Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kartu KIS Berbeda Dengan KTP, Begini Prosedur Memperbaikinya

Prosedur memperbaiki data KIS yang Berbeda dengan KTP-Banyak pertanyaan mengenai data kepesertaan KIS tidak sesuai dengan KTP,  Parahnya jika sudah masuk rumah sakit, baru sibuk untuk memperbaiki data KIS yang berada dengan KTP, ya tentu saja hal itu cukup merepotkan.

Permasalahan yang sering di alami pada peserta BPJS Kesehatan ( KIS ) adalah ketika data di kartu KIS berbeda dengan data di ktp, anda sebagai peserta jkn-kis mungkin agak kebingungan kemana harus memperbaiki kartu KIS yang berbeda dengan KTP , KIS yang saya maksud disini adalah BPJS Kesehatan dengan kepesertaan PBI atau KIS yang iurannya di bayar kan oleh pemerintah, atau yang biasa di sebut di masyarakat kita adalah kartu KIS gratis.

Bagi anda yang mengalami hal ini , yang data di Kartu KIS berbeda dengan KTP sebaiknya anda segera cepat-cepat mengurusnya, karena jika terus dibiarkan dapat menyulitkan ketika anda sedang berobat dengan menggunakan KIS. 

cara memperbaiki kartu kis yang berbeda dengan ktp, serta dokumen-dokumen yang perlu disiapkan
www.jaminansehat.com- Cara Memperbaiki data KIS beda dengan KTP
Prosedur Yang di Lakukan dan Dokumen Yang Perlu di Bawa
Sebelum kita membahas prosedur yang harus di lakukan untuk mengurus Kartu KIS yang berbeda datanya dengan KTP, sebaiknya kita siapkan dokumen dokumennya sebagai berikut:
  1. Kartu KIS ( Bpjs Kesehatan ) yang berbeda datanya dengan KTP
  2. Kartu Keluarga (kk) 
  3. KTP 
Setelah dokumen sudah disiapkan, untuk mengurus kartu KIS yang berbeda dengan KTP caranya anda tinggal mendatangi Kantor cabang BPJS Kesehatan di kota tempat anda tinggal, karena untuk memperbaiki kartu KIS tidak bisa dilakukan dengan cara online, disana anda akan mengisi form yang akan diberikan oleh petugas BPJS Kesehatan, isilah sesuai data diri anda dan keluarga anda (Jika data keluarga anda juga berbeda) , lama proses perbaikan data kartu KIS anda tergantung antrean di Kantor Cabang Bpjs Kesehatan.

Untuk peserta Bpjs Kesehatan  mandiri cara nya sama seperti cara di atas dan dokumen yang perlu disiapkan juga sama, dan juga sebaiknya anda tidak memiliki tunggakan.

Untuk peserta Bpjs Kesehatan PPU, perubahan data peserta tidak perlu repot-repot kekantor cabang bpjs kesehatan, data kepesertaan yang salah bisa di perbaiki di HRD (atau bagian yang mengurusi masalah Bpjs kesehatan), anda tinggal menghubungi HRD tempat anda bekerja.

Perlunya kesesuain data KIS bukan hanya pada KTP saja, kartu keluarga (KK) pun perlu di perhatikan, semua data KIS harus sesuai dengan KTP dan KK, hal tersebut untuk mempermudah jika suatu saat kartu KIS di pergunakan untuk berobat. 

Tentunya akan sangat merepotkan anda sebagai peserta Bpjs Kesehatan (JKN KIS), jika sudah berobat ternyata data KIS anda Berbeda dengan KTP dan KK, sebaiknya jangan menunggu sampai anda jatuh sakit. 

Demikianlah artikel prosedur cara merubah kartu KIS yang berbeda dengan KTP, semoga dapat membantu dan menjadi solusi bagi peserta Bpjs Kesehatan (KIS) yang mengalami hal ini.

11 komentar untuk "Kartu KIS Berbeda Dengan KTP, Begini Prosedur Memperbaikinya"

  1. Saya pernah memperbaiki data kis yg salah dri pemerintah. Tapi ko d persulit d tempat cabang BPJS kata nya harus k dinas pendudukan ko bisa gtu gmna yaa caranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang seperti ka, mungkin data kependudukan nya yg salah
      Jadi perbaikannya harus ke dinas kependudukan dahulu

      Hapus
  2. Kalo mau merubah data kis itu ada biayanya atau ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gratis ka
      Langsung z ke kantor cabang bpjs kesehatan di daerah nya masing2

      Hapus
  3. gimana caranya merubah data kis pbi ?

    BalasHapus
  4. Bisa ke kantor Bpjs kesehatan ka

    BalasHapus
  5. Gimna cra ngurus kiss dengan nmr NIK yg salah

    BalasHapus
  6. Klo ktp nya yg beda sama kis dan kk gimna..bisa di gunakan tidak kis nya

    BalasHapus