Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah (KIS PBI) Secara Online dan Offline, Pastikan Kartumu Aktif

5 Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah (KIS PBI) Secara Online dan Offline, Pastikan Kartumu Aktif
Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah (KIS PBI) Online Maupun Offline - Apakah kamu punya kartu KIS dari pemerintah atau KIS PBI? Kalau kamu pemegang kartu tersebut pastikan kartu mu aktif dengan cara mengecek nya secara berkala, berikut penjelasan tentang cara cek kartu KIS dari pemerintah (KIS PBI).

Pada pertengahan tahun lalu pemerintah Menonaktifkan sekitar 5,2 juta KIS PBI, jika anda mempunyai kartu KIS PBI sebaiknya di cek keaktifan nya,  jangan jangan itu termasuk anda yang di nonaktifkan, bakalan repot nantinya jika ingin berobat dengan KIS.

Akan tetapi sebelum masuk ke pembahasan Cara Cek kartu KIS dari Pemerintah (KIS PBI) secara Online Maupun Offline, Alangkah baiknya kita mengenal dulu apa itu KIS PBI.

Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran (KIS PBI) Ialah Salah satu jenis kepesertaaan dari Bpjs Kesehatan yang di peruntukan untuk warga Indonesia yang kurang mampu, KIS PBI sendiri iurannya di bayarkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Pemegang KIS dari Pemerintah (KIS PBI) mendapatkan kelas rawat 3, dengan faskes tk 1 nya di puskesmas daerahnya masing-masing, KIS PBI sendiri tertolong menjadi 2, yaitu yang di bayarkan oleh pemerintah pusat (KIS PBI APBN) dan yang di bayarkan oleh pemerintah daerah ( KIS PBI APBD).

Berdasarkan peraturan baru pada akhir 2019 lalu yaitu Perpres No 75 /2019 pemerintah membayar iuran untuk KIS sebesar 42 ribu rupiah perorang perbulannya.

Kenapa kita harus mengecek Keaktifan KIS PBI?

Pentingnya mengecek Keaktifan Kartu KIS dari pemerintah (KIS PBI), jangan sampai seperti teman saya, ketika sakit dalam kondisi darurat dan di bawa ke Rumah sakit, ternyata kartunya tidak aktif jadi malah repot kan. Nah.. kalian sebagai pengguna KIS PBI jangan sampai kejadian tersebut terjadi kepada kalian.

Mengingat pentingnya mengetahui keaktifan KIS PBI berikut ini 5 Cara Cek Kartu Kis dari pemerintah (KIS PBI) baik secara online maupun offline agar mengetahui aktif atau tidaknya.

1. Datang Ke kantor Bpjs kesehatan

Saya sih tidak merekomendasikan cara ini, karena cara ini terbilang merepotkan dan membutuhkan waktu, yah tau sendiri kan proses birokrasi di negeri ini. He.. he.. oke langsung saja ke cara ke dua.

2. Call center Bpjs Kesehatan

Cara yang ke dua dengan menghubungi call center Bpjs Kesehatan di 1500400, cara ini cukup mudah anda hanya menanyakan keaktifan KIS PBI ke customer servis Bpjs Kesehatan.

Untuk menghubungi call center Bpjs Kesehatan lakukan di hari kerja dan jam kerja siapkan semua dokumennya seperti Kartu keluarga, KTP dan tentunya KIS PBI nya, karena pasti nanti di tanyakan oleh customer servisnya.

3. Aplikasi Mobile jkn

Cara cek Kartu KIS dari Pemerintah atau KIS PBI selanjutnya ialah dengan cara online menggunakan aplikasi yang bernama Mobile JKN.

Terkadang menghubungi call center bpjs Kesehatan terkendala karena susah masuknya, tapi masih ada alternatif lain, ialah dengan menggunakan aplikasi Mobile Jkn yang bisa kalian install di smartphone kalian.

Pada aplikasi ini kalian hanya perlu mendaftar pada menu "Daftar" kemudian ke "Aktivasi Akun" lanjut isi data diri kalian dengan benar sesuai data KIS PBI dan data kependudukan kalian, jangan lupa masukan email dan no Handphone yang valid.

Setelah berhasil mendaftarkan akun kalian, langsung saja login, setelah berhasil login masuk ke menu peserta, nah di menu tersebut kalian bisa lihat aktif atau tidak kartu KIS PBI kalian.

Sebagai catatan Aplikasi mobile jkn banyak membantu kita sebagai peserta bpjs kesehatan dengan aplikasi ini kita bisa melakukan perubahan faskes tk 1, naik turun kelas untuk bpjs mandiri, review fasilitas kesehatan, scrining riwayat, dan lain sebagainya.

4. SMS GATEWAY 

Cara selanjutnya ialah dengan mengirim sms ke nomer 087775500400 dengan format sebagai berikut:
NOKA(spasi)No kartu Bpjs Kesehatan (KIS)
Contoh: NOKA 0001226677887
NIK(spasi)NIK KTP
Contoh: NIK 3216012058900005
Kirim ke nomor 087775500400

5. Datangi Puskesmas di Daerah Kalian

Cara terakhir ialah dengan mendatangi Puskesmas di daerah kalian masing masing, mungkin cara ini lebih mudah dari cara pertama, cukup bawa kartu KIS PBI kalian dan tanyakan saja ke aktifannya kepada petugas pendaftaran di puskesmas.

Kenapa harus ke puskesmas? Karena puskesmas merupakan faskes tk 1 dari KIS PBI, KIS PBI tidak bisa memilih faskes selain puskesmas.

Langkah Selanjutnya Jika Ternyata KIS PBI nya tidak aktif

Setelah melakukan pengecekan KIS dari Pemerintah (KIS PBI) dan ternyata tidak aktif ada dua pilihan buat kalian, pertama dengan mengajukan kembali KIS PBI kalian, bisa dengan mendatangi dinas sosial di daerah kalian masing masing (sebagian daerah ada yang ke dinas kesehatan).

Ingat.. ini adalah proses pengajuan, masalah bisa atau tidaknya itu tergantung dinas terkait, karena dinas terkait lah yang menilai apakah anda berhak mendapatkan KIS PBI atau tidak, karena KIS PBI hanya di peruntukan warga tidak mampu.

Pilihan yang kedua ialah dengan mengalihkan ke Bpjs mandiri (PBPU) dengan membayar iuran perbulannya, cara nya dengan mendatangi kantor Bpjs kesehatan dengan membawa dokumen sebagai berikut:
  1. KTP (Asli dan foto copy)
  2. Kartu keluarga
  3. Kartu KIS PBI
  4. Rek tabungan (Mandiri /BNI/BTN)
Jika anda memilih cara ini, berarti anda harus membayar iuran Bpjs Kesehatan perbulannya dari semua keluarga berdasarkan Kartu Keluarga.

Demikian Artikel Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah (KIS PBI) Secara Online Maupun Offline, Aktif atau Tidak semoga dapat memberikan manfaat, dan semoga kita selalu di berikan Kesehatan oleh ALLAH SWT.
Sekian dan terima kasih.

3 komentar untuk "5 Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah (KIS PBI) Secara Online dan Offline, Pastikan Kartumu Aktif"

  1. No nik KTP aku masuk program kis..sedang nama milik orang lain
    No nik:3507181708750012.gimana solusinya...?

    BalasHapus
  2. Saya ingin cek kartu BPJS PBI saya masih aktif atau tidak ya ini nomor BPJS nya buk 0001488919498

    BalasHapus
  3. Bgmn cara cek kis secara online

    BalasHapus