Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pindah Dari Bpjs Kesehatan Perusahaan Ke Bpjs Kesehatan Mandiri Secara Online 2022

Pindah Dari Bpjs Kesehatan Perusahaan Ke Bpjs Kesehatan Mandiri Secara Online 2022
Pindah Dari Bpjs Kesehatan Perusahaan Ke Bpjs Kesehatan Mandiri Secara Online 2022

Ada beberapa jenis segmen kepesertaan Bpjs kesehatan salah satunya ialah Segmen kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU), yang biasa di sebut Bpjs kesehatan perusahaan. Tentunya sebagai warga negara Indonesia harus memiliki atau terdaftar sebagai peserta Bpjs kesehatan baik segemen PPU, MANDIRI, atau bahkan PBI. Karena dengan menjadi peserta Bpjs kesehatan akan mendapatkan manfaat jika nantinya sakit. Kemudian Bagaimana cara pindah dari Bpjs Kesehatan perusahaan ke Bpjs kesehatan mandiri secara online maupun offline ? Berikut penjelasan nya.

Setiap badan usaha atau perusahaan wajib mendaftarkan karyawannya menjadi peserta Bpjs kesehatan dengan segmen PPU, dimana perusahaan tersebut juga wajib membayar kan iurannya sebesar 5% dengan ketentuan 4% di bayarkan perusahaan dan 1 % dari upah di bayarkan karyawannya dengan di potong gaji setiap bulannya.

Iuan 5 % yang di bayarkan perusahaan untuk 5 orang peserta yaitu Karyawan itu sendiri, Suami atau Istri karyawan, dan anak karyawan dengan maksimal 3 orang anak. dengan ketentuan apabila upah di atas 4 juta rupiah akan mendapatkan kelas rawat 1, dan upah di bawah 4 jt rupiah akan mendapatkan kelas rawat dua.

Yang menjadi pertanyaan bagaimana jika karyawan sudah resign dari perusahaan tersebut. Bagaimana status kepesertaannya?.

Apabila karyawan sudah berhenti bekerja atau resign, perusahaan sudah tidak wajib lagi membayar iuran bpjs kesehatan karyawannya. Oleh karena itu karyawan harus segera memindahkan kepesertaan Bpjs kesehatan dari perusahaan ke Bpjs kesehatan mandiri. Bisa di lakukan secara on-line maupun offline, Berikut ini Cara Pindah Dari Bpjs Kesehatan Perusahaan Ke Bpjs Kesehatan Mandiri Secara Online 2022.

Pindah Dari Bpjs Kesehatan Perusahaan ke Bpjs Kesehatan Mandiri Secara Online 2022

Sebelum melakukan perubahan Bpjs kesehatan Perusahaan ke mandiri secara online ada beberapa dokumen atau persyaratan yang harus di persiapkan antara lain :

  1. Kartu Bpjs Kesehatan Seluruh Anggota Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Kartu Keluarga
  4. Surat Keterangan Berhenti Bekerja (Vaklaring)
  5. Buku Rek Tabungan 
  6. Email dan No. hp Aktif
Melakukan perubahan Kepesertaan dengan Aplikasi Mobile Jkn.

Pertama tama download dan Install Aplikasi Mobile jkn.

Daftar Aplikasi Mobile Jkn (Jika pengguna Baru) di menu Daftar => Daftar Pengguna Mobile

Setelah Berhasil daftar silahkan Login Aplikasi Mobile Jkn

Kemudian Masuk Ke menu Ubah data peserta

Ubah segmen Kepesertaan dari pegawai swasta (PPU) ke Segemen tujuan yaitu segmen Mandiri (PBPU)

ikuti langkah selanjutnya termasuk cara melakukan pembayaran.

Peserta yang merubah Bpjs kesehatan perusahaan ke Bpjs kesehatan mandiri statusnya harus non aktif di akhir bulan.

Melalui Chat WA (Pandawa)

Semasa pandemi Bpjs kesehatan mambuka layanan chat dengan Aplikasi WA, layanan chat ini untuk melakukan semua hal yang berurusan dengan Bpjs Kesehatan termasuk Pindah Kepesertaan dari Bpjs kesehatan Perusahaan ke Bpjs Kesehatan mandiri. 

Setiap Daerah atau setiap kantor cabang memiliki nomer yang berbeda beda. 

Cara nya sebagai berikut :

Chat No pandawa sesuai daerah Domisili Kamu.

Ketik : Halo/selamat pagi/ Selamat Siang
Kemudian tunggu admin Pandawa membalas chat kamu, setelah itu ikuti langkah langkah yang admin berikan.

Perubahan Bpjs Kesehatan Perusahaan Ke Mandiri Secara Offline 2022

Cara berikutnya ialah dengan cara offline, cara nya ialah dengan mendatangi kantor Bpjs  Kesehatan sesuai domisili kalian, dengan membawa persyaratan persyaratan seperti disebutkan di atas tadi.

Sebaiknya datang lebih pagi karena untuk menghindari antrean yang panjang, kemudian di sana kalian akan di beri nomer antrean dan formulir,

Isi formulir yang di berikan sesuai data diri dan tujuan kalian ke kantor Bpjs kesehatan, tunggu sampai Admin pelayanan memanggil sesuai nomer antrean kalian. Selanjutnya ikuti langkah langkah yang diberikan oleh Admin pelayanan.

Iuran Bpjs Kesehatan untuk Peserta Bpjs kesehatan mandiri

Pada saat melakukan perubahan Kepesertaan kalian akan memilih kelas rawat, pilihlah kelas rawat yang sesuai dengan kalian.. berikut tarif Bpjs kesehatan mandiri sesuai kelas rawat.

1. Kelas Rawat 1 : Rp. 150.000
2. Kelas Rawat 2 : Rp. 100.000
3. Kelas Rawat 3 : Rp. 42.000

Tarif iuran di atas untuk satu orang peserta, dan iuran di bayarkan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya, apabila telat membayar iuran, kartu peserta Bpjs kesehatan akan di nonaktifkan sementara sampai kartu nya aktif, dan apabila peserta di rawat inap sebelum 45 hari semenjak kartu aktif, maka akan mendapatkan denda rawat inap.

Demikian lah penjelasan mengenai Pindah Dari Bpjs Kesehatan Perusahaan Ke Bpjs Kesehatan Mandiri Secara Online 2022, semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pindah Dari Bpjs Kesehatan Perusahaan Ke Bpjs Kesehatan Mandiri Secara Online 2022"