Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bebas Resiko, Ini Cara Alami Menurunkan Berat Badan Tanpa Perlu Diet Ekstrem


Bebas Resiko, Ini Cara Alami Menurunkan Berat Badan Tanpa Perlu Diet Ekstrem
Bebas Resiko, Ini Cara Alami Menurunkan Berat Badan Tanpa Perlu Diet Ekstrem
Sudah mati-matian melakukan diet tapi berat badan tak kunjung turun? Daripada Anda menyiksa diri sendiri dengan diet, lebih baik coba cara alami menurunkan berat badan yang sehat tanpa melakukan diet ekstrem yang bisa sangat beresiko.

Ketika ingin menurunkan berat badan, kebanyakan orang pasti akan langsung berpikir untuk diet. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela melakukan diet super ketat dan ekstrem demi dapat cepat menurunkan berat badan. Padahal diet bukan satu-satunya cara, ada cara lain yang bisa dilakukan seperti dengan cara alami.
Resiko Dan Bahaya Melakukan Diet Ekstrem
Tak dipungkiri, tidak sedikit orang yang sukses menurunkan berat badan secara instan dengan melakukan diet ekstrem. Namun tahukah Anda? Di balik proses yang instan ini terdapat banyak resiko yang bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Karenanya, menurunkan berat badan secara bertahap dengan cara alami dinilai lebih baik.
Nah, bagi Anda yang masih memikirkan ingin diet ekstrem, sebaiknya ketahui 6 resiko bahayanya bagi kesehatan tubuh berikut ini:
     1. Kekurangan Nutrisi
Sebagian besar pola diet menerapkan defisit kalori yang dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi. Sebagai contoh dalam diet keto, pola diet ini melarang akan konsumsi karbohidrat yang merupakan zat gizi utama yang dibutuhkan tubuh untuk energi. Sehingga menghentikan konsumsinya secara total bisa membuat tubuh menjadi lemas, lesu dan tidak bertenaga. Dalam kasus yang lebih ekstrem, hal ini juga bisa menyebabkan anemia, kerontokan rambut dan sembelit.
          2. Metabolisme Menurun
Disadari atau tidak, melakukan metode penurunan berat badan secara instan dengan diet ekstrem dapat berakibat pada metabolisme yang terhambat. Sebab ketika melakukan diet ketat yang mengurangi asupan kalori, tubuh akan bekerja lebih keras agar bisa menghemat energi sehingga membuat metabolisme tubuh menurun. Ironisnya, hal ini juga akan membuat tubuh menyimpan lebih banyak lemak dan membuat otot tubuh menjadi lemas bila tidak cukup protein.
          3. Massa Otot Berkurang
Diet ekstrem dengan hasil penurunan berat badan yang cepat dapat membuat tubuh justru kehilangan massa otot, bukan lemak. Beda halnya jika melakukan cara alami menurunkan berat badan yang akan tetap mempertahankan massa lemak dengan mengurangi berat badan secara bertahap.
      4. Dehidrasi
Dehidrasi merupakan efek samping yang umum muncul karena melakukan diet yang sifatnya terbatas. Hal ini karena turunnya berat badan secara drastis dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan, bukan lemak. Akibatnya, tubuh mengalami dehidrasi yang juga dapat menyebabkan sembelit, sakit kepala, kram otot hingga keletihan. Jika kondisi ini dibiarkan dalam jangka waktu lama, bisa berdampak pada kondisi lebih serius seperti gangguan fungsi ginjal.
          5. Efek Buruk Pada Kesehatan Mental
Jika pada umumnya orang ingin menurunkan berat badan agar lebih percaya diri dan bahagia, maka mungkin ini tidak akan tercapai bila diwujudkan dengan diet ekstrem. Pasalnya karena penurunannya yang cepat, kita mungkin merasa belum puas sehingga malah menyebabkan perkembangan kelainan pola makan hingga meningkatkan resiko kondisi kesehatan mental.
      6. Sistem Keseimbangan Tubuh Terganggu
Keseimbangan tubuh bisa tetap terjaga bila perubahan terjadi secara bertahap. Namun mengingat ini adalah diet ekstem maka perubahan itu akan terjadi secara drastis. Sehingga keseimbangan tubuh bisa jadi terganggu dan mengakibatkan tubuh kesulitan untuk merespon dan menyesuaikan dirinya.

