Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Nomor Bpjs Kesehatan Dengan NIK KTP, - Bpjs Online

Cek Nomor Bpjs Kesehatan Dengan NIK KTP, - Bpjs Online 2020
Cek Nomor Bpjs Kesehatan Dengan NIK KTP, - Bpjs Online
 
Cara Cek Nomor Bpjs Kesehatan Dengan NIK KTP - pentingnya mengetahui nomor Bpjs Kesehatan karena dengan mengetahui nomor Bpjs Kesehatan nantinya bisa mengetahui aktif atau tidak nya kartu Bpjs Kesehatan.

Seperti di ketahui banyak pemegang Bpjs Kesehatan khususnya segmen KIS PBI yang di nonaktifkan.

Selain pada pengguna KIS PBI mengecek Keaktifan Bpjs Kesehatan juga penting pada pemegang Bpjs Kesehatan PBPU (Bpjs mandiri), karena sering telat menunggak iuran, peserta bpjs ragu ketika mau berobat apakah kartunya aktif, padahal salah satu cara untuk mengecek Keaktifan Kartu Bpjs Kesehatan harus mengetahui nomor Bpjs Kesehatan.

Kemudian bagaimana cara cek nomor Bpjs kesehatan? dan dan juga cara mengecek Keaktifan kartu Bpjs Kesehatan?

Ada Beberapa Cara cek Nomor Bpjs Kesehatan baik itu secara online maupun offline yang akan kita bahas sekarang.

Menelpon Call Center Bpjs Kesehatan di Nomor 1500400

Cara pertama untuk mengecek Nomor Bpjs Kesehatan dengan NIK KTP dan mengecek Keaktifannya bisa dengan menelpon callcenter Bpjs Kesehatan di Nomor 1500400.

Dengan cara ini kita harus sedikit bersabar karena memang untuk masuk dan berbicara dengan customer servis nya agak susah.

Akan tetapi cara ini sangat saya sarankan, dengan menelpon callcenter Bpjs Kesehatan kita bisa menanyakan perihal kepesertaaan Bpjs Kesehatan kita, mulai dari menanyakan nomor bpjs kesehatan berdasarkan NIK KTP, cek keaktifan Bpjs Kesehatan, dan banyak hal lainnya yang berkaitan dengan Bpjs Kesehatan.

Selain itu juga, mendaftar Bpjs Kesehatan untuk peserta Baru Bpjs Kesehatan mandiri bisa dilakukan menelpon call center Bpjs Kesehatan.

Cek Melalui SMS Gateway di Nomor 087775500400

Cara berikutnya untuk mengetahui nomor Bpjs Kesehatan dengan NIK KTP adalah dengan melakukan SMS ke nomor 087775500400, dengan format sebagai berikut:
NIK{spasi}NIK KTP
Contoh : NIK 3216101205890006
Sedikitlah bersabar untuk mendapatkan sms jawaban dari Bpjs Kesehatan, cara ini juga bisa untuk mengetahui status keaktifan Bpjs Kesehatan.

Mengunjungi Kantor Bpjs Kesehatan

Tentunya dengan mengunjungi kantor bpjs kesehatan kita dapat mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan dengan NIK KTP.

Seperti ketika kartu Bpjs Kesehatan kita hilang ataupun rusak, bisa di ketahui nomornya dengan mengunjungi kantor Bpjs kesehatan.

Akan tetapi cara ini tidak saya rekomendasikan karena cara ini sangat repot dan memakan waktu tentunya, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan selain datang ke kantor bpjs kesehatan.

Mengunjungi faskes pertama Bpjs Kesehatan (Puskesmas/Klinik pratama/ klinik dokter pribadi)

Nah.. kalau yang ini saya sendiri pernah mengalaminya, ketika hendak berobat anak saya dengan jaminan Bpjs Kesehatan di puskesmas, yang ketika itu saya lupa membawa kartu Bpjs Kesehatan anak saya, yang saya bawa hanya Kartu keluarga.

