Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisakah Menonaktifkan Peserta Bpjs Kesehatan Yang Sudah Meninggal Secara Online

Bisakah Menonaktifkan Peserta Bpjs Kesehatan Yang Sudah Meninggal Secara Online
Bisakah Menonaktifkan Peserta Bpjs Kesehatan Yang Sudah Meninggal Secara Online
Bisakah Menonaktifkan Peserta Bpjs Kesehatan Yang Sudah Meninggal Secara Online? - Banyak pertanyaan datang kepada saya tentang cara menonaktifkan peserta Bpjs kesehatan yang sudah meninggal secara Online, maka kali ini saya akan coba menjelaskan bagaimana cara menonaktifkan peserta Bpjs kesehatan yang sudah meninggal.

Sebelum membahas bagaimana caranya, satu hal yang perlu di ketahui, peserta bpjs kesehatan yang sudah meninggal maka kepesertaanya harus segera di non aktifkan, kenapa?.. karena jika tidak segera di nonaktifkan kepesertaanya, iurannya akan terus di hitung, sehingga dapat membebankan peserta yang lainnya dalam satu kartu keluarga.

Karena pada kepesertaan PBPU (Bpjs mandiri) iuran yang di bayarkan tiap bulannya di hitung satu keluarga berdasarkan kartu keluarga, tidak di hitung satu satu.

Apabila peserta membayar Bpjs Kesehatan cukup membayar dengan salah satu peserta, dan iuran yang di hitung untuk semua keluarga.

Maka jika ada peserta Bpjs kesehatan di dalam satu keluarga yang meninggal dunia, agar segera di nonaktifkan, ini bertujuan untuk menghentikan iurannya (peserta yang meninggal tersebut). Bagaimana caranya? Apakah bisa di lakukan dengan cara online? Berikut penjelasan nya.

Cara Menonaktifkan Peserta Bpjs Kesehatan Yang Sudah Meninggal

Sepengalaman saya ketika mengurus menonaktifkan Bpjs kesehatan Almarhum Bapak saya ( semoga Allah SWT mengampuni dosa dosanya.. amiin) menonaktifkan peserta Bpjs kesehatan yang sudah meninggal dunia tidak bisa dilakukan dengan cara online, saya sendiri selaku anaknya mendatangi langsung kantor Bpjs Kesehatan.

Caranya pun cukup mudah, saya membawa dokumen dokumen pendukung / syarat syaratnya dan di sana mengisi formulir dan antri menunggu panggilan dari customer servis / petugas bpjs kesehatan.

Karena kebetulan Kantor bpjs kesehatan di daerah saya banyak petugas pelayanannya antriannya tidak lama, yah..  sekitar kurang dari 30 menit prosesnya selesai.

Syarat - syarat yang harus dibawa untuk Menonaktifkan Peserta Bpjs Kesehatan Yang Sudah Meninggal
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas prosesnya pun tida lama asalkan syarat syarat nya lengkap dan tidak ada masalah, apa saja syarat syarat nya? Sebagai berikut:
  1. Kartu Bpjs Kesehatan Almarhum (ASLI)
  2. foto copy kartu keluarga
  3. Foto copy KTP Almarhum
  4. Surat kematian dari Rumah Sakit (Bisa juga dari kelurahan)
  5. KTP Asli untuk yang melapor ke kantor bpjs kesehatan
Sebelum melapor datang ke kantor bpjs kesehatan pastikan semuanya tidak ada masalah dari dokumen dokumen nya, dan juga pastikan anda tidak memiliki tunggakan iuran Bpjs Kesehatan, karena kalau Bpjs Kesehatan nya masih menunggak maka harus di lunasi terlebih dahulu.

Satu hal lagi yang penting, untuk yang melapor ke kantor Bpjs Kesehatan harus keluarga almarhum yang ada di dalam kartu keluarga, atau bisa yang tidak ada dalam satu Kartu keluarga asalkan punya hubungan saudara atau keluarga dengan bisa di buktikan dokumen pendukung.

Contohnya saya sendiri Kartu keluarga saya sudah pisah dari orang tua dan saya masih bisa mewakilinya, dengan cara saya membawa kartu keluarga saya, nanti di sana petugas mengecek kartu keluarga saya, mereka melihat nama orang tua saya di kartu keluarga saya.

Menghubungi Call Center Bpjs Kesehatan di 1500400

Menonaktifkan Bpjs kesehatan peserta yang sudah meninggal dunia bisa juga di lakukan dengan cara menghubungi callcenter Bpjs Kesehatan di Nomor 1500400.

Cara ini terbilang lebih mudah, kita tidak perlu repot-repot datang ke kantor bpjs kesehatan, akan tetapi memang terkadang susah tersambungnya.

Menghubungi call center Bpjs Kesehatan di lakukan pada jam kerja dan hari kerja, langsung saja berbicara ke customer servisnya.

Pelayanan Bpjs Kesehatan apa saja yang bisa di lakukan dengan cara online?

Di jaman era digital sekarang ini semuanya di permudah dengan adanya internet dan Mobil Apps, termasuk urusan bpjs kesehatan, tetapi tidak semuanya bisa di lakukan dengan cara online, kemudian apa saja yang bisa di lakukan dengan cara online?

Bpjs kesehatan memiliki aplikasi yang bernama Mobile jkn yang bisa di download di playstore, aplikasi ini mempermudah pesertanya seperti:
Sebagai peserta Bpjs kesehatan pentingnya kita mengetahui aturan aturan dari Bpjs Kesehatan, tentunya hal tersebut dapat mempermudah kita sebagai peserta jika ingin berobat dengan bpjs kesehatan.

Demikian sedikit penjelasan tentang Bisakah Menonaktifkan Peserta Bpjs Kesehatan Yang Sudah Meninggal Secara Online?. Semoga dapat bermanfaat,dan jika ada pertanyaan silahkan di kolom komentar, sekian dan terima kasih..

Posting Komentar untuk "Bisakah Menonaktifkan Peserta Bpjs Kesehatan Yang Sudah Meninggal Secara Online"