Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Daftar Bpjs Kesehatan (KIS) Jika Salah Satu Anggota Keluarga Sudah Terdaftar 2020

Begini Cara Daftar Bpjs Kesehatan (KIS) Jika Salah Satu Anggota Keluarga Sudah Terdaftar 2020
Cara Daftar Bpjs Kesehatan (KIS) Jika Salah Satu Anggota Keluarga Sudah Terdaftar
Cara Daftar Bpjs Kesehatan (KIS) Jika Salah Satu Anggota Keluarga Sudah Terdaftar - Pemerintah mewajibkan masyarakat Indonesia untuk menjadi peserta Bpjs kesehatan, baik itu dalam segemen PBI, PPU (Perusahaan), Maupun PBPU (Bpjs Mandiri), untuk segmen Bpjs mandiri sendiri Pendaftaran bpjs kesehatan di lakukan untuk semua anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga.

Pendaftaran Bpjs Kesehatan pun sekarang jadi lebih mudah, karena bisa di lakukan dengan cara online, hal tersebut mempermudah sehingga dapat menghemat waktu dan biaya, kita tidak perlu repot-repot datang ke kantor Bpjs kesehatan.

Akan tetapi pendaftaran melalui online terkadang terkendala mulai dari NIK tidak di temukan sampai dengan salah satu anggota keluarga sudah terdaftar di Bpjs Kesehatan.

Jika salah satu anggota keluarga sudah terdaftar di Bpjs Kesehatan (KIS), untuk melakukan pendaftaran anggota lainnya tidak bisa dilakukan secara online dengan aplikasi mobile jkn, Kalau seperti itu bagaimana solusinya? Bagaimana cara daftar Bpjs kesehatan (KIS) jika salah satu anggota keluarga sudah terdaftar? simak terus yah....

Cara Daftar Bpjs Kesehatan (KIS) Jika Salah Satu Anggota Keluarga Sudah Terdaftar

Karena aplikasi mobile jkn tidak bisa melakukan pendaftaran Bpjs Kesehatan jika salah satu anggota keluarga sudah terdaftar maka pendaftaran bisa di lakukan dengan cara

1. Kantor Bpjs kesehatan

Cara yang pertama ialah dengan mendatangi kantor Bpjs kesehatan di daerah anda masing-masing dengan membawa persyaratan sebagai berikut:

  • Foto copy KTP (Asli untuk yang melapor ke kantor bpjs kesehatan)
  • Foto copy Kartu Keluarga
  • Foto copy Rek tabungan MANDIRI / BNI / BTN
  • Kartu Bpjs Kesehatan anggota keluarga yang sudah terdaftar ( Asli dan foto copy)
Apabila anda tidak memiliki kartu bpjs kesehatan anggota yang sudah terdaftar tidak masalah, nanti di kantor bpjs kesehatan akan di cek kepesertaan keluarga anda.

2. Call center Bpjs Kesehatan 1500400

Cara kedua ini cukup mudah, yang bisa di lakukan di rumah,  akan tetapi menelpon call center bpjs kesehatan bisa dikenakan biaya pulsa.

Sebelum menelpon call center Bpjs Kesehatan siapkan semua persyaratan seperti daftar di kantor bpjs kesehatan, customer servis Bpjs Kesehatan pasti akan menanyakan nya, maka siapkan kan persyaratannya terlebih dahulu sebelum menelpon. 

Jika anda berhasil mendaftar melalui call center Bpjs Kesehatan kartunya bisa di cetak melalui aplikasi Mobile Jkn, nanti kartunya berupa Elektronik id (E - id). Kegunaan kartu E id dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sama saja, bahkan E-id pun tidak masalah jika di cetak hitam putih.

Kapan aktifnya?
Kartu  Bpjs Kesehatan baru bisa aktif dan bisa di pakai untuk berobat jika sudah 14 hari dari pendaftaran dan sudah di bayarkan iuran pertama. 

Artinya jika belum 14 hari pembayaran pertama belum bisa di lakukan. Pembayaran pertama baru bisa di lakukan setelah 14 hari dari daftar, jika sudah di bayar, kartu pun langsung aktif dan sudah bisa di pakai untuk Berobat.

Cara Daftar Bpjs Kesehatan Untuk Semua Segmen Kepesertaaan Terbaru 2020

Bpjs mandiri / Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)

Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mendaftar sebagai peserta Bpjs mandiri baik secara offline maupun online antara lain:
  • Daftar di kantor Bpjs kesehatan
  • Daftar Dengan Aplikasi Mobile Jkn
  • Daftar Melalui call center Bpjs Kesehatan di 150040
Untuk penjelasan dari daftar bpjs kesehatan dari 3 cara di atas bisa di baca pada artikel saya sebelumnya.

Pekerja Penerima Upah (PPU) /Bpjs Perusahaan

Bpjs PPU ialah Bpjs kesehatan yang di peruntukan pekerja, baik pekerja swasta maupun pegawai pemerintah termasuk TNI dan polri juga anggota DPRD dengan pembayaran iuran di bayarkan oleh Pekerja dan pemberi kerja.

Pendaftaran Bpjs Kesehatan PPU Sendiri hanya bisa di lakukan di institusi terkait, kalau di perusahaan sendiri pendaftaran Bpjs PPU biasa di lakukan oleh HRD di perusahaan tersebut.

