Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Sederhana Untuk Menerapkan Gaya Hidup Sehat/Pola hidup Sehat


12 Cara Sederhana Untuk Menerapkan Gaya Hidup Sehat Yang Perlu di Coba
12 Cara Sederhana Untuk Menerapkan Gaya Hidup Sehat Yang Perlu di Coba
Gaya Hidup Sehat Dengan Cara Yang Sederhana - Di era modern ini, seiring dengan majunya teknologi. Semua orang semakin dimudahkan dalam segala hal. Namun itu berdampak terhadap kesehatan. Sebagian menjadi malas bergerak, karena semuanya mudah didapatkan melalui smartphone. 

Makanan akan datang sendiri ke rumah. Untuk mendapatkan uang dapat dilakukan hanya di rumah saja. Bersosialisasi dapat dilakukan hanya dengan ketikan jari dan tatapan layar. Hal ini membuat sebagian merasa malas untuk bergerak dan hanya menatap layar hape di smartphone. Tentu saja hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kesehatan.

12 Cara Sederhana Gaya Hidup Sehat
Gaya hidup sehat bukan didapatkan melalui cara instan. Hal itu didapatkan melalui tahap dan perjuangan.

1. Istirahat Dengan Cukup
Pekerjaan yang menuntut fisik banyak, menjadikan rasa lelah. Termasuk juga pekerjaan pikiran, menjadikan lelah pikiran. Kedua kegiatan itu sama-sama membutuhkan istirahat. Agar esoknya dapat beraktifitas bugar kembali. Kembali produktif dan kembali berkegiatan aktif. 

2.  Melakukan Olahraga Dan Kegiatan Fisik
Olahraga menjadikan badan bergerak dan mengeluarkan keringat. Hal ini berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, menjaga suhu tubuh, membakar kalori, melancarkan sirkulasi darah, dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

3. Makan Makanan Yang Alami
Gaya hidup sehat dapat dicapai dengan memilih makanan yang sehat yaitu makanan alami. Terlebih jika diolah sendiri, dengan sayur dan buah yang masih segar. Cara memasak yang benar, tanpa tambahan kimia apapun.

4. Menghindari Makanan Yang Mengandung Zat Berbahaya
Tidak mengandung bahan kimia buatan seperti pewarna, pengawet, penyedap, pengembang. Dengan memilih makanan alami meminimalisir bahan kimia dalam tubuh. Apalagi di era modern ini yang sayuran dan buah disemprot dengan pembasmi hama dan pupuk buatan. Memilih makanan organik adalah pilihan paling tepat untuk memilih sayur dan buah yang paling sehat.

5.  Check Kesehatan
Melakukan check kesehatan dengan sering. Kita dapat mengunjungi laboratorium kesehatan terdekat, untuk mengetahui tekanan darah, kalori dalam tubuh, detak jantung, dsb.

6. Bertemu Banyak Orang
Tidak dapat dipungkiri. Dengan bertemu banyak orang setiap hari, dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan. Bertemu, mengobrol dan tertawa bersama dengan orang lain tentu saja menjadikan pikiran lebih segar.

7. Refreshing Pikiran
Berhari-hari berkutat dengan pekerjaan yang menguras fisik dan pemikiran, tentu diri sendiri membutuhkan hiburan. Tidak perlu berlibur jauh, cukup merefreshing pikiran dengan berkunjung di tempat-tempat yang diinginkan, misalnya tempat saudara. Bisa juga tempat yang indah dan menyejukkan misalnya taman atau pegunungan. Tempat yang meregangkan fisik misalnya tempat outbond juga dapat menjadi pilihan.

8.  Menghargai Diri Sendiri
Dengan menghargai diri sendiri, tentu kita akan berupaya menjaga diri sendiri. Mencintai diri sendiri dengan membahagiakan diri sendiri. Melakukan hal-hal yang disukai, menjaga kesehatan diri, dan lebih mengenali diri sendiri serta potensi yang ada di dalamnya. Hal itu dapat meningkatkan kebahagiaan diri.

9.  Menuliskan Kebahagiaan
Dengan menuliskan kebahagian misalnya semacam buku diary tentang kebahagian yang telah dilakukan dan akan dilakukan. Sehingga kita akan menikmati setiap harinya dengan penuh perencanaan. Itu adalah salah satu cara menikmati dan menghayati kehidupan. Optimis terhadap kehidupan dan tidak pernah berputus asa terhadap kehidupan.

10. Hindari Sikap Dan Pikiran Negatif
Menghindari sikap yang negatif, misalnya suka marah-marah, suka membicarakan kejelekan orang lain, suka berpikiran negatif pada orang lain, iri dengki terhadap kehidupan orang lain. Hal itu bisa memicu pikiran negatif. Sebisa mungkin dihindari karena datagnya sakit juga bisa berasal dari pikiran negatif.

11. Hindari Gaya Hidup Yang Buruk 
Soda, kafein, atau semacamnya dapat membahayakan kesehatan. Sebisa mungkin untuk menghindari hal tersebut. Sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap kesehatan. Sebagai rasa cinta kita terhadap diri sendiri.

12. Banyak Minum Air Putih
Air putih berguna untuk menghilangkan dehidrasi, menurunkan kalori, menjaga fungsi ginjal, mengoptimalkan kerja otak, melancarkan peredaran darah, dsb. Jadi minum air putih sangat berguna bagi kesehatan.

Itulah beberapa cara untuk menerapkan hidup sehat, dan tentu saja menerapkannya adalah pilihan bagi kita yang ingin hidup sehat. Silahkan terapkan dalam hidup Anda. Dan rasakan perbedaan hidup yang lebih baik.

2 komentar untuk "12 Cara Sederhana Untuk Menerapkan Gaya Hidup Sehat/Pola hidup Sehat"

  1. Benar gan, hidup sehat tidak bisa di lakukan secara instan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia ka kita sama sama jaga kesehatan diri kita dan keluarga ya

      Hapus