Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nunggak Iuran Bpjs Kesehatan, Sekarang Bisa Dicicil

Bingung punya tunggakan Bpjs Kesehatan ? mau bayar tidak punya uang karena tunggakan iurannya besar , jika jumlah keluarga kita banyak tentu saja iurannya pun besar apalagi kelas rawat yang kita pilih kelas 1 dengan jumlah iuran Rp 80.000. Berdasarkan peraturan presiden No 82 tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan jumlah iuran tertunggak maksimal 24 bulan, misal peserta Bpjs Kesehatan menunggak iuran selama 3 tahun, jumlah tunggakan yang harus di bayarkan iuran dikali 24 bulan.

Tapi, jangan khawatir sekarang Bpjs Kesehatan memberikan solusi untuk melunasi tunggakan iuran Bpjs kesehatan jika kalian tidak sanggup membayar tunggakan dengan sekaligus , di lansir dari tribunnews.com ( 25/04) Bpjs Kesehatan memberikan 3 solusi untuk membayar tunggakan iuran Bpjs kesehata, sebagai berikut :
  1. Menabung Sehat ( Mandiri/BNI/BRI )
  2. Program “Cicil Tunggakan Sesuai Kemampuan dan Kapan Saja” ( BNI )
  3. Progam “Bayar Lunas Langsung Aktif” lewat Koperasi Nusantara
Jadi bagi kalian yang memiliki tunggakan iuran bpjs kesehatan segera manfaatkan program dari Bpjs kesehatan ini, ( info lebih lengkap hubungi call center Bpjs kesehatan 1500400 )

Bagaimana Caranya Menyicil Tunggakan Bpjs Kesehatan

Jika kalian ingin menyicil tunggakan iuran Bpjs kesehatan, kalian harus membuka Tabungan Sehat di Bank yang bekerja sama dengan Bpjs Kesehatan yaitu MANDIRI , BNI , dan BRI , untuk nyicil tunggakan Bpjs Kesehatan melalui Tabungan Sehat setoran awal Rp 100.000,- dan pembayaran cicilan melaui Autodebet.

Menujulah ke Custumer service di salah satu Bank tersebut, beri tau maksud kalian untuk membuka tabungan sehat guna membayar cicilan iuran Bpjs Kesehatan dan jangan lupa bawa persyaratan sebagai berikut :
  • Foto Copy KTP ( asli juga bawa )
  • Foto Copy Kartu Keluarga 
  • Foto Copy Kartu Bpjs Kesehatan / KIS  ( asli juga bawa )
  • Uang sebesar Rp 100.000,- untuk setoran awal buka tabungan sehat
Kalian bisa mencicil tunggakan iuran Bpjs Kesehatan dengan cara tersebut , dan jika tunggakan kalian sudah lunas nantinya jangan sampai nunggak iuran lagi, jika kalian merasa berat dengan iuran Bpjs Kesehatan karena kelas rawat yang kalian pilih adalah kelas 1 atau kelas 2 , sebaiknya turun kelas rawat ke kelas 3 , dari pada menunggak iuran Bpjs kesehatan, yang akan mengakibatkan Bpjs kesehatan kalian di hentikan layanan kesehatannya dan akan mendapat denda rawat inap, jika kalian mendapat rawat inap.

Sekian artikel Cara Menyicil Iuran Bpjs Kesehatan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua, ayo daftarkan diri anda menjadi peserta Bpjs Kesehatan.

7 komentar untuk "Nunggak Iuran Bpjs Kesehatan, Sekarang Bisa Dicicil "

  1. Selamat pagi! Mohon maaf sebelumnya saya punya tunggakan BPJS dengan nomor KK 8101022011100003 atas nama kepala keluarga Andreas Ruland Rumtotmey yg sudah Tunggak 2tnn lebih, kami memilih kelas 1, Kami mau melakukan pembayaran dengan cara cicil, tetapi apakah bisa membantu kami untuk turun kelas 3, supaya kami jngan merasa berat dalam melakukan pembayaran secara cicil, mohon berikan kami petunjuk dan solusi.
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Selamat pagi! Mohon maaf sebelumnya saya punya tunggakan BPJS dengan nomor KK 8101022011100003 atas nama kepala keluarga Andreas Ruland Rumtotmey yg sudah Tunggak 2tnn lebih, kami memilih kelas 1, Kami mau melakukan pembayaran dengan cara cicil, tetapi apakah bisa membantu kami untuk turun kelas 3, supaya kami jngan merasa berat dalam melakukan pembayaran secara cicil, mohon berikan kami petunjuk dan solusi.
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Selamat malam...mohon informasinya, dulunya sy bpjs mandiri, sekarang beralih ke pbjs pekerja. Wktu msh mandiri msh ada tunggakanku blm ku bayar. Apakah tunggakannya bisa dicicil ? Dan kalau blm di bayar apakah bisa sy pergunakan bpjs ketenaga kerjaanku. Dan kalau bisa dicicil, jangka wkt nya brp lama ? Mohon informasinya, terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik cek status Bpjs kesehatan perusahaannya (Bpjs ppu) dahulu ka, kalau aktif bisa di gunakan
      Cara ceknya bisa menghubungi call center Bpjs kesehatan di 1500400 atau dengan aplikasi Mobile jkn

      Apabila nanti sudah tidak bekerja atau resign dr tempat kerjanya dan ingin merubah status Bpjs kesehatan perusahaan nya ke Bpjs mandiri maka tunggakan harus di bayar bisa dicicil dengan tabungan sehat

      Hapus
  4. Sekitar 2 tahun yang lalu,mertua saya pernah daftar/buat bpjs kesehatan mandiri untuk istri saya,dan menunggak selama awal pendaftaran bpjs, kira2 selama 2tahun saat ini. Dan saya ingin melunasi tunggakan nya, agar kartu bpjs kesehatanya bisa di gunakan,lalu akan saya turun kelas, dari kelas 1, turun ke kelas 2,dan akan saya pindahkan kan ketempat kerja saya. Bagai manakaH cara melunasinya, apakah langsung ke kantor cabang bpjs. ?? Atau bagaimana?? Karna saya tidak tau nomor kartu bpjs nya,

    BalasHapus
  5. Bisa hubungi call center Bpjs kesehatan ka di Nomor 1500400, tanyakan Nomor Kartu Bpjs Kesehatan nya, jika sudah tau nomor nya bisa langsung di bayarkan, via bank, atm, kantor pos, Alfamart, Indomaret dan tempat tempat lain yang bisa melakukan pembayaran Bpjs Kesehatan

    BalasHapus