Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Ubah Faskes tk 1 Bpjs Kesehatan Online Dengan Aplikasi Mobile JKN


Cara ubah faskes tk 1 online
Panduan Ubah Faskes tk 1 Online dengan aplikasi Mobile Jkn - Klinik, Puskesmas, dan klinik dokter pribadi merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama (Faskes tk 1). 

Bpjs Kesehatan merupakan asuransi kesehatan dari pemerintah melalui Program Jaminan Kesehatan nasional yang cara penggunaannya dengan sistem berjenjang. 

Pasien atau peserta Bpjs Kesehatan jika ingin memeriksakan kondisi kesehatannya harus ke faskes tk 1 terlebih dahulu, jika atas indikasi medis memerlukan penangan lebih lanjut, maka dokter di faskes tk 1 akan merujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut atau Rumah Sakit. 

Alur rujukan berjenjang tersebut di kecualikan dalam kondisi gawat darurat, jika dalam kondisi darurat semua fasiltas kesehatan baik yang bekerja sama dengan Bpjs Kesehatan maupun yang tidak bekerja sama dengan Bpjs Kesehatan wajib menerima peserta Bpjs Kesehatan sesuai manfaat yang sama dengan Bpjs Kesehatan. 

Terkadang kita merasa tidak cocok dan ingin menggantinya dengan yang lain, nah pada artikel kali ini saya akan memberikan cara merubah Faskes 1 dengan online, jadi kita tidak perlu repot-repot lagi antri di kantor BPJS Kesehatan.

syarat melakukan perubahan Faskes tk 1 adalah masa kepesertaan kita di BPJS Kesehatan sudah melebihi 3 bulan dan hanya bisa di lakukan 3 bulan sekali, jadi jika masa kepesertaan anda belum 3 bulan atau anda pernah melakukan perubahan Faskes tk 1 sebelumnya dan belum mencapai 3 bulan itu tidak bisa melakukan perubahan faskes tk 1, maka tunggu lah setelah genap 3 bulan atau lebih.   
     
Anda harus mempunyai aplikasi Mobile, Silahkan download di Playstore setelah di download dan di instal silahkan login di aplikasi nya jika belum mempunyai akun anda harus daftarkan dulu data kepesertaan BPJS Kesehatn anda dengan mengklik "Pendaftaran Pengguna Mobile".


Isilah data-data anda dengan benar seperti No BPJS, NIK KTP, Tanggal Lahir, Nama ibu kandung, email dan no tlp yang aktif karna nantinya kode verifikasi akan di kirim ke email atau No tlp anda, setelah anda selesai melakukan verifikasi silahkan login ke aplikasi Mobile JKN dengan No BPJS dan password yang sudah anda buat tadi.
       
Setelah berhasil melakukan login , anda akan dibawa ke laman utama aplikasi Mobile JKN, langsung saja anda klik perubahan data peserta , silahkan ubah Faskes 1 anda ke Klinik atau Puskesmas yang anda tuju. pilih Provinsi kemudian kota/kabupaten lalu nama Faskes 1 nya.


kode verifikasi akan di kirim ke email anda atau no tlf anda, masukan kodenya untuk memverifikasi perubahan Faskes 1 anda, kalau berhasil maka selamat anda sudah berhasil melakukan perubahan Faskes 1, lakukan langkah yang sama tersebut kepada semua anggota keluarga anda.
Untuk kartu BPJS Kesehatan nya yang berupa E-id  nantinya akan dikirim ke email yang telah anda daftarkan di aplikasi Mobile JKN, caranya dengan mengklik tanda  "amplop dan panah" (lihat gambar dibawah ini yang di lingkari merah) . buka email anda download dan cetak sendiri kartu nya.
     

Aplikasi Mobile JKN bukan hanya bisa melakukan perubahan faskes tk 1 saja, tapi juga bisa melakukan perubahan kelas rawat untuk jenis kepesertan Pekerja Bukan Penerima Upah (biasa di sebut BPJS mandiri), daftar bpjs online, bahkan mencetak kartu bpjs yang hilang.

Demikian artikel panduan ubah faskes tk 1 online dengan aplikasi mobile jkn. 

9 komentar untuk "Panduan Ubah Faskes tk 1 Bpjs Kesehatan Online Dengan Aplikasi Mobile JKN"

  1. wah sangat bermanfaat sekali, apalagi untuk orang2 yang sakit dan tentunya perlu info seperti ini. thanks info gan

    BalasHapus
  2. Bisa langsung digunakan apa nunggu batas waktu dulu ?? setelah ganti faskes ..

    BalasHapus
  3. Keaktipan faskes nya pertanggal 1 gan, di bulan berikutnya, misalkan agan melakukan perubahan faskes dari klinik A ke klinik B, pada tgl 25 sept, maka baru bisa di gunakan di klinik B pada tgl 1 okt, selama masih blm bisa di gunkan di klinik B, masih aktif di klinik A
    Semoga membantu

    BalasHapus
  4. sangat membantu Mz

    nmbh pnglmn Saya

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat, praktis dan tidak perlu antri....

    BalasHapus
  6. sdh 1 minggu mau masuk ke mobil jkn kenapa ga bisa2? semua password benar dan email benar. fp bgt klik login balik lagilke awal balik lagi ke awala ada yg bs bantu saya ga???

    BalasHapus
  7. Maaf mau tanya, soal kartunya apakah harus ambil ke kantor BPJS atau apa kartu lama yang bisa di pakai faskes baru

    BalasHapus