Setiap badan usaha wajib mendaftarkan pekerjanya pada Program Jaminan Kesehatan (JKN KIS) Bpjs Kesehatan. Jika tidak perusahaan tersebut akan di kenakan sanksi.

Penerima Bantuan Iuran (PBI)

Bpjs kesehatan segmen PBI atau biasa disebut KIS dari pemerintah atau KIS PBI diperuntukan warga kurang mampu atau rakyat miskin.

Jadi pendaftaran Bpjs Kesehatan KIS PBI menurut peraturan di lakukan oleh kementerian sosial atau dinas sosial di daerah.

Akan tetapi, jika anda memang benar benar warga tidak mampu dan belum terdaftar di KIS PBI, anda  bisa mengajukan pendaftaran KIS PBI, bisa di kelurahan atau dinas sosial di daerah kalian masing masing.

Sebenarnya lebih tepatnya bukan pendaftaran, akan tetapi proses pengajuan agar di daftarkan di KIS PBI, karena nanti anda akan di nilai apakah benar benar berhak mendapatkan KIS PBI atau tidak.

Demikian penjelasan tentang Cara Daftar Bpjs Kesehatan (KIS) Jika Salah Satu Anggota Keluarga Sudah Terdaftar semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, semoga kita selalu di beri Kesehatan oleh ALLAH SWT. Wassalam...

15 komentar untuk "Begini Cara Daftar Bpjs Kesehatan (KIS) Jika Salah Satu Anggota Keluarga Sudah Terdaftar 2020"

  1. Mau tanya dong,aku udh habis kontrak sekitar 2 tahun yg lalu,nah aku kira setelah kontrak berakhir aku sudah tdk terdaftar lagi,ternyata pas mau bikin bpjs online buat mamah sama bpk aku ternyata aku sudah terdaftar..nah ditambah lagi kartu bpjs aku ilang jadi nya aku harus gymana ya??dan selama 2 tahun ini status bpjs aku nonaktif atau hitungan nya aku nunggak.
    Tolong di balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaka tadinya bekerja dan terdaftar di Bpjs Kesehatan perusahaan (PPU), dan resign otomatis kartunya non aktif, nah kalau seperti itu jika mendaftar di Bpjs Kesehatan tidak ada tunggakan ka,

      Cara daftarnya saya sarankan menelpon ke callcenter bpjs kesehatan di 1500400, tidak masalah walaupun kartunya hilang dan nanti customer servisnya akan mengecek,jika kaka masih satu kartu keluarga (KK) dengan orang tua maka dafarnya semua untuk satu keluarga.
      Kenapa harus ke call center, menurut informasi yang saya dapat untuk sementara ini ke kantor bpjs kesehatan di batasi hanya untuk yang urgent saja, mencegah covid19

      Hapus
  2. Ada persyaratan yg harus disiapkan terlebih dahulu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapkan seperti daftar Bpjs di kantor Bpjs kesehatan, liat artikel di atas

      Hapus
  3. Sama satu lagi aku mau nanya untuk rekening aku punya nya yg sudah tidak aktif,apa bisa pakai rekening atas nama yang tidak ada di kk??seperti rekening kakak laki2 saya karna dia sudah tidak satu kk lagi dengan keluarga saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengalaman saya tidak bisa kalau tidak satu KK, bikin rek baru z ka

      Hapus
  4. Oke terimakasih byk sangat membantu informasi nya.

    BalasHapus
  5. Min, anggota keluarga sy sudah ada yg daftar. Nah saya blm dan saat ini saya menganggur (dan sdh tdk ditanggung ortu lg). Kalo saya daftar mandiri dan mengambil kelas yg berbeda dr keluarga saya di kk bisa tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang tuanya terdaftar di Bpjs Kesehatan kepesertaaan apa?
      Mandiri? Atau Bpjs perusahaan /pns? Atau Bpjs PBI

      Hapus
    2. Maaf,saya mau mendaftar BPJS tpi alamt saya di medan,qpakah bisa saya daftar di daerah riau?

      Hapus
  6. Saya mau nanya,anggota keluarga satu kk semua udah punya bpjs kecuali saya sendiri yang belum,terus kalo saya mau bikin cara nya peryaratannya apa aja ya kak.makasih

    BalasHapus
  7. Saya dan suami dan kedua anak saya terdaftar d bpjs pbi,sedangkan kedua anakku lagi tidak dpt kartu bpjs, kenapa ya.. Jika tahu sebabnya mohon infonya terima kasih..

    BalasHapus
  8. Suami saya terdaftar sebagai PBI tapi istri dan anak yg tidak terdaftar gimana cara ya

    BalasHapus
  9. Kak saya sudah terdaftar bpjs di perusahan tp sudah 2thn resign dr perusahaan itu apakah masih bisa dipakai trs seandainya bisa dipakai apakah bisa untuk berobat suami? Seandainya tidak bisa gimana cara daftar bpjs yg baru untuk suami

    BalasHapus
  10. Mau bertanya, jika seseorang sudah memiliki KIS apakah tetap perlu mendaftar BPJS kesehatan mandiri?

    BalasHapus