Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pindah Bpjs PBI ke Mandiri 2021, Bisakah Dengan Cara Online?

Cara Pindah Bpjs PBI ke Mandiri 2021, Bisakah Dengan Cara Online?
Cara Pindah Bpjs PBI ke Mandiri 2021, Bisakah Dengan Cara Online?
 

Sejak Januari 2014 hingga sekarang BPJS Kesehatan sudah mulai melakukan perubahan perubahan, baik dari segi regulasi, prosedur birokrasi, hingga pelayanan kesehatan di fasilitas fasilitas kesehatan. Seperti kita ketahui bagi masyarakat yang tidak bekerja pemerintah memberikan jaminan kesehatan BPJS Kesehatan dengan segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya di bayarkan oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

Sedikit berbeda dengan segmen BPJS PBPU atau biasa di sebut BPJS Mandiri yang pesertanya berhak memilih kelas hak kelas rawat inap, BPJS Kesehatan PBI hanya mendapat kelas rawat inap tiga, dan Faskes pertamanya di Puskesmas setempat, akan tetapi dalam segi pelayanan kesehatanya tidak memiliki perbedaan, kemudian bagaimana jika peserta yang terdaftar di BPJS PBI pindah ke Mandiri 2021, Bisakah Secara Online?.

Peserta BPJS PBI yang ingin memindahkan kepesertaanya ke BPJS Mandiri, harus membuat surat pernyataan keluar dari Kepesertaan BPJS PBI, hal tersebut dikarenakan BPJS PBI untuk menghentikan iuran yang di bayarkan oleh pemerintah, untuk lebih jelasnya berikut syarat yang di butuhkan untuk Pindah Bpjs PBI ke Mandiri 2021.

  1. Foto Copy Kartu Keluarga
  2. Foto Copy KTP ( Bawa Aslinya juga )
  3. Kartu BPJS Kesehatan PBI (KIS)
  4. Surat Peryataan Keluar PBI (diberi Materai)
  5. Buku rek tabungan (Mandiri/BRI/BNI/BTN/BCA) 

Cara Pindah Bpjs PBI ke Mandiri 2021, Bisakah Dengan Cara Online?
Contoh surat keluar PBI
 

Baca Juga : Cara Cetak Kartu Bpjs Kesehatan Secara Online

Prosedur Pindah Bpjs PBI ke Mandiri 2021

Prosedur pindah dari bpjs PBI ke Mandiri 2021 bisa di lakukan di kantor cabang BPJS kesehatan di daerah masing masing, bawa semua persyaratan di atas, biasa nanti disana akan di beri formulir isian perpindahan segmen. Isilah formulir tersebut sesuai data diri anda.

Pada Isian formulir tersebut anda akan di suruh untuk memilih kelas rawat dan faskes pertama mana nantinya, pilihlah kelas rawat sesuai kemampuan anda dalam membayar iuran perbulannya untuk anda dan semua anggota keluarga anda dalam satu Kartu Keluarga.

Iuran BPJS Kesehatan PBPU / BPJS Mandiri 2021

Sejak januari 2021 iuran BPJS Kesehatan Mandiri ialah sebagai berikut:

  • Kelas rawat I    : Rp 150.000 perorang perbulannya
  • Kelas rawat II  : Rp 100.000  perorang perbulannya
  • Kelas rawat III : Rp 42.000  perorang perbulannya dengan ketentuan Rp 35.000 di bayar peserta dan Rp 7000 di bayar pemerintah daerah sebagai bantuan iuran.

Bisakah Pindah Bpjs PBI ke Mandiri dengan cara online?

Berdasarkan pengalaman saya, melakukan pindah dari BPJS PBI ke Mandiri belum bisa di lakukan dengan cara online peserta yang bersangkutan harus datang sendiri ke kantor cabang BPJS Kesehatan di daerahnya masing masing dengan membawa persyaratan seperti di atas.

Akan tetapi di saat masa pandemi ini, di daerah saya kantor cabang BPJS Kesehatan memberikan layanan melalui chat dengan aplikasi whatsApp, dan untuk daerah laiinya saya tidak tahu. untuk lebih jelasnya peserta bisa menghubungi callcenter BPJS Kesehatan di Nomor 1500400. 

Demikianlah uraian singkat tentang Cara Pindah Bpjs PBI ke Mandiri 2021, Bisakah Dengan Cara Online?, semoga bermanfaat, dan semoga kita selalu di beri kesehatan oleh Allah SWT, sekian terima kasih. dan jika ingin bertanya silahkan di kolom komentar.

7 komentar untuk "Cara Pindah Bpjs PBI ke Mandiri 2021, Bisakah Dengan Cara Online?"

  1. Misal si ibu ingin keluar dari BPJS PBI,ke BPJS Mandiri, apakah anggota keluarga lain harus ikut juga?? Karena si ibu ini akan ditanggung iurannya oleh anaknya yg sudah mampu ( sudah PNS), terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya kalo masih satu Kartu Keluarga harus semua, atau bisa di pisah KK nya

      Hapus
  2. Conto anak tidak ditanggungi olehgaji pns umur 27 thnmi bagai mana solusinya anak ini sudah lulus disuatu perusahaan

    BalasHapus
  3. Pak .. ini bisa langsung digunakan apa menunggu bbrp bulan ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 14 hari setelah daftar dan sidah membayar iuran pertama bpjs mandiri, sudah bisa di gunakan

      Hapus
  4. Apakah perlu menunggu rekonsiliasi 6 bulan dari kemensos?

    BalasHapus