Singkat cerita anak saya pun diterima berobat tanpa bawa kartu Bpjs Kesehatan tetapi hanya dengan menunjukkan Kartu keluarga.

Petugas pendaftaran pasien di puskesmas memberikan semua informasi kartu Bpjs kesehatan anak saya hanya dengan melihat NIK nya di kartu keluarga, mulai dari jenis kepesertaaan, kelas rawat, iuran yang di bayarkan, dan ke aktifkan kartu Bpjs Kesehatan.

Oleh karenanya dapat saya asumsikan faskes pertama bisa mengecek nomor kartu Bpjs Kesehatan hanya dengan NIK, dan mengetahui keaktifan kartu Bpjs Kesehatan.

Selain mengecek Nomor kartu Bpjs Kesehatan dengan NIK KTP, Bisa juga mengecek nomor Bpjs Kesehatan dengan nomor kartu bpjs kesehatan anggota keluarga lainnya.

Anggota keluarga yang saya maksud ialah anggota keluarga yang terdaftar dalam satu Kartu keluarga, yang bisa dilakukan sebagai berikut:

Melalui website resmi Bpjs Kesehatan

Dengan mengunjungi laman Bpjs Kesehatan https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ . Sebenarnya laman ini untuk mengecek tagihan iuran Bpjs kesehatan, tapi laman ini juga menampilkan seluruh nomor Bpjs Kesehatan anggota keluarga.

Caranya pun cukup mudah ialah dengan mengisi nomor bpjs kesehatan anggota keluarga lainnya dan tanggal lahir, isi juga nomor validasi kemudian klik tombol "cek".

Setelah berhasil data kepesertaaan Bpjs kesehatan dari nomor Bpjs Kesehatan jenis kepesertaaan Bpjs Kesehatan, jumlah anggota keluarga, dan iuran Bpjs kesehatan akan di tampilkan.

Dengan aplikasi Mobile jkn

Cara berikut nya untuk mengecek nomor bpjs kesehatan dengan nomor Bpjs Kesehatan anggota keluarga lainnya bisa dengan aplikasi mobile jkn, yang bisa kalian install dengan mendownload nya di playstore.

Cara ini terbilang mudah, murah dan simple, jika sudah berhasil di install lanjutkan ke menu daftar, dan aktivasi akun, laman Aktivasi akun, isi lah data kepesertaaan Bpjs Kesehatan anda, tentunya dengan data kepesertaaan anggota keluarga lainnya.

Setelah berhasil login ke aplikasi Bpjs Kesehatan di halaman utama anda bisa mengecek nomor Bpjs kesehatan anda.

Aplikasi ini sangat bermanfaat Bagi peserta Bpjs kesehatan, karena banyak hal yang bisa di kerjakan melalui aplikasi ini seputar Bpjs Kesehatan antara lain:
  • Pindah faskes pertama
  • Pendaftaran Peserta baru bpjs kesehatan peserta mandiri
  • Naik dan turun kelas bagi peserta Bpjs kesehatan mandiri
  • Cek iuran Bpjs kesehatan
  • Memberikan review pada faskes pertama
  • Cek riwayat kesehatan
  • Bertanya seputar Bpjs Kesehatan
  • Dan masih banyak lagi
Jadi kalian sebagai peserta Bpjs kesehatan tidak perlu bingung jika tidak mengetahui nomor bpjs kesehatan, mungkin bisa karena hilang atau sebagai nya, banyak cara mengecek nomor bpjs kesehatan bisa dengan NIK KTP ataupun dengan nomor Bpjs anggota keluarga lainnya.

Demikianlah Cara Cek Nomor Bpjs Kesehatan Dengan NIK KTP, semoga dapat bermanfaat, dan semoga kita selalu di berikan Kesehatan.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Nomor Bpjs Kesehatan Dengan NIK KTP, - Bpjs Online"