Cara Alami Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ekstrem
Cara menurunkan berat badan yang terbaik adalah yang proses penurunannya bertahap atau alami alias tidak instan. Walaupun untuk masalah waktu memang akan lebih lama, namun untuk masalah hasil yang didapatkan akan lebih permanen. Nah, mau tahu cara alami menurunkan berat badan tanpa diet? Berikut ini yang bisa Anda ikuti:
     1. Tambahkan Protein Dalam Menu Makanan
Protein memiliki efek baik untuk membantu mengontrol nafsu makan. Ini dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama, mengurangi rasa lapar dan membantu agar sedikit mengonsumsi kalori. Selain itu, protein juga membantu membentuk otot jika dibarengi dengan berolahraga. Sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak lemak dan kalori. Beberapa makanan tinggi protein antara lain salmon, dada ayam, tempe, telur, ikan dan kacang-kacangan.
      2. Jangan Menyetok Camilan Tidak Sehat
Menyimpak stok makanan atau camilan tidak sehat di rumah dapat membuat keinginan Anda untuk memakannya jadi meningkat. Untuk itu, sebaiknya tidak perlu menyetok makanan-makanan semacam ini di rumah, terutama di bagian yang mudah terlihat seperti di dalam rak atau lemari.
Sebaliknya, selalu siapkan camilan sehat untuk bisa Anda konsumsi setiap waktu di rumah saat menginginkannya. Seperti buah, roti gandum, kacang almond dan lain sebagainya yang sehat dan rendah kalori.
      3. Konsumsi Makanan Kaya Serat
Mengonsumsi makanan kaya serat dapat membantu menurunkan berat badan dengan memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga bermanfaat membersihkan saluran pencernaan dan membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Makanan kaya akan kandungan serat yang baik untuk penurunan berat badan antara lain adalah buah pir, pisang, pepaya, alpukat, jagung, brokoli, kubis, kacang polong, asparagus, beras merah dan sereal gandum.
      4. Perbanyak Minum Air Putih
Menurut para ahli, orang yang minum air lebih banyak cenderung mengonsumsi makanan lebih sedikit dibandingkan dengan yang minum sedikit air. Mereka juga lebih jarang menyantap makanan tinggi gula, garam dan kolesterol, sehingga ini akan sangat menguntungkan bila ingin menurunkan berat badan. Untuk itulah, perbanyak minum air putih terutama sebelum makan, cukup satu gelas.
      5. Kurangi Porsi Makan
Tidak seperti dalam program diet ekstrem yang melarang Anda mengonsumsi jenis makanan tertentu. Dalam melakukan cara alami menurunkan berat badan, Anda bebas memakanan apapun jenis makanan yang Anda inginkan. Hanya saja porsinya harus dikurangi agar lebih sedikit dari biasanya. Tidak perlu khawatir kelaparan, karena frekuensi makan Anda akan tetap tiga kali sehari atau boleh lebih dengan catatan porsi makannya harus kecil.
      6. Tidur Malam 7-8 Jam Per Hari
Bagi Anda yang sering malam-malam bergadang, sebaiknya hilangkan kebiasaan ini mulai dari sekarang bila ingin berat badan ideal. Sebab ini bisa jadi alasan mengapa berat badan Anda tidak kunjung turun.
Ini karena ketika kurang tidur, hormon pengatur nafsu makan dapat terganggu sehingga kita akan cenderung merasa lapar sepanjang hari dan sulit menurunkan berat badan. Jadi, pastikan Anda cukup tidur malam selama 7-8 jam per harinya.
      7. Aktif Bergerak dan Perbanyak Jalan Kaki
Saat tubuh diam dan jarang bergerak, tentu tidak akan ada kalori yang terbakar menjadi energi. Alhasil, berat badan pun tidak akan turun bahkan mungkin saja naik.
Untuk itu, sebisa mungkin aktiflah bergerak dan sempatkan waktu untuk berolahraga. Atau setidaknya, biasakan memilih berjalan kaki bila hendak pergi ke tempat yang tidak begitu jauh, tanpa kendaraan atau eskaltor.
Nah, itulah tadi beberapa cara alami menurunkan berat badan tanpa perlu diet ekstrem yang bisa Anda ikuti. Dibandingkan dengan melakukan diet, cara-cara diatas lebih aman dan sehat, juga terbukti efektif selama dilakukan secara konsisten.

Posting Komentar untuk "Bebas Resiko, Ini Cara Alami Menurunkan Berat Badan Tanpa Perlu Diet Ekstrem"