komentar untuk "Penyakit Yang Tidak di Tanggung Bpjs Kesehatan. "