Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Langsung Aktif Setelah Resign, Bpjs Kesehatan 2020

Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Langsung Aktif Setelah Resign
Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Langsung Aktif Setelah Resign
Setiap perusahaan atau Badan Usaha wajib mendaftarkan pekerjanya ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Bpjs Kesehatan dengan segmen Kepesertaan Pekerja Penerima Upah. Akan tetapi Bagaimana jika pekerja nya sudah Resign? dan Bagaimana Caranya Pindah Dari Bpjs Kesehatan Perusahaan (PPU) ke Bpjs Kesehatan Mandiri (PBPU) agar langsung Aktif?

Pekerja yang sudah resign dari tempat kerjanya di sarankan untuk segera merubah kepesertaaan Bpjs kesehatan nya atau pindah dari Bpjs Kesehatan perusahaan ke Bpjs kesehatan mandiri. Karena jika suatu saat pekerja tersebut sakit, kepesertaan Bpjs kesehatan tidak bermasalah jika di pakai untuk berobat.

Dengan pindah dari Bpjs perusahaan ke mandiri artinya pekerja tersebut harus membayar iuran sendiri beserta keluarga nya dalam satu Kartu Keluarga. yang tadinya iuran Bpjs kesehatan nya di bayarkan oleh perusahaan.


Iuran Bpjs kesehatan segmen mandiri (PBPU) sendiri sudah beberapa kali mengalami perubahan dan terbaru ialah tertuang dalam Peraturan Presiden No 64 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Perpres No 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan ialah sebagai berikut :

Mulai Juli 2020 s/d Desember 2020
  • Kelas 3 Sebesar Rp 42.000 dengan ketentuan Rp 25.500 di bayar oleh peserta dan Rp 16.500 di bayar oleh pemerintah pusat
  • Kelas 2 sebesar Rp 100.000
  • Kelas 1 sebesar Rp 150.000
Mulai Januari 2021 dan seterusnya
  • Kelas 3 Sebasar Rp 42.000 dengan ketentuan Rp 35.000 di bayar oleh peserta dan Rp 7000 di bayar oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah
  • Kelas 2 sebesar Rp 100.000
  • Kelas 1 sebesar Rp 150.000
Cara Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Langsung Aktif Setelah Resign

Cara pindah Bpjs perusahaan ke mandiri agar langsung aktif ialah pekerja setelah Resign harus segera memindahkannya paling lambat sebelum 30 hari setelah resign. Jika pekerja melewati 30 hari setelah resign maka aktif kartu Bpjs kesehatan mandirinya 14 hari setelah melakukan perpindahan dan setelah membayar iuran pertama.

Cara Pindah Bpjs Perusahaan ke Mandiri bisa di lakukan dengan 2 cara ialah dengan datang ke kantor Bpjs kesehatan atau menghubungi Callcenter Bpjs kesehatan di Nomor 1500400. Dengan membawa beberapa Dokumen sebagai berikut:
  1. Kartu Bpjs Kesehatan seluruh anggota keluarga
  2. Foto Copy KTP (Bawa Asli Bagi yang melapor)
  3. Foto Copy Kartu Keluarga
  4. Surat Keterangan Berhenti Bekerja (Vaklaring)
  5. Buku Rekening Tabungan (Mandiri/BNI/BTN/BCA)
Bawa semua persyaratan tersebut ke kantor Bpjs kesehatan nanti disana akan di berikan formulir, isi lah sesuai data diri anda.

Banyak juga pertanyaan apakah bisa pindah dari Bpjs perusahaan ke mandiri di lakukan dengan cara online? Melakukan perpindahan dari Bpjs Kesehatan ke mandiri hanya bisa di lakukan 2 cara tersebut saja, untuk saat ini masih belum bisa di lakukan dengan cara online

Pekerja Yang Resign atau di PHK Bpjs kesehatan nya aktif selama 6 Bulan Tanpa Bayar iuran

Ketentuan dalam Perpres no 82/2018 pekerja yang di PHK kartu Bpjs Kesehatan nya masih aktif selama 6 bulan tanpa membayar iuran dan mendapat hak kelas rawat 3 dengan ketentuan sebagai berikut :
  • PHK yang sudah ada putusan pengadilan hubungan industrial dengan dibuktikan putusan/akta pengadilan hubungan industrial
  • PHK karena penggabungan perusahaan di buktikan dengan akta notaris
  • PHK karena perusahaan pailit/mengalami kerugian dibuktikan dengan putusan kepailitan dari pengadilan
  • PHK karena pekerja mengalami sakit berkepanjangan dan tidak mampu bekerja di buktikan dengan surat keterangan dokter
Akan tetapi jika PHK nya masih ada sengketa dan sudah di ajukan di lembaga perselisihan hubungan industrial maka baik peserta maupun perusahaan wajib membayarkan iurannya.

Dalam Perpres tersebut juga di sebutkan apabila pekerja yang di PHK tidak bekerja kembali dan tergolong miskin atau tidak mampu maka bisa di daftarkan ke Bpjs kesehatan dengan Kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya di bayarkan oleh pemerintah.

Dengan menjadi peserta Bpjs kesehatan tentunya banyak keuntungan yang di dapat, jika kita memerlukan pelayanan kesehatan kita akan mendapatkan nya secara gratis asalkan sesuai prosedur.

Memang tak bisa di pungkiri masih banyak hal yang harus di perbaiki lagi dalam sistem Bpjs kesehatan. itu terbukti masih tingginya keluhan dari masyarakat atas pelayanan dari Bpjs Kesehatan. Semoga kedepannya Program Jaminan Kesehatan Nasional, Bpjs kesehatan menjadi lebih baik lagi.

Posting Komentar untuk "Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Langsung Aktif Setelah Resign, Bpjs Kesehatan 2020"