Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Proses Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri? - Berdasarkan Pengalaman

Berapa Lama Proses Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri? - Berdasarkan Pengalaman
Berapa Lama Proses Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri? - Berdasarkan Pengalaman

Ketika Peserta Bpjs kesehatan perusahaan sudah resign dari tempat kerjanya tentunya, kepesertaan Bpjs kesehatan nya sudah tidak aktif, karena memang pembayaran sudah di hentikan dari perusahaan tempatnya bekerja.

Alhasil agar kepesertaan nya pun bisa aktif kembali peserta Bpjs kesehatan harus memindahkan atau memutasikan kepesertaan nya dari Bpjs kesehatan perusahaan ke Bpjs kesehatan Mandiri. Yang jadi pertanyaan Berapa lama proses Pindah Bpjs perusahaan ke mandiri? Apakah bisa langsung Aktif?

Berdasarkan pengalaman saya ketika melakukan proses perpindahan dari Bpjs perusahaan ke mandiri milik adik saya setelah resign, ternyata kepesertaan nya aktif kembali selama 14 hari dari waktu melakukan perpindahan ke kantor Bpjs kesehatan, karena ketika itu saya melakukannya dengan melapor ke kantor Bpjs kesehatan. Oia selain menunggu 14 hari kartunya juga baru aktif setelah melakukan pembayaran pertama.

Saya penasaran kenapa harus sampai menunggu 14 hari untuk melakukan proses perpindahan, itu kan sama saja seperti daftar baru peserta Bpjs kesehatan mandiri. tanpa ragu saya pun bertanya kepada mbak mbak customer servis nya.

Dengan ramah CS nya pun menjawab, karena proses perpindahan nya sudah melebihi satu bulan dari resign nya adik saya. seharusnya adik saya melakukan perindahan dari Bpjs kesehatan perusahaan ke Bpjs Mandiri kurang dari 30 hari semenjak resign, kalau seperti itu bisa langsung aktif setelah iuran pertama di bayarkan.

Kantor Cabang Bpjs kesehatan Cikarang Kab. Bekasi

Bisa Juga Menghubungi Call Center Bpjs Kesehatan

Kemudian CS nya pun menjelaskan selain datang ke kantor Bpjs kesehatan untuk melakukan perpindahan dari Bpjs perusahaan ke mandiri bisa di lakukan dengan cara menelpon Call center Bpjs kesehatan di Nomor 1500400. dan lamanya proses pindahnya pun sama seperti datang ke kantor Bpjs kesehatan.

Kemudian persyaratan apa saja yang saya dan adik saya bawa waktu itu ? 

Persyaratan yang saya bawa waktu itu untuk melakukan perindahan dari Bpjs perusahaan ke mandiri ialah sebagai berikut:

  • Kartu Bpjs kesehatan perusahaan
  • Foto copy Kartu keluarga 
  • Foto copy KTP
  • KTP ASLI yang bersangkutan 
  • Foto copy Paklaring atau surat keterangan berhenti Bekerja
Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Bpjs Mandirinya

Kartu Bpjs kesehatan perusahaan adik saya di tarik oleh CS Bpjs kesehatan. dan ketika itu adik saya pun tidak mendapatkan kartu Bpjs kesehatan Mandiri nya. Mbak CS nya bilang untuk kartu nya nanti bisa di ambil kembali di kantor Bpjs kesehatan setelah 14 hari dan setelah membayar iuran dengan membawa bukti pembayaran pertama nya. Selain itu kartu nya juga bisa di cetak sendiri melalui Aplikasi Mobile Jkn, untuk cara cetak kartu dengan Aplikasi mobile JKN sudah saya tulis pada Artikel sebelumnya (Cara Cetak Kartu Bpjs kesehatan di Aplikasi Mobile JKN).

Apakah Bisa di Lakukan Secara Online ?

Pertanyaan saya berikutnya kepada mbak CS nya apakah bisa pindah dari Bpjs perusahaan ke mandiri secara online? Kan kalau bisa lebih mudah tuh , dan murah juga tentunya. Ternyata untuk pindah dari Bpjs kesehatan perusahaan ke Mandiri masih belum bisa di lakukan secara online.

Berapa Iuran Bpjs kesehatan perbulannya jika sudah di alihkan dari Bpjs perusahaan ke mandiri

Dengan memindahkan kepesertaan Bpjs kesehatan dari perusahaan ke mandiri artinya kita sebagai peserta Bpjs kesehatan membayar iurannya secara mandiri yang tadinya di bayarkan oleh perusahaan. Berikut iuran Bpjs kesehatannya:
  1. Kelas rawat 1 Sebesar Rp 150.000 / bulan perorang
  2. Kelas rawat 2 Sebesar Rp 100.000/ bulan perorang 
  3. Kelas rawat 3 Sebesar Rp 42.000 / bulan perorang dengan ketentuan Rp 25.500 di bayar oleh peserta dan Rp 16.500 di bayar oleh pemerintah pusat.
Iuran Bpjs kesehatan di atas sampai Desember 2020. Sedangkan untuk tahun 2021 dan seterusnya berdasarkan Peraturan Presiden No.64 Tahun 2020 berubah untuk iuran yang memilih kelas rawat 3 saja yakni sebesar Rp 42.000 dengan ketentuan:
  • Rp 35.000 di bayar oleh peserta Bpjs kesehatan, dan
  • Rp 7000 di bayar oleh pemerintah daerah
Iuran iuran Bpjs kesehatan mandiri di atas untuk satu orang, jadi apabila dalam satu keluarga di Kartu Keluarga lebih dari satu orang, tinggal di kali jumlah anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga.

Jadi Dapat di simpulkan

Berapa lama proses Pindah Bpjs perusahaan ke mandiri ialah jika peserta melakukan perpindahan sebelum 30 hari setelah resign kartu Bisa langsung aktif setelah melakukan pembayaran pertama nya. Akan tetapi jika melakukan perpindahan nya lebih dari 30 hari setelah resign kartu baru bisa aktif setelah 14 hari dari proses perpindahan dan setelah melakukan pembayaran pertama.

Sekedar Informasi. Peserta Bpjs kesehatan perusahaan yang telah resign dan tidak bekerja kembali bisa memutasikan kepesertaan nya ke Bpjs kesehatan segmen PBI yang iurannya di bayarkan oleh pemerintah tentunya jika pekerja tersebut tergolong rakyat miskin atau tidak mampu. ketentuan tersebut tertuang di Peraturan Presiden No. 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan.

Demikian lah pengalaman saya ketika mengantar adik saya untuk melakukan proses perpindahan Bpjs perusahaan ke mandiri, semoga bisa bermanfaat.


2 komentar untuk "Berapa Lama Proses Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri? - Berdasarkan Pengalaman"

  1. Bagaimana dgn mereka yg sdh pensiun. Kalo saya membaca utk ygresignada tenggang waktu 1bln.

    BalasHapus
  2. Apakah harus autodebit untuk pembayaran?

    BalasHapus