Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Daftar Bpjs Kesehatan Tapi NIK Tidak Ditemukan di Data Dukcapil (Belum Online), Pengalaman

Solusi Daftar Bpjs Kesehatan Tapi NIK Tidak Ditemukan di Data Dukcapil (Belum Online), Pengalaman
Solusi Daftar Bpjs Kesehatan Tapi NIK Tidak Ditemukan di Data Dukcapil (Belum Online), Pengalaman
Apakah anda pernah mau daftar Bpjs kesehatan tapi terkendala NIK di kartu keluarga tidak temukan di Dukcapil alias belum online?, Kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan solusi bagaimana caranya agar NIK yang Online di Kartu Keluarga tanpa perlu datang di kantor Disdukcapil.

Apabila ingin mendaftar bpjs kesehatan tidak hanya cukup jika nama sudah masuk Kartu Keluarga secara fisik saja, alkan tetapi nama tersebut harus terdaftar di data base Kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil), jika sudah tertulis di kartu keluarga saja, tetapi belum online maka tidak bisa di daftarkan di Bpjs Kesehatan.

Saya pernah punya pengalaman ketika ingin mengantar teman saya mendaftar Bpjs kesehatan tetapi NIK nya tidak di temukan alias belum online, ketika itu teman saya disarankan untuk mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di daerahnya, sehubungan tidak ada waktu karena  terkendala jarak yang jauh akhirnya teman saya mengurungkan niatnya untuk mendaftarkan diri menjadi peserta Bpjs Kesehatan.

Setelah mencari cari informasi dari berbagai sumber, ada solusi untuk menyelesaikan permasalahan teman saya, tanpa perlu repot repot mendatangi kantor Disdukcapil.

3 Solusi Jika ingin Daftar Bpjs Kesehatan Tapi NIK Tidak Ditemukan di Data Dukcapil (Belum Online)

1. Menelpon Call Center di Nomor 1500537

Cara yang pertama menghungi call center di nomor 1500537, layanan ini mulai dari jam 06.00 s/d 22.00, sebelum menelpon siapkan terlebih dahulu data-datanya, seperti kartu keluarga dan KTP.

Akan tetapi saya tidak merekomendasikan cara ini, karena untuk bisa berbicara dengan Costumer service nya sangat susah sekali.

2. Via WhatsApp di nomor 08118005373

Cara yang kedua ini sangat saya rekomendasikannya, selain lebih mudah juga cepat mendapat jawabannya, untuk permasalahan teman saya di atas, saya menggunakan cara ini.

Kirim permasalah anda Via WhatsApp dan Lampirkan data pendukungnya seperti Kartu keluarga atau KTP dengan format sebagai berikut:

#NIK

#Nama_Lengkap

#Nomor_Kartu_Keluarga

#Nomor_Telp

#Permasalahan
Contoh Via WhatsApp
3. Melalui Email ke Alamat callcenter.dukcapil@gmail.com 

Terakhir dengan mengirim email ke alamat callcenter.dukcapil@gmail.com, cara nya pun sama seperti mengirim Via whatsApp, dengan nmelampirkan data pendukung dan format seperti via WhatsApp.

Menurut informasi yang saya terima cara tersebut juga bisa memperbaiki nik kependudukan yang salah, atau data ganda.

Setelah NIK sudah bisa ditemukan kemudian barulah bisa mendaftar di Bpjs kesehatan, tentunya cara cara tersebut sangat bermanfaat bagi anda yang mengalami hal tersebut, karena kita tidak perlu repot repot antri di kantor Disdukcapil lagi.

Baca Juga : 3 Cara Daftar Bpjs Kesehatan Online, Tidak Perlu Repot Repot Antri Lagi.

Demikianlah Solusi Daftar Bpjs Kesehatan Tapi NIK Tidak Ditemukan di Data Dukcapil (Belum Online), semoga dapat memberikan manfaat.

7 komentar untuk "Solusi Daftar Bpjs Kesehatan Tapi NIK Tidak Ditemukan di Data Dukcapil (Belum Online), Pengalaman"

  1. Mikum maaf ngangu saya mau tanya kis tgl lahir saya tidak sesusi ktp gimana cara ny dan sulusi ny terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di ubah ke kantor bpjs kesehatan, atau hub call center Bpjs kesehatan di 1500400

      Hapus
  2. Ini no BPJS SY NANDA SYAHPUTRA. 0001239731133.SY MHN TLG SI BANTU SY INI ORANG MISKIN

    BalasHapus
  3. tolong bantu min untuk NIK 2103066608980001 tidak bisa daftar BPJS kesehatan dengan alasan nik belum aktif sedangkan saya cek di barcode KK sudah aktif.

    BalasHapus
  4. Sama ni kasus nya seperti saya ka, gimana solusi nya ?

    BalasHapus