Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaya Hidup Sehat Adalah Pilihan Yang Mempengaruhi Masa Depan

Gaya Hidup Sehat Adalah Pilihan Yang Mempengaruhi Masa Depan
Gaya Hidup Sehat Adalah Pilihan Yang Mempengaruhi Masa Depan

Gaya Hidup Sehat Adalah Pilihan
Gaya hidup sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun tidak mudah mengatur diri sendiri untuk konsisten terhadap gaya hidup sehat. Mengatur makanan, pikiran dan olahraga.

Seiring perkembangan jaman semakin modern. Teknologipun semakin maju. Ini membuat masyarakat semakin tergiring oleh kenyamanan terhadap segala sesuatu yang instan. Misalnya menyukai makanan instan, kesehatan yang instan, kecantikan yang instan. 

Segala sesuatu yang instan memang sangat mudah dan cepat untuk didapat. Akan tetapi, sesuatu yang instan justru membahayakan. Itulah kenapa gaya hidup sehat seharusnya dijadikan sebagai kebiasaan yang diperjuangkan.

Alasan Memilih Gaya Hidup Sehat

Seseorang memilih gaya hidup sehat tentu memiik alasan, pendorong dan motivasi di dalamnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Berawal Dari Diri Sendiri
Salah satu pemicu seseorang ingin menjalani gaya hidup sehat adalah karena diri sendiri mengalami sakit atau orang yang di dekatnya mengalami sakit. Sehingga diri sendiri tergerak untuk melakukan gaya hidup sehat. Tentu, ingin menjadikan taraf hidup yang lebih baik dari yang sebelumnya.

2. Pemikiran Bahwa Kesehatan Itu Butuh Perjuangan
Seseorang yang mengalami sakit butuh perjuangan untuk menjadi sembuh atau sehat kembali. Begitu juga dengan orang yang sehat agar tetap sehat. Butuh perjuangan untuk dapat terus sehat dan terhindar dari penyakit.

3. Makanan Di Sekitar Yang Justru Akan Merusak Kesehatan
Saat ini makanan instan justru semakin banyak. Namun makanan itu mengandung pengawet, pewarna maupun zat berbahaya lain. Hal ini menjadikan kekhawatiran akan apa yang terjadi di masa depan jika terus-terusan masuk ke dalam badan.

4. Menghilangkan Kebiasaan Buruk
Ketika seseorang mulai menyadari bahwa apa yang menjadi kebiasaannya selama ini adalah hal yang buruk, tentu saja akan tergugah untuk mengubah hal tersebut. Misalnya melakukan/mengkonsumsi sesuatu yang tidak baik untuk kesehatan.

5. Cita-Cita Masa Tua Yang Lebih Sehat
Hal tersebut adalah impian semua orang. Masa tua sehat. Tidak menyusahkan anak. Masa tua yang tetap produktif dan aktif. Namun untuk mencapai hal itu tentu membutuhkan perjuangan.

Pengaruh Positif Gaya Hidup Sehat

Pengaruh yang terjadi memang tidak saat itu juga, namun akan dirasakan di kemudian hari. Diantara dampak positif membiasakan hidup sehat antara lain:

1. Pikiran Menjadi Lebih Bahagia
Tidak dapat dipungkiri bahwa sakit juga tidak lepas dari keadaan pikiran. Begitu pula dengan kesehatan, dapat terjadi karena pikiran yang sehat. 

2. Badan Menjadi Lebih Sehat
Tentu saja dengan asupan gizi makanan yang sehat dan baik serta olahraga teratur, menjadikan badan lebih sehat. Lebih berenergi daripada seseorang yang makanannya tidak bergizi dan tidak suka olahraga. Karena badan membutuhkan asupan cukup untuk meregenerasi sel tubuh maupun menjadikan energi untuk bergerak.

3. Lebih Produktif
Degan makanan yang sehat dan gaya hidup yang sehat, menjadikan seseorang ingin selalu produktif. Di dalam pemikiran sudah tertanam bahwa malas bergerak justru akan menjadikan badan tidak sehat. Namun tubuh juga harus beristirahat yang cukup agar badan tetap terjaga kebugarannnya.

4. Mensyukuri Kesehatan
Kesehatan adalah anugerah. Berkaca bahwa di luar sana banyak orang yang sakit. Tentu saja menjadikan kita yang sehat tidak ingin sakit. Itulah alasan bahwa kesehatan adalah anugerah. Anugerah yang harus dijaga sebagai rasa syukur atas anugerah yang telah diberikan oleh Tuhan. 

5. Lebih Hemat
Dengan gaya hidup sehat, kita tidak akan lagi tergiur oleh godaan makanan junk food. Meskipun tidak semua makanan junk food tidak menyehatkan, misalnya buah sayur salad. Namun dengan gaya hidup sehat, kita akan mencari makanan yang lebih sehat misalnya buah dan sayur yang kita masak sendiri. Tentu itu lebih murah.

Gaya hidup yang sehat adalah pilihan, dan pilihan ini akan berpengaruh terhadap masa depan. Gaya hidup sehat menjadikan masa depan yang lebih baik. Karena sakit adalah bertahap datangnya oleh karena gaya hidup yang tidak sehat. Kesehatan juga bertahap sehingga patut untuk diperjuangankan.

1 komentar untuk "Gaya Hidup Sehat Adalah Pilihan Yang Mempengaruhi Masa Depan"