Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silahkan di Coba! Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur dan Rewel

Silahkan di Coba! Cara Mengatasi Anak Susah Tidur dan Rewel
Silahkan di Coba! Cara Mengatasi Anak Susah Tidur dan Rewel
Silahkan di Coba! Cara Mengatasi Anak Susah Tidur dan Rewel - Overtired adalah istilah yang dikenal untuk menyebut bayi yang rewel dan susah tidur  karena kelelahan.

Jadi orang tua khusunya ibu memang kadang membuat terkuras nya tenaga, fisik maupun mental, apalagi sering menghadapi bayi yang rewel dan susah tidur.

Sebagai ibu kita harus jeli mengetahui apa penyebabnya bayi yang rewel dan susah tidur, agar kita dapat cepat mengatasinya, banyak hal yang membuat bayi rewel dan susah tidur salah satunya adalah faktor kelelahan nya bayi.

Awalnya ketika bayi kelelahan ia akan cepat tidur, tetapi ia juga akan cepat bangun, hal ini yang membuat ibu terkadang Stres karena sebelum ibu cukup tidur, bayi sudah bangun dan menangis lagi.

Ketika bayi kelelahan, secara fisik akan membuat aktifnya sistem respon stres pada tubuh bayi, karena tubuhnya sedang tidak siap tidur, bayi pun akan sulit rileks dan tenang, hal tersebut  kemungkinan akibat hormon stres pada bayi seperti kortisol dan juga adrenalin membanjiri aliran darah nya.

Selain kelelahan banyak paktor yang menyebabkan bayi yang susah tidur, berikut beberapa cara mengatasi bayi yang susah tidur:

  • Gendong bayi sampai bayi tenang
  • Ayun ayun kan bayi 
  • Mainkan lagu atau melodi yang dapat membuatnya tenang
  • Beri bayi makan sampai tenang dan bahkan mengantuk
  • Belai atau mengelus elus punggung atau bagian kepalanya 
  • Redupkan lampu
Selain cara cara di atas masih ada cara lain untuk mengatasi bayi yang susah tidur dan rewel seperti di kutip dari idntimes.com (02/04/2020), berikut caranya :

1.Jauhkan bayi dari alat yang memncarkan sinar biru
Tentunya banyak benda benda yang memanacarkan sinar sinar biru yang ibu simpan di dalam kamar, seperti handphone, televisi, laptop, dan lampu led yang berwana biru, jika ada di dalam kamar sebaiknya di singkirkan.

Sinar biru (blue light) tergolong sebagai HEV Light, sumber utama sinar biru ialah matahari, sehingga tubuh menganggap sinar ini identik pada siang hari.

Sebaiknya Ibu jika ingin menidurkan anak tidak sembari menonton tv atau memanikan hp, karena jika bayi terlalu banyak terpapar sinar biru, maka tubuhnya akan menganggap siang hari.

2. Menurunkan suhu pada ruangan tempat tidur bayi
Perlu di ketahui pada suhu udara yang sejuk atau dingin tubuh akan mengeluarkan hormon melatonin yang akan membuatnya mengantuk, jadi dengan cara menurunkan suhu ruangan dapat menstimulasi bayi untuk cepat tidur.

3.Lakukan ritual penanda waktu tidur
Dengan melakukan ritual penanda waktu tidur dapat membantu bayi cepat tidur, contohnya bisa dengan menyanyikan lagu pada bayi, atau membuat aroma aroma terapi, atau dengan hal hal lain yang dapat di kenali bayi sebagai penanda waktu tidur.

Jika sudah terbiasa seperti itu, tubuh bayi pun akan merespon jika ibu melakukan ritual penanda tadi.

4. Berikan Bayi pijatan di titik titik tertentu
Pengobatan yang berasal dari tiongkok yang di percaya bisa membantu mengurangi stres dan mengeluarkan racun pada tubuh ialah dengan menekan beberapa titik pada tubuh yang bernama Akupresur.

Sebelum mencoba Akupresur pada bayi, sebaiknya ibu belajar cara melakukannya dengan cara menonton video, atau mengikuti beberapa kelas yang mengajarkan nya.


Sebagai seorang ibu, kita harus menjaga kondisi fisik badan kita, supaya siap menjaga bayi yang rewel dan susah tidur sepanjang malam.

Suami dan Istri harus bekerja sama untuk menjaga dan merawat bayinya, apalagi dalam kondisi yang rewel dan susah tidur.

1 komentar untuk "Silahkan di Coba! Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur dan Rewel"